[JOI Spotlight] Summer Midseason Edition

August 20, 2017 4:35 pm
[JOI Spotlight] Summer Midseason Edition

Selamat datang di JOI Spotlight. Mungkin beberapa dari kalian masih di AFA atau sudah pulang untuk beristirahat. Seperti biasa kami akan menyampaikan berbagai impresi untuk seri yang sudah tayang minggu ini. Dimana kebanyakan sudah mencapai pertengahan durasi tayangnya.

Princess Principal 06

Princess Principal 06

Dengan ini tinggal dua karakter saja dalam tim yang nggak punya Daddy Issues

Kaptain

Klise tapi efektif adalah kalimat paling sederhana untuk menjelaskan episode ini, dan bisa juga untuk mendeskripsikan seri ini sejauh ini. Saya tahu sang bapak nggak mungkin terus hidup di akhir episode ini, but he certainly didn’t deserve that, apalagi setelah benar-benar tulus ingin berubah demi Daisy/Dorothy.

Cara terbaik untuk menunjukkan kualitas sebuah karakter pendukung adalah menunjukkan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain tanpa pengaruh karakter utamanya. Episode Princess Principal yang sudah tayang dan yang kesannya hanya sekedar filler sekalipun memberi saya alasan untuk lebih menyukai para karakternya. Plus, yang ada di kapal Beatrice-Dorothy jadi ada bahan sekarang.

bukan_randy

Ebuset tahu-tahu case 18. Secara fungsi bisa dimengerti sih karena pada dasarnya bisa dibilang episode kali ini adalah episode perkenalan Dorothy, dan seperti episode sebelumnya, cerita di episode ini juga cukup straightforward tetapi dieksekusi dengan bagus. Meski nasib karakternya bisa ditebak, it still manages to make it emotional.

Satu lagi hal yang membuat saya senang dengan musik Kajiura Yuki di sini yang harusnya sudah saya sadari di episode sebelumnya: musik Kajiura di Princess Principal tidak terdengar seperti musik-musiknya beberapa tahun terakhir, dan lebih seperti musik-nya pada zaman mid-2000 seperti di Mai-HiME, Tsubasa Chronicle, dll; and those are my most favorite Kajiura Yuki works, which made me really happy with these ones.

Though, geez. Saya kira Ange dkk sudah terhitung sangat “flashy” untuk hitungan spy, and then this Albion Kingdom’s agent’s weapon of choice if a fricking throwing axe.

Ballroom e Youkoso 06

Ballroom e Youkoso - 06

Kaptain

Untuk yang merasa Tatara nggak punya kepribadian, Mako secara teknis mengatakannya langsung di sini. Sebagai penyeimbang dari kemampuan observasi Tatara, dia jadi tidak bisa “melihat” dirinya sendiri. Minggu depan Tenpei Cup mulai jalan dan arc itu adalah momen dimana Ballroom e Youkoso benar-benar “jalan”.

Owarimonogatari season 2

pasted image 0

Etherlite

It’s a great 3 special episodes, with the first part basically doing the impossible to revert Ararararagi back to human (I’m sorry, kamimashita). Kalian mungkin tahu cerita seutas benang untuk menarik seorang yang tidak bersalah yang dijatuhkan ke neraka, dimana semua orang berebut untuk ikut naik dan orang yang tadinya akan diangkat juga melawan mereka karena seutas benang tidak akan mampu mengangkat semuanya. Disini Araragi justru ragu apakah dia pantas diselamatkan sendirian sementara Hachikuji masih di neraka, dan akhirnya dengan paksa menyeret Hachikuji kembali ke living world. Truly a competent main hero.

The 2nd half was more fun, dengan Senjougahara yang sudah lama ga dapet peran, padahal dia main heroine, malah Hanekawa yang lebih banyak dapet peran tidak terlihat mengajak Araragi untuk final highschool date. It’s a light episode dengan sedikit clue disana-sini, tapi inti dari kedua episode ini sebenarnya hanya 1: Who the hell is Oshino Ougi? One thing for sure is [s]Winter is coming  the final story is coming real soon.

The final episode is quite a shock, dengan penjelasan yang rada maksa tapi mau ga mau harus kita terima, atau on some point di kepala saya sudah “oh ok, partially tl;dr anyway so go ahead and I’ll accept it as it is“. Dan seperti halnya hachikuji yang diselamatkan di episode pertama, Araragi tidak bisa membiarkan Ougi ditelan oleh darkness begitu saja, good thing Meme & Hanekawa tiba tepat waktu. This concludes the Monogatari series, I think? Mungkin mereka masih bisa membuat beberapa spinoff, tapi main storynya telah diakhiri disini. Medetashi medetashi.

New Game!! 06

pasted image 0 (1)

Favorit saya juga yang fox. Mikon~~

Etherlite

Two main topics for this episode, yang pertama adalah indie game, tentu ada gamer yang graphic whores, tapi ada juga yang asal gameplaynya menarik bisa enjoy, good for Nene that Aoba & Hotaru falls to the latter. Yang kedua adalah the truth behind big money project games, dimana yang memiliki hak veto adalah yang punya duit. To be honest saya melihat keyvis Aoba tidak jelek, tapi impactnya kurang, it will definitely pass as one of the pics added to the artbook later, tapi sebagai pengenalan pertama ke masyarakat, keyvis Kou lebih menjual. Sad to see Aoba crying, but she came back strong!

Aho Girl 07

Aho Girl - 07

Kaptain

What the hell Yoshiko, entah kenapa dia bisa melakukan hal yang cerdas(?) di sketsa pertama. Si Aho Gal juga untungnya bisa jadi karakter tambahan yang menarik.

bukan_randy

That was probably the first intentionally cringey comedy that made me laughed.

Sakura Quest 20

Sakura Quest - 20

Kaptain

That audition was brutal, nggak bisa apa bilang “Yang dipanggil nggak lulus” dari awal atau cuma manggil yang lulus. Mungkin ada yang mempertanyakan kenapa nggak dari dulu aja sekolahnya di alih fungsikan jadi community center, itu karena saya sendiri nggak yakin orang-orang akan tertarik berkontribusi tanpa melihat apa karya yang bisa dihasilkan dan pernah dihasilkan sekolah ini.

Tsuredure Children 7

pasted image 0 (2)

Etherlite

Some of the best stories in this episode, Minagawa teasing Hotaru really cracks me up. Sementara love master berulah lagi & damnit why Takano is so dense (still one of my favorite couple though).

Sakurada Reset 20

pasted image 0 (3)

Etherlite

It was a difficult decision. Stays happily with Souma in that fake world or fight back with Haruki, dimana Haruki-nya sendiri bahkan ga inget dirimu. My concern last week on how Kei supposed to get Haruki to use reset is solved brilliantly. Totally missed the part where Kei handed his favorite book with the picture inside of it to Haruki, & was expecting him trying so hard explaining why she has to trust him, but I was wrong. Kei cukup memanfaatkan kelemahan Haruki sebelum mereka berdua menjadi partner. Next part is the showdown with Urachi Masamune, it better be good.

Youkoso Jitsuryoku Shugisha no Kyoushitsu e 06

pasted image 0 (4)

Etherlite

I get the logic, and they did solve it in a manner that is safer than the other choices, mengingat kalau mereka menang pun Sudo masih akan menerima hukuman, tapi tidak memuaskan. At least they know who’s the ringleader of class C (harusnya Horikita liat waktu ngerebut smartphone Ishizaki). Masalah stalkernya Sakura juga cukup predictable, and on some level, really gross.

Feature hanya dengan add contacts bisa spying lokasi pakai GPS itu sesuatu yang saya sangat tidak mau. Ayanokouji’s past partially explains his attitude, tapi masih ga menjelaskan kenapa dia segitu niatnya membantu Horikita. This series might suits some of you, but I had enough. Hari Rabu saya sudah cukup ramai dengan Sakura Quest & Sakurada Reset.

Gamers! 06

pasted image 0 (5)

Etherlite

Best episode! Can’t stop laughing at those fools thinking too deep into the situation, and on the final step Amano just had to say the wrong line… Tendou juga terpengaruh kata-kata masumi & meresponnya tanpa berpikir. This is gold.

Jigoku Shoujo Yoi no Togi 06

pasted image 0 (6)

Etherlite

The season ends with Michiru taking over as Jigoku Shoujo, dan dari sepotong yang ditunjukkan di akhir episode, mungkin dia melakukannya dengan lebih baik? Tidak seperti Enma Ai yang lebih stoic dan pasif, Michiru tampak memilih orang yang patut dikirim ke neraka & mencoba memberikan konseling bagi orang-orang yang tidak pantas.

Untuk euthanasia, saya sebagai seorang dokter tidak setuju, tapi memang bagi keluarga memang berat. Selain beban pikiran, hakim hanya memutuskan kalau terdakwa harus membiayai perawatan pasien selama 3 tahun kedepan harus ditanggung, artinya Yui telah menanggung biaya perawatan ayahnya selama 2 tahun terakhir. Biaya ruangan saja sudah cukup berat, apalagi ditambah life support machine dan biaya-biaya lainnya. Bagi seorang pegawai di kantin perusahaan itu sangat berat. As for the series, I don’t think this can’t be the end, season 5 maybe?

Made in Abyss 07

Made in Abyss - 07

Kaptain

There you have it. Riko resmi terungkap sebagai protagonis Dark Souls, dan motivasinya untuk pergi ke dasar Abyss bisa dipertanyakan. Aksi Kung Lao Ozen di sini merupakan contoh yang bagus untuk para White Whistle, a messed up people with messed up mindset. Lagipula sangat nggak mungkin untuk seseorang menjadi Raider setua dirinya tanpa mengalami mutasi dan masih bisa waras.

Saya agak khawatir dengan pacingnya. Di satu sisi bila ceritanya akan berakhir di arc Nanachi jatah episodenya terkesan kebanyakan, namun untuk bisa mencapai klimaks dengan Bondrewd pacenya akan sangat diburu-buru.

Action Heroine Cheer Fruits 06

Action Heroine Cheer Fruits - 06

Kaptain

SFX Specialist get. Saya sangat menghargai kru lain sadar hubungan Misaki & Momoi itu lebih kearah kolusi antar perusahaan daripada standard lesbian highschooler. Tambang khas Tokusatsu juga akhirnya nongol di sini.

Fate/Grand Order

salt 1

Etherlite

I admit, this is the first time I use money outside sure SSR gacha, but I get what I wanted (plus Mama & Helena) so I’m satisfied. Won’t use anymore money until… probably Tsukihime/Mahoyo collaboration event.

*Besoknya…*

salt 2

Mohon maaf untuk Signum, jujur saya ngeroll ini iseng karena saya mau satu lagi CE Astolfo supaya bisa LB, tapi keluarnya begini…

NA Server

screenshot_2017-08-20-14-15-57-162

Kaptain

Dapet Emiya & Lancelot dari bakar tiket di Dango Hell. Not going to complain. Translasinya jauh lebih mendingan sekarang. Kalau saja dulu FGO dipasarkan sebagai sekuel dari Carnival Phantasm saya akan main lebih awal.

Well, maybe not. Jatah 50 slot buat gudang dan fakta bahwa di JP dulu kebanyakan Servant saat event ini paling banter di level 50 itu tai banteng banget.

Sekian JOI Spotlight untuk kali ini. Lagu Minggu ini adalah musik terbaru oleh DECO*27 yang di-cover oleh Gero. Ada yang masih mengikuti musik-musik Vocaloid dan/atau utattemita?

Berhubung kita sudah masuk Mid-season, seri apa saja yang masih bertahan kalian tonton ataupun di-drop? Sampaikan lewat kolom komen di bawah.

Header: Redrop