5 Game Jepang Bertemakan Kemerdekaan yang Patut Kalian Coba

August 17, 2017 2:18 pm
5 Game Jepang Bertemakan Kemerdekaan yang Patut Kalian Coba

Pada hari ini, Indonesia merayakan kemerdekaannya dari jajahan yang ke-72. Sebagai salah satu bentuk perayaannya, JOI mencoba memilih 5 game asal Jepang yang memiliki tema kemerdekaan. Yang maksud dengan tema kemerdekaan adalah game-nya menceritakan proses bagaimana kalian menjadi bagian dari orang-orang yang membuat negaranya bebas dari penjajah.

Valkyria Chronicles

Valkyria Chronicles bisa dibilang adalah game yang paling pantas dengan tema kemerdekaan. Game ini mengambil setting di benua fiktif bernama Europa. Di sini, ada 2 negara adidaya yaitu Autocratic East Europan Imperial Alliance dan Atlantic Federation. Ekonomi dari masing-masing negara ini bertumpu pada mineral yang serbaguna bernama Ragnite. Karena kini semakin langka, Empire menyatakan perang kepada Federation dan Second Europan War pun terjadi. Empire memutuskan untuk menjajah Principality of Gallia yang netral karena penuh dengan Ragnite.

Karena itu, Gallia membentu milisi dan kalian akan menjadi bagian dari Squad 7 yang baru didirikan. Kalian berkenalan dengan berbagai anggota Squad 7 yang bervariasi. Keunikan dari game ini adalah sistem pertarungannya yang menggabungkan turn-based strategy dengan game action. Selain itu, tampilan game-nya cukup unik karena terlihat seperti lukisan.

Disgaea 5

Sama seperti di game-game sebelumnya, Disgaea 5 mengambil setting di dunia yang dipenuhi dengan berbagai Netherworld. Sejak munculnya Void Dark yang memimpin pasukan bernama Lost, banyak Netherworld yang hancur berkatnya. Tetapi di hadapannya berdiri seorang pemuda bernama Killia yang berjanji untuk membalas dendam ke Void Dark.

Melihat hal ini, berbagai Overlord dari Netherworld yang dihancurkan oleh Void Dark mulai bekerjasama dengan Killa untuk menghentikan aksi Void Dark. Tentunya hal ini dilakukan agar seluruh Netherworld menjadi damai kembali.

Ace Combat

Sebenarnya cukup sulit memilih 1 game dari seri Ace Combat karena sebagian besar bertemakan perang antar negara. Meski begitu, masing-masing game menghadirkan cerita keseluruhan yang berbeda. Beberapa contohnya adalah Ace Combat 4 menghadirkan cerita tentang perang antara ISAF (Independent State Allied Forces) dengan Erusea yang cukup straightforward, Ace Combat 5 menceritakan perang antara Osea dan Yuktobanian tetapi ternyata penuh konspirasi, dan Ace Combat Zero menceritakan perang yang terjadi Belka yang disebut dalam Ace Combat 5.

Tetapi yang pasti dari seri Ace Combat adalah kalian bisa merasakan bagaimana rasanya menjadi pahlawan. Di awal cerita, biasanya kalian adalah pemula yang namanya masih belum dikenal oleh siapa-siapa. Tetapi di akhir cerita semua lawan akan takut pada kalian dan pasukan rekan akan gembira pada saat kalian datang.

Suikoden

Berhubung faksi tokoh utamanya saja bernama “Liberation Army” sudah jelas game klasik ini masuk. Scarlet Moon Empire dipenuhi kekacauan akibat sang kaisar yang tidak memiliki minat untuk mengurus kekaisarannya, negara yang dipenuhi pejabat korup dan bandit ini membuat berbagai faksi ingin memberontak. Tir McDohl yang diburu kekaisaran akibat True Rune yang dimilikinya bergabung dengan Liberation Army dan membentuk berbagai aliansi untuk menjatuhkan sang tiran.

Gamenya sendiri masih menarik dimainkan sampai dekade ini sekalipun. Banyak aspek menarik dari game ini seperti mengumpulkan 108 unit untuk membangun kastil kalian dan memimpin puluhan ribu pasukan untuk berperang. Kalian juga bisa menggunakan save data dari game ini di sekuelnya untuk membuka berbagai konten, yang juga merupakan salah satu game terbaik dari era Playstation 1

Metal Wolf Chaos

Metal Wolf Chaos adalah game yang sangat unik. Meski setting-nya di Amerika dan menggunakan voice acting bahasa Inggris, ini adalah game buatan From Software, yang terkenal dengan seri Dark Souls dan Armored Core, dan hanya rilis di Jepang saja. Ceritanya dimulai ketika Amerika mengalami kekacauan dan beberapa negara bagian ingin berpisah dari Amerika Serikat. Richard Hawk dan Michael Wilson berhasil menghentikan kekacuannya dan kemudian diangkat jadi presiden dan wakil presiden.

Michael Wilson menjadi presiden Amerika Serikat yang ke-47, tetapi Richard Hawk selaku wakil presiden memutuskan untuk merebut pimpinan dari Wilson menggunakan pasukan Amerika untuk menyerang Wilson dan pendukungnya. Tetapi Wilson berhasil kabur sambil membawa mecha bernama Metal Wolf. Menggunakan mecha ini, kalian harus membebaskan berbagai kota di Amerika.

Apa kalian punya saran lain untuk game bertema kemerdekaan? Silahkan sampaikan di kolom komen di bawah.