Sutradara Anime ‘Niji-iro Hotaru’ Menepis Dugaan ‘Kimi no Na wa’ Menjiplak Filmnya

July 28, 2017 6:32 pm
Sutradara Anime ‘Niji-iro Hotaru’ Menepis Dugaan ‘Kimi no Na wa’ Menjiplak Filmnya

Film Kimi no Na wa mendapat kritik yang cukup pedas setelah pengguna YouTube dengan nama Ms. Rachel mengunggah sebuah video yang membandingkan karya Makoto Shinkai tersebut dengan film Niji-Iro Hotaru ~Eien no Natsu Yasumi~ dan Toki wo Kakeru Shoujo.

Salah satu adegan yang dipermasalahkan adalah saat Mitsuha mencari jalan untuk turun dari gunung demi menyelamatkan kotanya. Namun adegan tersebut memiliki sudut pengambilan gambar yang sangat mirip dengan film Niji-Iro Hotaru yang ditayangkan tahun 2012 buatan Kounosuke Uda.

Adegan kedua adalah adegan saat Mitsuha jatuh karena tersandung aspal yang tidak rata, adegan tergulingnya Mitsuha sangat mirip dengan jatuhnya Makoto dalam film Toki wo Kakeru Shoujo.

Banyak netizen yang setuju dengan kemiripan kedua film tersebut, mereka pun setuju kalau ini bisa disebut dengan plagiat. Namun sutradara dari film Niji-Iro Hotaru Kounosuke Uda punya pendapat sendiri. Di Twitternya, Uda mengatakan kalau dia menonton Kimi no Na wa di bioskop, dan adegan tersebut memang mengingatkannya kepada sesuatu. Di lain pihak, Uda percaya kalau penyutradaraan film dapat mengubah konten dari filmnya, makan adegan tersebut bisa dibilang orisinal. Dia menambahkan, “Tidak benar bila menyimpulkan kalau ini adalah sebuah penjilplakan.

Mungkin maksud Uda di sini adalah karena pengarahan Makoto Shinkai berbeda dengannya, baik isi cerita maupun maksud dari adegan tersebut. Adegan di Kimi no Na wa bisa dibilang orisinal. Namun itu adalah pendapat saya, bagaimana pendapatmu?

Sumber: ANN