‘Fate/Grand Order’ China Menyensor Servantnya, Bagaimana Dengan Adaptasi Lainnya?

August 19, 2017 10:56 am
‘Fate/Grand Order’ China Menyensor Servantnya, Bagaimana Dengan Adaptasi Lainnya?

Salah satu alasan terbesar untuk bermain Fate/Grand Order adalah karena waifu, dan kadang-kadang seseorang harus rela merogoh koceknya agak dalam untuk mendapatkan waifu idaman masing-masing. Namun betapa ‘nyeseknya’ kamu kalau tiba-tiba tahu waifumu disensor oleh gamenya sendiri? Seperti yang dilakukan oleh versi China dari game Fate/Grand Order di bawah ini.


Saat ini, karena dianggap terlalu vulgar dan melanggar perundangan China, dua servant di versi F/GO China telah disensor, kedua servant tersebut adalah Boudica dan Mata Hari. Selain memiliki lingkar dada yang cukup besar, pakaian keduanya memang agak terbuka. Namun saya yakin, masih banyak servant lain yang bisa menjadi target, karena semakin ke sini servantnya juga akan jadi jauh semakin lewd. Bayangkan saja apa yang akan mereka lakukan kepada servant-servant yang kurang bahan pakaian seperti Shuten Douji atau Kiara, bisa-bisa gamenya penuh mozaik nanti.



Cara mereka melakukan sensor pun cukup straightforward, sekarang kamu tidak bisa melihat gambar dalam kartu Boudica dan Mata Hari. Bahkan kamu tidak bisa melihatnya saat mereka disummon, karena gambarnya telah diblokir oleh penyedia layanan game. Avatar mereka di dalam game pun digeser agak ke bawah supaya belahan dadanya tidak terlihat. Akan dilakukan penyesuaian gambar di masa depan namun saya jadi takut apa yang akan mereka lakukan kepada summer servant.

Semua pemain diberikan 100 Saint Quartz atas penyesuaian ini. Lucunya, artwork para servant masih normal-normal saja di My Room. Entah regulasi yang ada bisa menolerirnya karena konten ditunjukkan di “tempat pribadi” atau investigasinya tidak terlalu menyeluruh.



Untuk kalian yang khawatir bila hal yang sama juga akan terjadi di server Amerika, tenang saja karena lisensi server tersebut dipegang oleh Aniplex. Aniplex yang sudah membawa seri yang cukup sensual seperti Monogatari, Kill la Kill, dan Eromanga Sensei ke barat sangat kecil kemungkinannya untuk melakukan penyensoran. Game mobile barat yang terkena penyensoran sejauh ini adalah game yang berasal dari China (yang terkena regulasi dari sana) dan game buatan Nintendo (yang sangat ingin mempertahankan image ramah keluarga mereka di barat).