[JOI Spotlight] I Tried so Hard Edition

July 23, 2017 18:12
[JOI Spotlight] I Tried so Hard Edition

Linkin Park bisa dibilang adalah go-to band untuk berbagai AMV dan MAD pada dekade lalu, sehingga atas berbagai kontribusinya untuk komunitas ini, JOI Spolight ingin memberi penghormatan kecil atas kepergian Chester Bennington. Tentunya kami juga akan masih memberikan impresi untuk berbagai seri yang sudah tayang minggu kemarin.

Sakura Quest 16

Sakura Quest - 16

Kaptain

There you have it, endgame dari Sakura Quest adalah usaha untuk menghidupkan kembali festival Mizuchi. Masa lalu Kadota, Chitose, dan Dokushima sendiri terungkap jelas sekarang. Saya sendiri sangat menghargai Chitose tidak mewariskan kebenciannya pada Ririko dan ingin dia mencapai mimpinya sebelum terlambat.

Ballroom e Youkoso 02-03

Ballroom e Youkoso - 02

Kaptain

Agak kecewa juga beberapa tariannya masih menggunakan gambar statis. Tatara cepat sadar bahwa walaupun Hyoudou berasal dari keluarga penari dan sangat berbakat, semua yang dia miliki sekarang ini dicapainya dengan kerja keras. Episode debut Tatara sendiri terjadi jauh lebih cepat dari dugaan saya.

Etherlite

One of the rare occurence dimana saya suka dengan sebuah anime sports padahal sama sekali tidak tertarik dengan olahraganya. Shizuku is cute, tapi yang benar-benar membuat saya suka dengan seri ini adalah character Tatara yang jujur dan bisa sangat fokus dengan apa yang dia minati (doing box for a whole night long or doing basic waltz again and again and again no matter how boring it might be). It’s a talent, I have to say.

Signum

Can I have more Shizuku? I can? Thanks.

Now that is out of the way, Ballroom e Youkoso sudah masuk dalam jadwal menonton saya sejak melihat PV-nya. Mungkin karena desain karakternya yang unik, insting saya selalu mengatakan kalau sebuah seri menggunakan desain karakter yang agak indifferent, biasanya mereka yakin kalau orang-orang akan suka dengan ceritanya. I definitely did. Jelas kalau seri ini akan menekankan ceritanya kepada Tatara, dan melihat dia benar-benar seorang pemula, sepertinya saya bisa mengharapkan perkembangan karakter yang sangat menarik di season ini.

Princess Principal 02

pasted image 0

We are all liars here, and every one of us, is better than you. – Petyr Baelish

Etherlite

Last week I said this is a more serious milky holmes, it’s a big understatement. Permainan politik dan negosiasi yang sangat intense! I’d say it’s the dark horse of the season.

Kaptain

You win this time Princess Principal. Ya, identitas Ange sebagai permaisuri diungkap disini, jauh lebih cepat dari dugaan saya. Hanya saja “Charlotte” dan “Ange” sama-sama memiliki agenda tersendiri dan rahasia identitas mereka merupakan rahasia bersama. Untuk kalian yang belum nangkep, keduanya dulu bertukar identitas namun akibat perpecahan Albion keduanya terpisah sebelum bisa kembali ke identitas masing-masing. Silahkan lihat lagi dialog di menit kesembilan sambil membayangkan “Charlotte” memikirkan “njrit, itu gue” saat melihat “Ange” dan sebaliknya, arti dari dialognya akan terungkap lebih jelas.

Secara teknis merupakan episode pertama melihat nomor case-nya, sedangkan episode kemarin adalah episode ketiga belas. Kronologi cerita yang tidak berurutan menjadi komplikasi menarik untuk progresi cerita selanjutnya. Yang jelas saya sudah menemukan daya tarik utama seri ini untuk saya pribadi, ini adalah seri tentang dua penipu yang berusaha mendapat keuntungan sebanyak mungkin dengan menipu para superpower dunia, it’s pretty great.

Signum

Saya mencoba menonton seri Princess Principal dengan iming-iming kalau saya suka Joker Game, saya akan suka dengan seri ini. I did like Joker Game, a freaking lot by that matter, jadi saya setidaknya mengharapkan adanya permainan psikologi yang sama di dalam seri yang satu ini.

Ternyata agak berbeda, while PriPri is good on it’s own right, tapi prinsip seorang ‘spy’ di antara kedua seri ini jauh berbeda, membuat jalannya cerita kedua seri ini tidak selaras. I enjoyed the dialogue and the lying game, berusaha menerka-nerka apa makna tiap karakter dan bagaimana hal tersebut akan mempengaruhi action mereka di masa depan.

Kalau ada sesuatu yang bikin saya kurang sreg, saya memiliki impresi kalau seorang spy itu tidak boleh mencolok. Dia harus mencari informasi tanpa diketahui orang lain, menyatu dengan masyarakat sekitar, dan laying low as much as she can. Namun gadis-gadis di seri ini is the exact opposite of that, flashy dan terlalu bold. Mereka bertarung di ruang terbuka, dan masing-masing memiliki skill yang sepertinya lebih cocok sebagai pembunuh dibandingkan mata-mata.

bukan_randy

Well that kinda explains why Ange pointed her guns against her teammates after catching Charlotte in the opening video. Nampaknya kemungkinan suatu saat Ange dan/atau Charlotte mengkhianati teman-temannya/negaranya bisa dibilang cukup ada. This is definitely my favorite ride this season. Let’s just hope they don’t pull a Kado… yang mana cukup mengkhawatirkan karena penulis seri ini itu penulisnya Kabaneri & Guilty Crown…

Kakegurui 04

Kakegurui - 04

Kaptain

Ikishima Midari adalah karakter favorit saya dari seri ini, karena tidak seperti kebanyakan lawan Yumeko, dia tahu mencoba mengintimidasi Yumeko itu sia-sia. Konflik dengannya juga tidak sebatas “Rich asshole being torn apart”, dan lebih kearah “Dua orang gila yang bersenang-senang”. Somehow, Mappa bisa membuat karakter ini lebih menyenangkan saya sama sekali tidak ingat adegan WC anime ini ada di manga.

Sampai ke titik ini saya akui ini adalah adaptasi yang sangat bagus, saya sudah tahu bagaimana poker kali ini akan berakhir, but hot damn i really want to see the dude got screwed over again.

Action Heroine Cheer Fruit 02

Action Heroine Cheer Fruits - 02

Kaptain

Umumnya pada titik ini fokus perkenalan karakter akan ditujukan pada tim inti, hanya saja saya tidak menduga fokusnya malah ditujukan pada aktris “Antagonis” yang membawa beban yang menarik. Target mereka juga bukan sekedar untuk menyelamatkan sekolah tapi mencoba untuk menyembuhkan kota yang sekarat.

Made in Abyss 03

Made in Abyss - 03

Kaptain

Ingat pertanyaan saya minggu lalu tentang bagaimana mereka yang sudah masuk terlalu dalam ke Abyss kembali ke permukaan? Seperti yang sudah diungkap episode ini, you don’t, ekpedisi ke dasar Abyss adalah perjalanan satu arah. Ingat catatan/file/log yang seringkali kalian temukan di dungeon atau tempat berbahaya lainnya di sebuah game? Di anime ini hal itu adalah tugas utama dari White Whistle, itulah kenapa pengorbanan mereka dirayakan.

Subtitel yang saya baca juga memutuskan untuk menerjemahkan Narehate sebagai Hollow, saya akan anggap ini sebagai tanda untuk menggunakan lebih banyak analogi Dark Souls.

Isekai Shokudou 03

Isekai Shokudou - 03

Episode ini membuat saya berangkat keluar untuk nyari Carbonara, so props for the food crew?

Kaptain

“Jadi semua produk yang buat perusahaan kita sukses itu produk curian?”
“Yep”
“Cool”

Dari semua adegan anime yang sudah tayang di musim ini, ini adalah adegan yang membuat saya paling tidak nyaman. Walaupun memang sudah ada “kesepakatan” dengan si koki (yang kayaknya bayar kemahalan buat bahan) dan bisa saja disimpulkan si pedagang “cuma” terinspirasi. Kalau saja si pewaris jadi termotivasi untuk membuat produk yang lebih baik (yang merupakan motivasi bagus) atau berpikir “Jadi masih banyak produk yang bisa dicolong? AWESOME!” (yang merupakan motivasi yang menyenangkan) saya akan jauh lebih senang. Reaksinya yang datar itu yang paling membuat saya kesal.

Ini bukan seri yang jelek untuk sebuah tontonan santai, hanya saja saya lagi tidak punya minat untuk melanjutkan seri dengan tema semacam ini dan tiga episode yang sudah tayang sama sekali tidak memberikan materi yang menarik untuk saya.

Etherlite

I really don’t have much against this series, but I have no eagerness to watch this either. It’s just way too flat. Satu-satunya yang saya suka adalah ED theme songnya.

New Game 02

pasted image 0 (1)

Etherlite

It’s a competition, some wins and some loses. It gets harder when someone close to you join and either one of you wins, but they end it quite well there. Kalau di dunia nyata saya ragu bisa selesai seindah itu. The other nice thing was the one with Yun. Meskipun sainganmu berat, atau apa yang kamu lakukan itu memiliki kemungkinan sukses yang rendah, at least you tried. And because you do, you can go that far. Miracle won’t come to those who waits, you need to work hard and stretch your hands to it.

Aho Girl 03

Aho Girl - 03

Kaptain

Mom is pretty great. Saya demen dengan penggunaan OP buat nyelipin gag baru tiap episodenya.

Etherlite

When you thought Yoshiko is the only broken thing in this seriesShe inherited it from her mother.

Tsuredure Children 03

pasted image 0 (2)

Etherlite

LOVE MASTER キタアアアアアァァァ

Youkoso Jitsuryoku Shugisha no Kyoushitsu e 02

pasted image 0 (3)

Ini anak SMA

Etherlite

I still have mixed feelings about this series.

The positives: Mereka membuat sistem ini berdasarkan kelas untuk melatih kerjasama juga, tapi mengapa harus membuat ekosistem sendiri dengan mata uang sendiri? Sehingga anak-anak kaya dari luar juga ditaruh di starting point yang sama. Horikita is smart but antisocial, which was amusing on it’s own. While Kiyotaka is good at hiding his skills, tapi kenapa harus disembunyikan? I don’t see the merit of doing that at this moment. Is he going to pull another Onii-sama?

The negatives: There are 3 people who had no intention of getting better, then without anything *poof* better scores. The student council president, adek lu ansos tapi mau lu gebukin, really? Kemudian S-system sudah bocor ke class A, tapi why class A only? Then Kushida Kikyo, I can’t see her motives. The man without motive is a man no one suspects, tapi biasanya dia lah yang paling rese in the end. At least she has nice body

Sakurada Reset 16

pasted image 0 (4)

Masih lebih prefer Haruki rambut panjang (tapestry official C92)

Etherlite

It’s a rigged game of chess with Souma Sumire and Urachi Masamune. Both of them can delve into each other’s cards and they need to play their cards without the other party knowing. Dengan adanya kemampuan Nakano, kemungkinan yang dapat saya pikirkan adalah Souma mengirim request-request untuk Kei setelah semuanya berakhir. Tapi mengingat Souma mengatakan kalau dia tidak berencana mengacaukan rencananya, mungkin pada awalnya Souma memang berencana menghilangkan semua kemampuan di Sakurada, and she regrets it before he manages to remove all abilities in Sakurada.

Saiyuuki Reload Blast 03

pasted image 0 (5)

Etherlite

Story still too weak, battle scene dianimasikan dengan budget rendah, dan theme song yang subpar dibandingkan dengan lagu-lagunya di masa lalu. Dropped.

Washio Sumi wa Yuusha de Aru -Yakusoku-

pasted image 0 (6)

Etherlite

I know what would’ve happened, but it still hurts a lot. Why Takahiro, whyyyyy!!!!!!!!!!!!!

Gamers! 02

pasted image 0 (7)

Etherlite

Storynya lebih baik daripada episode pertama, tapi satu hal yang mengganjal adalah mereka harus banget ya merusak character Tendou Karen jadi stalker gitu? Lol at blatant P4U cameo.

Fate/Apocrypha 3

joispfa3

bukan_randy

3 servant langsung melanggar peraturan “jangan sebut nama aslimu” satu episode setelah diperintahkan; battle yang singkat, tidak menarik, dan tidak bermakna; tertawa terbahak-bahak ketika akhirnya menyadari seberapa konyol desainnya Karna; dan juga tertawa lagi saat melihat Siegfried dengan kostum edgy-nya di tengah-tengah orang-orang normal di masa lalunya.

Dragon Ball Super 100

joispdbs100

bukan_randy

100 episodes *phweeet*! Anyway, saya cukup senang pertarungan di space survival arc sejauh ini lebih mirip dengan Dragon Ball zaman Goku masih kecil (meski lebih sederhana) ketimbang adu power level. Sayangnya kualitas desain karakter-karakter barunya menurun karena Akira Toriyama harus membuat berpuluh-puluh karakter baru sekaligus.

Goku akhirnya bertemu dengan Kale dalam wujud legendary super saiyan-nya. Dari reaksi Goku dan Bezita, sepertinya Broly tidak dianggap canon di timeline utama ini karena mereka sama sekali tidak menyebut Broly atau legendary super saiyan. Sayangnya pertarungan dengan Kale berakhir begitu saja dan fokus episode depan langsung menuju ke Pride Troopers dari universe 11 yang saya kira bakal disimpan sampai akhir. Tapi Kale sendiri masih belum didiskualifikasi sih. Mungkin nanti dia akan berubah lagi?

Fate/Grand Order JP

pasted image 0 (8)

Best summer

Etherlite

Ini event yang paling diberkahi untuk saya. Saya hanya kurang Tamamo Lancer saja untuk melengkapi servant limited event ini (Martha & Anne-Marie sudah dapat taun lalu, bahkan Anne-Marie & Kiyohime jadi NP2). Let the grinding hell begins.

screenshot_2017-07-23-01-04-52-196

Signum

Tahun lalu summer nggak ngasih apa-apa ke saya, untung tahun ini dikasih alasan buat nulis Waifu Wednesday minggu ini. Thanks DW.

Knights and Magic 1-3

Helvii Oberg

Signum

A generic series with a mary sue (he’s a trap) protagonist and generic extras that I’ve seen on many other series before. Sampai 3 episode berjalan seri ini masih cukup predictable, dan juga membosankan. Frankly, selain Helvi, saya tidak punya alasan lain untuk menonton seri yang satu ini. Katanya sih 3 episode ini 15 chapter manga yang dimampatkan, semoga saja ada twist-twist di masa depan yang membuat saya nggak ngedrop seri ini.

Untuk AMV sendiri, satu video yang sampai hari ini berkesan untuk saya adalah AMV dari saat saya di SMP ini:

Oke, lagunya memang pakai Foo Fighters dan bukan Linkin Park, sayangnya kebanyakan video favorit saya di Youtube dan Niconico sudah di takedown dan cuma ini saja yang tersisa. 

Farewell to you Chester Bennington, kami segenap staf JOI berharap dia berada di tempat yang lebih baik.

Apabila kalian juga punya AMV dan MAD favorit, silahkan posting di kolom komentar di bawah.

Header: Greyyue