Teknologi dari Seri ‘Gundam’ Digunakan untuk Satelit Masuk ke Atmosfir Bumi

June 30, 2017 4:49 pm
Teknologi dari Seri ‘Gundam’ Digunakan untuk Satelit Masuk ke Atmosfir Bumi

Pernahkah kamu berpikir kalau teknologi yang digunakan dalam anime akhirnya akan diutilisasikan di dunia nyata? Secara pribadi saya masih berharap untuk bisa hidup untuk melihat Gundam menjadi nyata, namun setidaknya salah satu sistem dari seri tersebut tengah dikembangkan sebagai pelindung untuk memasuki atmosfir bumi. 

Sebuah teknologi baru yang pernah digunakan dalam seri Mobile Suit Zeta Gundam bernama ballute system tengah diujicobakan kepada sebuah satelit mikro dengan nama kode EGG yang dikirimkan dari International Space Station. Pelindung setengah lingkaran tersebut bekerja sebagai pelindung panas untuk melindungi EGG yang jatuh ke atmosfir bumi.

JOI - ballute system re-entry untuk di dunia asli (3)

JOI - ballute system re-entry untuk di dunia asli (2)

Peneliti mengumumkan keberhasilan eksperimen tersebut pada tanggal 23 Juni dan sangat menantikan masa di mana teknologi ini dapat diterapkan kepada pesawat berawak seperti Soyuz milik Rusia. Teknologi ini memberikan resiko lebih kecil kepada pesawat-pesawat berawak sehingga tidak terbakar dalam proses masuk kembali ke atmosfir bumi.

Peralatan yang digunakan dengan EGG terbuat dari material yang sama dengan baju anti api. Saat dikembangkan, EGG melambat dan mendarat di bumi kurang lebih 3 bulan setelah dia pertama kali memulai proses penurunannya. Pelindung luarnya terbakar seperti yang sudah diperkirakan 60 mil di atas samudera Pasifik.

Sumber: ANN