Animator Katsunori Shibata Buka Crowdfunding untuk Mendukung Animator Jepang

August 19, 2017 13:34
Animator Katsunori Shibata Buka Crowdfunding untuk Mendukung Animator Jepang

Rendahnya gaji dan kualitas lingkungan kerja animator di Jepang memang sudah menjadi topik umum industri ini. Dengan rata-rata gaji sebesar 1 juta Yen per tahun dibandingkan penghasilan rata-rata pekerja jebang sebesar 4,5 juta Yen, profesi ini sulit sekali dapat bekerja dengan optimal. Oleh karena itu Katsunori Shibata mencoba meringankan beban ini dengan membuka crowdfunding untuk mendukung para animator.

Dana yang dihasilkan crowdfunding ini tidak hanya digunakan untuk mendukung dirinya sendiri, namun juga koleganya juga. Target awalnya yang sebesar 110.000 yen akan dibagi ke tiga animator dan membayar biaya pembuatan crowdfunding. Animator yang tertarik menerimanya bisa menghubungi Shibata lewat Twitter dan dana akan dibagikan melewati lotere.

Saat artikel ini dibuat, uang yang terkumpul sudah sebanyak 810.000 yen. Kampanye ini akan masih berlanjut sampai 27 hari lagi.

Shibata sendiri adalah animator yang sudah bekerja dengan seri seperti Yuri Kuma Arashi, 91 Days, Flip Flappers, dan To Aru Majutsu no Index. Pada situs crowdfunding dia menulis bahwa kebanyakan animator lepas seperti dirinya menghasilkan 1 juta yen tiap tahunnya walaupun bekerja 11 jam sehari selama 6 hari seminggu. Walaupun kondisinya seburuk ini, tidak ada usaha untuk memperbaiki kualitas hidup para animator.

Shibata melihat bahwa situasi saat ini tidak memungkinkan untuk menumbuhkan bakat. Bila hal ini dibiarkan walaupun staf diatas terus naik namun staf bawah terus melemah, keduanya akan runtuh bersamaan. Dia juga berharap proyek ini dapat membuka dialog untuk memperbaiki industri ini.

Sumber: ANN

Sorry. No data so far.