Trailer Terbaru ‘Kingdom Hearts III’ Ungkap Dunia Toy Story & Jadwal Rilis

July 17, 2017 5:07 pm
Trailer Terbaru ‘Kingdom Hearts III’ Ungkap Dunia Toy Story & Jadwal Rilis

Dalam D23 Expo 2017 yang berlangsung di Amerika, Square Enix menayangkan trailer terbaru dari “Kingdom Hearts III.” Trailer ini mengungkapkan dunia baru yaitu Toy Story dan juga jadwal rilisnya. Selain itu, berbagai detil gameplay-nya terungkap melalui wawancara berbagai media dengan Tetsuya Nomura.

Berikut adalah rangkuman wawancaranya:

Mengenai Karakter Kedua yang Bisa Dimainkan

“Sepertinya sulit untuk memperkenalkan berbagai karakter yang bisa dimainkan yang jumlahnya banyak, tetapi ada niat untuk menambahkan karakter yang bisa dimainkan. Sayangnya kami belum mengungkapkan siapa karakter, tetapi akan ada karakter lain yang bisa dimainkan.”

Party yang Lebih Besar

Kingdom Hearts III akan menghadirkan sistem party yang memungkinkan kalian membawa anggota party tambahan lebih 2 orang selain Sora. Keputusan ini diambil karena fitur Dimension Link dari Kingdom Hearts: Birth By Sleep untuk PSP dihapus.

“D-Link sebelumnya digunakan sebagai kompromi di game-game sebelumnya karena kami tidak bisa menampilkan banyak karakter di platform tersebut. Sekarang, kami bisa menampilkan banyak karakter. Hingga 5 karakter bisa bergabung, bahkan lebih, berbagai karakter bisa bergabung ke party kalian.”

Gummi Ship

“Mengenai kembalinya Gummi Ship, saya bisa mengkonfirmasikannya, tetapi bagaimana atau seperti apa kali ini, kami belum bisa mengungkapkannya. Tunggu informasi lebih lanjut.”

Nomura juga memberi sinyal ada fitur baru untuk Gummi Ship.

“Staff dari tim pengembangan sellau ingin mencoba sesuatu yang baru, jadi meski dengan mekanisme yang sudah ada sebelumnya, mereka tetap ingin membuat sesuatu yang baru atau mengubahnya. Meski itu perubahan kecil, kami mengubahnya agar sesuai dengan Kingdom Hearts III.”

Dunia Toy Story

Nomura sudah lama menginginkan Toy Story muncul di seri Kingdom Hearts sejak Kingdom Hearts II.

“Hanya dengan melihat trailer-nya, saya merasa Sora sangat cocok dengan dunianya, dan itu adalah sesuatu yang saya pribadi ingin lihat – image dari Buzz dan Woody yang berhadapan dengan Sora dalam wujud mainan. Saya terus membayangkannnya di kepala saya, dan dan kini bisa mengeksekusinya adalah hal yang membanggakan bagi saya dan saya harap fans merasakan hal yang sama dengan saya.”

Daripada cerita yang sesuai dengan filmnya, Pixar meminta permintaan khusus untuk Toy Story di Kingdom Hearts III.

“Pixar ingin kami tidak mengikuti cerita filmnya. Mereka mengatakan, ‘Tolong bikin sesuatu yang orisinal untuk Kingdom Hearts,’ jadi kami tidak mencari inspirasi dari film-filmnya. Ini adalah sesuatu yang benar-benar orisinal dan eksklusif untuk Kingdom Hearts, jadi bisa dibilang juga seperti sekuel filmnya.”

Nomura mempertimbangkan seluruh filmnya dan kemudian memutuskan untuk menaruh ceritanya dimana. “Kami menaruh cerita di Kingdom Hearts setelah Toy Story 2.” Dia menjelaskan bahwa dia bekerjasama dengan erat bersama Pixar untuk persetujuan cerita baru dari game-nya. “Ada banyak sekali babak ulasannya! Saya tidak percaya berapa banyak saya harus bolak-balik,” ujarnya sambil tertawa.

Trailer-nya memperlihatkan Sora, Donald, dan Goody yang bekerjasama dengan Woody dan Buzz untuk menjelajahi area baru bernama Galaxy Toys.

“Galaxy Toys akan menjadi stage utama yang penuh aksi,” ujar Nomura. “Karena Sora, Donald, dan Goofy adalah mainan dan sangat kecil, area yang bisa kalian jelajahi akan terasa sangat besar. Kami juga akan menghadirkan beberapa tingkat lantai dan masing-masing bagian akan memiliki suasana yang berbeda.”

Cerita di dunia Toy Story berhubungan dengan mencari Andy yang hilang, serta mencari tahu kenapa Organization XIII muncul di dunia tersebut.

“Daripada menghadirkan beberapa dunia kecil yang jumlahnya cukup banyak, kami ingin memastikan kami bisa menghadirkan pengalaman yang lebih kaya di masing-masing dunia, jadi kami bekerja keras untuk masing-masing dunia, dan sayang rasanya apabila pemain tidak menikmati dunianya dan hanya lewat saja. Karena itu, kami memastikan setiap dunia didesain agar permain bisa menghabiskan waktu dan menikmati gameplay yang disediakan.”

kingdom-hearts-iii-toy-story-3

Trailer-nya juga memperlihatkan Sora yang mengendarai mecha bernama Gigas untuk menghadapi musuh. Menurut Nomura, ini ditujukan “untuk memamerkan bahwa dengan spesifikasi dari hardware generasi kini, hal ini bisa diwujudkan. Kami berharap ada kejutan untuk setiap mekanisme baru yang hadir di Kingdom Hearts III, dan kami akan mengungkapkannya informasinya secara bertahap.”

Versi Switch

“Nintendo Switch pastinya adalah konsol yang menarik, tetapi jika kami dengan mudah mengatakan, ‘Oh iya, kami juga akan hadir di Nintendo Switch,’ saya yakin orang-orang akan membalas, ‘Tetapi bagaimana dengan PS4 dan Xbox One? Kami ingin game-nya rilis di kedua konsol tersebut lebih dulu. Jangan fokus ke platform lain.'” Jadi untuk saat ini, kami berfokus pada platform yang sudah kami umumkan yang menjadi tempat rilisnya Kingdom Hearts III. Dan setelah itu, mungkin kami bisa mulai memikirkan kesempatan lainnya.”

Kingdom Hearts Collections untuk Xbox One

“Sama seperti jawaban sebelumnya, jika kami mengumumkan proyek lainnya yang bukan Kingdom Hearts III…. orang-orang akan berkata, ‘Hey, apa yang terjadi?’ Jadi kami ingin berfokus pada platform yang sudah kami umumkan. Apakah audiens di Amerika menginginkan game-game Kingdom Hearts di platform Microsoft atau Xbox? Audiens Jepang mungkin mengatakan, ‘Kami tidak inginkan apa pun lagi untuk Xbox.'”

kingdom-hearts-iii-toy-story-1

Nomura juga memberi sedikit komentar soal pengumuman Xbox One X yang belum lama ini, “Ini membuat kalian berpikir, ‘Apakah kita ingin koleksi game-nya hadir di platform Xbox? Bukannya sudah sedikit terlambat untuk melakukannya?'”

Perubahan Keyblade

“Yang pertama dan paling penting, masing-masing keyblade memiliki wujud perubahan khusus, dan berbeda untuk setiap keyblade. Setidaknya ada 2 wujud yang bisa digunakan. Contohnya, dalam Toy Story, kalian melihat berubah menjadi palu raksasa dan bor. Contoh lainnya adalah di awal trailer kalian bisa melihat Sora menembakkan panah dan kemudian keyblade berubah menjadi bazooka, jadi ada 2 wujud. Ada juga beberapa layer untuk soal berubah: Kalian mulai pada fase pertama perubahan, dan jika berhasil melakukan kombo, maka perubahan berikutnya akan terjadi.”

kingdom-hearts-iii-toy-story-4

Nomura mengatakan tidak bisa mengungkapkan informasi mengendai bagaimana cara mengaktifkan perubahannya, “Kami masih mempertimbangkan spesifikasi akhirnya, meski begitu, masih bisa berubah, jadi mungkin saja berevolusi menjadi sesuatu yang lebih mengagumkan.”

Summon

Nomura tidak bisa memberi banyak informasi mengenai cara kerja summon, tetapi mengatakan, “Jika saya bisa memberi cuplikan, saya akan membuatnya jadi lebih indah. Tidak hanya dari segi modelling, tetapi juga bagaimana kami mengekspresikannya dengan lebih indah.”

Interactive Environment

“Ada mekanisme baru yang kami implementasikan di Kingdom Hearts III,” ujar Nomura mengenai interaksi dengan lingkungan, contohnya Sora berlari di tebing dan melompat di reruntuhan yang melayang dalam dunia Hercules. “Nama Jepangnya adalah Athletic Flow, saya belum tahu nama resmi versi Inggrisnya. Sistem ini berbasis dari Flow Motion dan pada dasarnya adalah sistem Flow Motion yang ditingkatkan dan diperkenalkan kembali sebagai mekanisme baru di Kingdom Hearts III. Kalian akan memanfaatkan lingkungan sekitar untuk meluncurkan diri kalian ke area yang tidak bisa dimasuki dengan cara biasa, atau berlari di tebing pada saat bertarung. Kalian bisa menemukannya di masing-masing dunia yang kalian jelajahi.

Waktu Pengerjaan

“Banyak orang yang mengungkapkan dan membuatnya seperti ‘Oh, Nomura mengerjakannya dengan lambat,’ dan itu menyakitkan.” Dia menjelaskan bahwa ada perubahan karena pergantian engine. “Ada keputusan untuk pindah ke engine eksternal… Unreal Engine 4. Jadi kami pindah ke engine tersebut. Sayangnya cuma ada sedikit waktu yang digunakan untuk membuat ulang dari awal, jadi waktunya sedikit mundur, tetapi ini adalah keputusan dari perusahaan, jadi tidak bisa dihindari.”

kingdom-hearts-iii-toy-story-2

“Kami ada rencana periode yang kami perlukan untuk membuat kontennya di awal proyek dan sudah cukup detil. Setelah itu, kami juga memerlukan tambahan tenaga kerja dan permohonan sudah diserahkan ke kantor pusat dan disetujui, tetapi karyawan internal jumlahnya terbatas dan ada berbagai proyek yang berbeda di perusahaan kami, jadi sayangnya rencana waktu pengerjaannya gagal. Jadi kami harus kompromi dengan waktu yang sesuai dengan perusahaan… perusahaan yang mengambil keputusan, jadi sayangnya kadang diluar kendali saya.”

“Saya ingin menekankan bahwa tidak ada masalah yang dialami tim pengerjaan. Ini hanya terjadi seperti itu, dan ada beberapa keputusan yang harus diambil oleh perusahan, dan sayangnya gagal dengan timing yang sudah kami harapkan.”

Pengumuman Dunia Sebelum Rilis

“Saya rasa kami tidak akan menyembunyikan dunia hingga game-nya rilis. Saya rasa kami akan terus memperkenalkan seiring menuju tanggal rilis. Saat ini game bisa menambahkan konten baru melalui DLC, jadi tidak perlu menyembunyikan dunia.”

DLC

“Masih belum ada yang ditentukan, dan sayangnya saya tidak bisa memberi detil, tetapi saya sudah mengatakan ke tim: Harap siap-siap untuk bisa mengakomodasi untuk sesuatu yang seperti itu. Kami tidak bisa tiba-tiba membuat sistem untuk mengakomodasi DLC. Jadi masih belum mengkonfirmasikan apa pun, tetapi agar tim pengerjaan siap, saya memberi tahu mereka untuk mempersiapkan diri.”

Pengerjaan Kingdom Hearts Pertama yang Full HD

“Saya merasa saya sudah memasukkan lebih banyak rasa fun dari apa yang saya kerjakan di game-game Kingdom Hearts sebelumnya. Kingdom Hearts III akan menjadi game full HD pertama kami di konsol generasi terkini. Hal ini berhubungan dengan bandwidth dan resource yang diperlukan untuk membuatnya dalam full HD, jadi arahan kami adalah memasukkan elemen gameplay sebanyak mungkin dalam 1 dunia, daripada memiliki berbagai dunia kecil dengan elemen yang sedikit. Kami ingin memasukkan sebanyak mungkin elemen gameplay dan fun ke dalam 1 dunia.”

Nomura menutup wawancaranya dengan, “Jika kami berhasil mencapai seluruh yang sudah kami rencanakan, saya cukup yakin orang-orang bisa menikmati dan puas dengan produk akhirnya.”

Kingdom Hearts III akan rilis pada tahun 2018 untuk PlayStation 4 dan Xbox One.

Sumber: Gematsu (1, 2, 3)