Kemungkinan Bentrok dengan Olimpiade 2020, Comiket Ingin Tetap Berjalan di Tokyo Big Sight

August 13, 2017 12:26 pm
Kemungkinan Bentrok dengan Olimpiade 2020, Comiket Ingin Tetap Berjalan di Tokyo Big Sight

Saya yakin sebagian besar dari kamu sudah tahu kalau di tahun 2020, Olimpiade akan diadakan di Tokyo, Jepang. Demi mempersiapkan untuk acara tersebut, venue Tokyo Big Sight sedang direnovasi besar-besaran, mengembangkan 12 hall menjadi 16 hall untuk keperluan Olimpiade. Namun bagaimanakah nasib Comiket yang setiap tahunnya diadakan di venue tersebut?

Koichi Ichikawa, salah satu dari kepala panitia penyelenggara berkata, “Kami tidak tahu bagaimana acaranya akan berjalan di tahun 2020. Tapi kami berharap dapat sebisa mungkin menyelenggarakannya dengan asumsi di (Tokyo) Big Sight.”

JOI - comiket 90 attendance (2)

Para staf dan circle juga sudah terbiasa selama 20 tahun, venuenya juga besar dan solid, ada  hubungan yang tidak terpisahkan antara Comiket dengan Tokyo Big Sight.”

Mengingat pendatang bisa mencapai ratusan ribu di setiap tahunnya, saya tidak bisa membayangkan akan sesempit apa Tokyo Big Sight bila digabungkan antara pendatang Olimpiade dengan acara Comiket berbarengan. Belum lagi antrian yang luar biasa panjang yang mungkin akan mengganggu jalannya acara Olimpiade.

Salah satu alternatif Tokyo Big Sight adalah Makuhari Messe, namun pemilik venue pernah menolak Comiket diadakan di tempat tersebut karena peraturan mereka yang melarang menjual barang-barang berbau pornografi. Seperti yang juga kamu sudah tahu, banyak circle yang menjual H-doujin di acaranya.

Walaupun memang belum waktunya untuk mengkhawatirkan hal tersebut, tapi apakah menurutmu Comiket tetap akan diadakan di Tokyo Big Sight walaupun sedang dilangsungkan Olimpiade? Kenapa?

Sumber: Yaraon!