Studio Anime Artland Berhenti Beroperasi

July 7, 2017 4:01 pm
Studio Anime Artland Berhenti Beroperasi

Perusahaan riset pasar dan kredit Teikoku Databank telah melaporkan hari Jumat ini bahwa studio Artland telah berhenti beroperasi mulai dari 30 Juni kemarin. Artland telah menyewa pengacara untuk mengurus usaha penutupan. Dilaporkan bahwa hutang yang ditanggung Artland pada Desember 2016 telah mencapai 298 Juta Yen (35 Milyar Rupiah).

Teikoku Databank mengungkap bahwa penghasilan tahunan studio pada November 2013 adalah 260 Juta Yen, namun pada Desember 2016 penghasilan tahunan hanya 21 Juta Yen. Walaupun studio mengerjakan seri terkenal seperti Mushisi, rendahnya penhgasilan mereka diprediksi akibat 90% dari dana produksi mereka digunakan untuk outsourcing dengan studio lain.

Anime Sin Nanatsu no Taizai (yang fanservice, bukan yang fantasy shounen) masih akan terus diproduksi sampai ke episode 12, walaupun kesulitan dalam penayangannya yang sering melibatkan recap sekarang dapat lebih dimengerti melihat kondisi studionya.

Almarhum sutradara Noboru Ishiguro mendirikan Artland pada 1978. Studio ini telah memproduksi seri terkenal seperti Macross, Megazone 23, The Legend of the Galactic Heroes, dan Mushishi. Studio lalu menjadi anak perusahaan Marvelous dan dibagi menjadi perusahaan animasi dan pemegang lisensi.

Sumber: ANN