Produser ‘Kemono Friends’: “Tolong jangan menonton anime bajakan!”

June 21, 2017 3:35 pm
Produser ‘Kemono Friends’: “Tolong jangan menonton anime bajakan!”

Produser dari seri hit Kemono Friends” menghimbau kepada para follower-nya di Twitter dan kepada dunia di hari Selasa. Yoshitada Fukuhara mengatakan kalau dia memaklumi bila penggemar tidak mampu untuk membeli sebuah seri. Dia hanya meminta supaya mereka tidak kemudian menonton seri bajakan atau lewat jalan ilegal lain.


“Orang-orang menonton video yang diunggah secara ilegal, lebih baik kamu berhenti karena itu melanggar hak cipta dan membiarkan para pembajak untuk meraup keuntungan lewat iklan (internet). Para kreator yang seharusnya mendapatkan uang tersebut tidak menerima bahkan 1 Yen pun. Aku tidak bilang kamu harus mengeluarkan uang untuk menjadi seorang penggemar, tapi setidaknya tolong jangan menggunakan situs streaming ilegal!”

Masalah pembajakan memang cukup sulit, karena saya juga mengerti tidak semua layanan streaming yang legal juga memiliki daftar anime yang lengkap dan mungkin penggemar ingin menonton anime yang tidak ada di dalam layanan tersebut. Penggemar sebenarnya juga bisa menunggu sampai anime tersebut rilis dalam bentuk Blu-ray dan DVD, namun tidak banyak yang mau menunggu atau takut terkena spoiler sampai DVD/BDnya rilis.

Berita-berita terkait bajakan di dunia Animanga lain dapat kamu temukan di artikel-artikel di bawah ini:

Sumber: ANN