[JOI Spotlight] Comiket 92 Edition

August 13, 2017 17:16
[JOI Spotlight] Comiket 92 Edition

Hari ini adalah hari terakhir Comiket 92. Untuk kalian yang menyaksikan Facebook JOI seharusnya bisa melihat kalau kami mempersiapkan berbagai kejutan untuk kalian malam ini. Untuk sekarang, mari kita lihat berbagai impresi kami untuk berbagai seri yang sudah tayang lewat JOI Spotlight kali ini.

Action Heroine Cheer Fruits 05

cheer fruit 05

Kaptain

Committee mandated idol concert episode. Uniknya staf terasa nggak sudi ngurangin animasi buat action buat ngeanimasiin tariannya. Saya juga sebenarnya mau bertanya tentang “kenapa nggak pake lip-sync?”, tapi Yuki (who are hilariously neurotic) bisa menjawab dengan bagus di sini tentang kenapa vokal langsung itu lebih berharga.

Princess Principal 05

Princess Principal - 05

bukan_randy

Episode action yang hampir bisa dibilang secara naratif hanya episode filler karena perkenalan Chise (dan Horikawa yang tampil sekilas di episode 4) ini sangat straightforward. Meski begitu, episode ini memiliki penggunaan “itaino itaino tondekke” yang paling bagus dari semua anime yang pernah saya tonton. It’s one of my least favorite “Japanese thing Japanese does”, and it actually managed to made me emotional. Agak mengherankan Ange dkk bisa dibilang beraksi cukup blak-blakan di dekat dengan pasukan Albion Kingdom (apalagi setelah diisengin saat main kartu), tapi keberadaan mereka masih tidak diketahui oleh pihak Albion Kingdom.

Meski sayangnya animasi adegan action-nya sendiri tidak mencapai potensi maksimalnya dan ada sedikit adegan yang agak janggal seperti finishing blow dari pertarungan klimaksnya, tiap pertarungannya memiliki flow dan koreografi yang jelas. Hal itu, ditambah dengan sound design-nya yang sangat bagus meski over-the-top, dan juga penggunaan musik Kajiura Yuki yang paling kental dibanding beberapa episode sebelumnya berhasil membuat episode ini memiliki adegan action yang secara keseluruhan adalah yang terbagus sejauh ini di seri ini.

Salah satu highlight dari animasi di episode ini adalah gerakan berjalan & berlari yang cukup unik dan detil.

Kaptain

Case 7. Merasa animasi kali ini terlihat unik? Say hello to Ryouma Ebata.

Pertarungan di kereta api tidak peduli apa mediumnya selalu menarik. Sekali lagi Beatrice diselamatkan oleh operasi invasif bapaknya, saya mulai memprediksi operasi dilakukan karena dia bisa melihat masa depan.

New Game 05

pasted image 0

Etherlite

Small progress here and there, both in terms of work and character development. Other than that is mostly trivial but decent enough, like yuri Hifumi-senpai is nice & Anya mk.II character baru yang cakep & menarik.

Aho Girl 06

Aho Girl - 06

Kaptain

Pingin denger Sumippe dan Aoi Yuuki ngomong panjang lebar tentang penis? Aho Girl Delivers.

bukan_randy

Perasaan saya saja atau episode ini lebih banyak teriakan daripada biasanya? Nevertheless, still laughed a lot.

Tsuredure Children 06

pasted image 0 (1)

Etherlite

The love master episode. A bit underwhelming though, reaksi Kazuko kurang explosive. Special mention to Motoyama best buddy.

Sakurada Reset 19

pasted image 0 (2)

Etherlite

It answers a lot, but it’s not a logical answer I was expecting. Well, love is rarely logical anyway. Episode berikut kemungkinan akan menjadi awal dari arc terakhir. Urachi Masamune bermaksud membangunkan ibunya untuk mengecilkan area orang yang memiliki pengetahuan tentang abilities dari 1 kota menjadi mungkin hanya 1 ruangan seperti pada permulaan didirikannya bureau, dan kemudian dihentikan lagi waktunya.

Masamune tentu berpikir Kei masih akan melakukan sesuatu, makanya ia tidak hanya mengunci kekuatan Haruki dengan kekuatan Oka Eri, tapi juga mengembalikan Haruki ke waktu dimana ia belum bertemu dengan Asai Kei. So that she won’t have a trust in him and following his instruction to reset. At least we can see long haired Haruki again ❤

Youkoso Jitsuryoku Shugisha no Kyoushitsu e 4-5

pasted image 0 (3)

Mempertunjukkan self-taken gravure diri sendiri di depan teman sekelas & ketua OSIS, malunya kayak apa…

Etherlite

Maaf karena saya benar-benar lupa menulis impresi untuk seri ini minggu lalu, jadi saya rekap minggu ini. So, our socially inept cute girl with voluptuous racks is a net idol in reality? Sure. Untuk arc ini saya akan ketawa kalau akhirnya Sudo dinyatakan tidak bersalah karena Student Council-nya punya bukti konkrit berupa rekaman security camera. Jadi 3 episode ini untuk buang waktu saja?

Sebenarnya saya bingung bagaimana mengapresiasi seri ini. Everything was too unnatural, even the flow of the story is poor. Kejadian-kejadian pentingnya tidak begitu jelas digambarkan (atau bahkan diskip begitu saja & diceritakan sepotong saja kemudian), Penggambaran karakternya terlalu jelas hitam putihnya, sementara yang abu-abu itu hanya Ayanokouji yang ga jelas maunya apa. Logika ceritanya juga kadang terlalu parah, mereka bisa beli nilai lah, orang-orang dengan tingkat intelegensi level Sudo bisa masuk sekolah elit ini lah, etc. Minggu depan akan tepat midseason bagi seri ini, dan mungkin akan jadi minggu terakhir saya menulis (dan menonton) seri ini.

Gundam Twilight Axis 2-4

joispgta2-4

bukan_randy

Maju-mundur ceritanya sudah tidak se-memusingkan episode 1, tapi sayangnya pendeknya screentime tetap membuat karakter dan ceritanya terasa hampa. Ini juga diperburuk dengan karakter-karakter yang aneh. Arlette adalah salah satu orang yang dipilih sebagai mekanik oleh Char di OYW, but for some reason is deathly afraid of Lalah. Danton yang kasar dan sembrono, jago mengendarai MS, tapi TIDAK BERANI BUNUH MUSUH (great, I always thought UC was lacking in one of those super pacifist pilots… ugh…), dan juga pilot Gundam Tristan yang mengajak mundur pilot Byarlant dari pertarungan dengan Danton namun ternyata sangat dendam dengan Danton.

Seenggaknya pilot Byarlant di sini lebih punya keberadaan di anime-nya karena sempat tampak sekilas dari belakang dan sempat teriak satu kali, ketimbang pilot Byarlant di Unicorn yang sama sekali tidak bersuara.

Gamers! 05

pasted image 0 (4)

Etherlite

Mungkin seri ini harusnya ganti judul jadi Misunderstandings! Karena daripada bahas game (minggu ini kayaknya ditotal ga sampe 5 menit) lebih banyak diisi dengan kesalahpahaman demi kesalahpahaman. It’s not bad though, it’s a decent humor, hanya mungkin reaction facenya bisa sedikit lebih dipoles.

Sakura Quest 19

Sakura Quest - 19

Kaptain

Baru inget masalah Maki dengan bapaknya belum selesai, yang untungnya bisa diakhiri di episode ini setelah diungkap bahwa dia kecewa Maki membuang cita-citanya dan bukan karena dia drop-out kuliah. Fokus kali ini lebih kearah karakter dan bukan pada Quest perburuan harta yang bisa “selesai” di awal episodenya.

Made in Abyss 06

Made in Abyss - 06

Kaptain

Saya nggak suka suaranya Ozen, kesannya seiyuu-nya maksa agar suaranya lebih dalam dan kedengaran sekali suaranya nggak alami. Hasilnya karakter yang di manga-nya sangat intimidatif saat pertama kali muncul jadi kecil impact-nya di sini. Marulrk/Maruruk juga di sini lebih cepat dikenalkan sebagai laki-laki dibandingkan manga-nya.

Saya agak menyesalkan episodenya diakhiri di penampakan box putihnya. Setelah di-hype oleh Ozen akan lebih bagus cliffhanger-nya bila episode berakhir saat dia menjelaskan apa fungsi sebenarnya dari kotak itu.

Kakegurui 06

kakegurui 06

Kaptain

Saya nggak ngerti kenapa kamarnya jadi lebih kotor daripada manga-nya. Mungkin agar triknya Midari bisa lebih gampang ditebak penonton anime-nya. Midari punya trik itu bukan spoiler, karena mayoritas “judi” di seri ini sudah dicurangi dari awal dan tantangan sebenarnya adalah bagaimana Yumeko membongkar triknya.

Jigoku Shoujo Yoi no Togi 05

pasted image 0 (5)

Etherlite

There you go, Michiru’s past. Dan akhirnya tujuan karakter Michiru menjadi jelas. It’s a repeat of Mitsuganae, dimana Enma Ai mencari Jigoku Shoujo generasi berikutnya. Tapi apakah Michiru bisa bertahan menjadi Jigoku Shoujo? Menurut saya, dia terlalu sentimental dalam pekerjaannya & bound to make the same mistake as Yuzuki in Mitsuganae.

ReLife 191

191_014

Etherlite

It’s been a while since the last time I wrote about this. Masalah di arc ini sebenernya lebih straightforward, dan bisa dibilang awal dari salah satu masalah terbesar dalam seri ini. Hishiron akhirnya bertekad untuk memberikan kesempatan (terakhir?) untuk perasaan mereka berdua by asking Kaizaki for a Xmas date. Tapi yang mau saya tekankan di chapter ini justru hubungan Tama-chan dengan (most likely) salah satu dari 2 anjing penjaganya. We did ask about this in our exclusive interview but Yayoi-sensei refused to give us even the slightest of hints. Ini harusnya bisa jadi 1 arc sendiri tapi tampaknya akan diskip begitu saja.

Fate/Grand Order

Signum

Selamat kepada semua yang sudah berhasil mendapatkan summer servant di periode tahun 2017 ini, Nero-nya terutama karena keren banget animasinya bener-bener kaya Gunbuster. Saya sendiri belum mendapat apa-apa yang berarti di musim panas tahun ini, sama seperti tahun lalu yang tidak memberikan apa-apa ke saya. Memang nasibnya harus nunggu setahun baru bisa dapat waifu sepertinya.

Granblue Fantasy

UniteAndFight

Signum

Terlepas dari selesainya periode 10 draw dan kembalinya account saya memasuki masa hiatus, bagaimana persiapan kamu untuk menghadapi GW water habis ini?

Sekian JOI Spotlight kali ini. Lagu untuk Minggu ini adalah sebuah remix dari “Romantic Love” yang sudah cukup lama dari Parappa the Rapper, the only white rapper you need.

Apa kalian sudah dapat “barang” yang kalian mau dari Comiket kali ini?

Header: Mitarashi Club

Sorry. No data so far.