Jepang Menawarkan Kemudahan Menjadi Warga Tetap Bagi Penggiat Dunia Anime

June 22, 2017 5:41 pm
Jepang Menawarkan Kemudahan Menjadi Warga Tetap Bagi Penggiat Dunia Anime

Sebelum ini, sudah diberitakan kalau Jepang mempermudah jalan pekerja asing untuk menjadi PR (Permanent Resident) atau warga tetap di Jepang. Mereka yang memiliki keahlian handal di bidangnya dan sudah bekerja selama 1 tahun di Jepang dapat mendapatkan status warga tetap, cukup cepat bila dibandingkan dengan aturan sebelumnya yang butuh 5 tahun untuk mereka supaya bisa jadi warga tetap.

Di tahun 2018, badan Imigrasi baru saja melebarkan dunia profesional yang boleh mendapatkan PR di Jepang, kali ini mereka menawarkan kemudahan bagi mereka yang sudah bekerja di dunia animefashion, dan sektor-sektor ekonomi lain dari dunia pop culture.

Tujuan program ini adalah untuk menyebarkan lebih banyak budaya Jepang ke komunitas internasional, dengan bantuan tangan para orang asing. Namun bukan artinya kamu bisa langsung pergi ke Jepang sekarang juga, saya juga mau.

Pertama-tama, kamu butuh kualifikasi untuk setidaknya sudah bekerja selama 1 tahun di Jepang sebelum kamu bisa mengajukan proposal untuk program ini. Artinya, kamu tetap harus bisa menembus pintu profesional di Jepang sebelum bisa mendapat keuntungan program ini.

Kedua, kamu tidak boleh lupa kalau program imigrasi ini diperuntukkan mereka yang memiliki bakat tinggi di bidangnya. Bagaimana Jepang menilai bakat tinggi ini dapat diketahui lewat paragraf di bawah, namun sudah pasti bukan kamu yang hanya ingin jalan-jalan di Jepang saja yang dapat menikmati program ini.

Badan Imigrasi melihat berbagai faktor termasuk latar belakang studi dan juga pengalaman profesional di bidangnya masing-masing. Setiap kategori akan diberikan nilai-nilai tersendiri. Mereka yang berhasil mendapat nilai 70 poin dapat mengajukan PR setelah 3 tahun. Untik bisa mendapatkan PR hanya dalam 1 tahun, kamu butuh 80 point.

Di luar itu, kamu juga harus menampilkan pendapatan per tahun supaya kamu bisa membuktikan kepada Jepang kalau kamu bisa menunjang bisnismu. Dengan pendapatan 25 juta Yen per tahun, kamu hanya akan mendapatkan 40 poin. Sepertinya gunung untuk mendapatkan status warga tetap menjadi semakin tinggi ya?

Beberapa netizen berbicara mengenai kemungkinan industri animasi Jepang butuh darah baru, dan ini adalah salah satu cara untuk menarik pegawai baru. Bisa juga Jepang ingin lebih banyak pendatang supaya angka kelahiran mereka akhirnya bisa berkembang.

Sumber: Soranews
Gambar: Gaijinpot