[Waifu Wednesday] Shiina Mashiro

July 26, 2017 5:52 pm
[Waifu Wednesday] Shiina Mashiro

Sepertinya, sudah sebuah takdir bila waifu kali ini dibahas pada hari ini, sebelumnya saya dan musim_semi masih membahas mengenai kemungkinan-kemungkinan waifu yang lain. Namun saya merasa ingin membahasnya di hari ini dan kebetulan, tanggal 26 Juli juga ternyata merupakan tanggal ulang tahun dari Shiina Mashirowaifu dari seri Sakurasou Pet na Kanojo di minggu ini.

Mashiro adalah seorang wanita yang cukup mungil, namun tidak loli, cantik tapi susah dimengerti, rambutnya pirang tapi bukan blasteran. Mungkin kamu akan sedikit kesulitan untuk mengerti gadis yang satu ini. Walaupun begitu, waifu yang satu ini jeniusnya bukan main, apalagi bila menyangkut seni rupa. Karya-karyanya bahkan sudah dikenal di dunia internasional, membuat standar calon pasangan yang dimilikinya juga tidak boleh kalah tinggi. Apakah kamu bisa menyamai prestasi Mashiro?

JOI - waifu wednesday shiina mashiro (6)

Namun sebelum itu, apakah Mashiro merupakan calon istri yang baik? Mari kita bahas apa saja kualitas Mashiro sebagai pasangan.

+ Expressionless heroines are the cutest

JOI - waifu wednesday shiina mashiro (7)

Untungnya, kebanyakan heroine yang kurang memiliki ekspresi itu sangatlah cantik. Sebut saja di antaranya adalah Rei Ayanami dan Nagato Yuuki, keduanya hampir selalu jadi pilihan favorit para penonton kedua serinya masing-masing. Nagato bahkan mendapatkan seri anime sendiri. Tambahkan Mashiro ke dalam jajaran expresionless heroine, dia cantik, susah diterka, polos, tapi yang penting imut.

Salah satu kelebihan trait ini adalah bila karakter yang tidak biasa berekspresi ini akan jadi 2 kali lebih cantik saat mengeluarkan ekspresi. Tunggu saja saat Mashiro tersenyum atau ngambek, kalau hati kamu tidak luluh, entahlah apa yang bisa meluluhkannya. Mungkin senyum Nanami.

+ Jenius seni rupa

JOI - waifu wednesday shiina mashiro (3)

Mashiro adalah seorang seniman yang berbakat, bahkan mungkin tidak heran bila dia disejajarkan dengan seniman-seniman dunia lain. Karya-karyanya dipajang di galeri-galeri besar terkenal, dan mendapatkan pengakuan dari kurator-kurator dunia. Karena itu banyak orang yang kemudian bingung kenapa dia malah banting setir jadi seorang mangaka.

Tapi mengingat dia adalah seorang yang jenius seni rupa, kamu setidaknya tidak perlu bingung dengan masalah finansial. Kamu hanya perlu bingung bagaimana caranya supaya kamu bisa menjadi seseorang yang bisa berjalan di sampingnya. Sorata saja harus banting tulang setengah mati, sampai ditipu oleh orang yang dia percayai demi mencoba menjadi setara dengan Mashiro.

+ Cluelessly Cute

JOI - waifu wednesday shiina mashiro (9)

Sudah jadi rahasia umum kalau orang-orang jenius itu biasanya ‘eksentrik’ dan suka hidup dalam dunianya sendiri, Mashiro pun begitu. Gadis yang satu ini susah sekali ditebak kemauannya, dan kamu mungkin harus memutar otak setiap hari untuk tahu apa yang dia maksud. Namun di lain pihak, tingkahnya saat menerima kebaikan orang lain yang kadang clueless dan polos juga sangat imut.

Contohnya saat dia merasa Sorata marah kepadanya, dan dia kemudian menaruh sebungkus baumkuchen di depan pintu kamar Sorata sebagai tanda ingin meminta maaf seperti anak SD yang ingin meminta maaf kepada temannya. Keimutan seperti ini yang sekarang sudah jarang ada di karakter-karakter dalam anime, kalaupun ada, biasanya yang begitu-gitu masih belum legal.

+ Memprioritaskan orang yang disukainya

JOI - waifu wednesday shiina mashiro (2)

Mashiro adalah seorang seniman besar, dia memprioritaskan untuk membuat manga karena dia sangat suka dengan manga. Di lain pihak, dia kemudian tertarik kepada Sorata, sang protagonis seri ini. Sejak saat itu dia mulai membagi prioritasnya, antara Sorata dan pekerjaannya sendiri. Bahkan ada suatu saat di mana Mashiro memprioritaskan untuk belajar memasak dibandingkan dengan menyelesaikan deadline dari manga-nya.

Jadi, kamu dapat seorang waifu yang imut, cantik, badannya ideal, dan mau memprioritaskan dirimu dibandingkan dengan urusan yang lain. Memang mungkin dia agak susah untuk ditebak, atau dia susah banget untuk ditebak, tapi sebagai pasangan yang mau belajar demi kesejahteraan dirimu, dia adalah kandidat istri yang baik.

Namun apakah Mashiro juga memiliki kelemahan? Mungkin agak sedikit lebih banyak dari perkiraanmu.

– Super susah dimengerti

JOI - waifu wednesday shiina mashiro (10)

Sebagai orang yang jenius, sepertinya apa yang menjadi normal di masyarakat dan peraturannya tidak berlaku bagi Mashiro. Dia juga tidak banyak berbicara, membuat berinteraksi dengan gadis yang satu ini akan menjadi sangat amat susah. Namun bila kamu berhasil mengambil sebagian perhatiannya, mungkin dia kemudian baru bisa sedikit membuka dirinya kepadamu. Kuncinya adalah kesabaran, karena Sorata agak kurang sabar dalam menangani Mashiro.

– Standarnya tinggi

JOI - waifu wednesday shiina mashiro (8)

Bukan artinya standar seorang lelaki yang dicarinya, sebagai pria, standar Sorata pun tidak begitu tinggi. Dia adalah orang biasa yang dibilang ganteng nggak, jelek juga nggak. Tapi standar kamu sebagai seseorang di samping Mashiro yang dipertanyakan. Untuk inilah Sorata berjuang supaya menjadi seseorang yang lebih baik. Pada akhirnya, Sorata sepertinya bisa mendapatkan Mashiro, bisakah kamu?

– Harus siap jadi baby sitter

JOI - waifu wednesday shiina mashiro (5)

Yang ini mungkin adalah sebuah titik minus, tapi bisa juga menjadi sebuah titik plus, tergantung bagaimana kamu mau melihatnya. Sorata harus mau setiap hari mengurus Mashiro di asrama Sakurasou, mulai dari memasakkan makanan, membangunkan, mencuci baju, bahkan tidak sering dia harus menggantikan baju Mashiro. Dia melakukan rutinitas tersebut setiap hari sampai akhirnya dia paham dan tau seluk beluknya.

Supaya kamu bisa merawat Mashiro sehandal Sorata, mungkin ada baiknya kamu berlatih dulu dengan adik kamu, sepupu kamu, atau anak tetangga kamu. Tapi tolong jangan salahkan saya kalau kemudian ada polisi yang mengetuk pintu dengan surat tugas kamu telah melakukan tindakan mencurigakan kepada anak orang.

JOI - waifu wednesday shiina mashiro (4)

Mashiro mungkin belum siap menjadi seorang istri, artinya kamulah yang harus siap untuk menjadi suami dari Mashiro. Memaafkan betapa eksentriknya Mashiro dan memberikan perawatan yang terbaik baginya harus menjadi prioritas nomor satu bagimu, seperti dia menjadikan dia prioritas pertama dalam hidupnya. Tapi ini kan 2D jadi nggak usah serius-serius amat lah ya.

Apakah kamu sudah siap untuk menjadi baby sitter Mashiro? Atau kamu lebih suka dengan gadis yang lebih mandiri seperti Nanami? Atau satu lagi kandidat waifu terbaik dari Inggris, Rita yang entah kenapa jatuh cinta dengan seorang NEET antisosial?