Organisasi Jepang Ingin Melarang Merokok di Balkon

August 23, 2017 6:17 pm
Organisasi Jepang Ingin Melarang Merokok di Balkon

Mendekati Olimpiade 2020 Jepang menetapkan berbagai regulasi agar negara mereka lebih atraktif saat dikunjungi. Salah satunya adalah dengan mengetatkan berbagai regulasi rokok. Hal ini menyebabkan tempat yang aman untuk merokok di Jepang adalah di tempat yang sudah dikhususkan untuk perokok dan di luar gedung. Hanya saja sebuah diskusi atas sebuah regulasi baru nampaknya akan menyebabkan larangan merokok berlaku juga “di luar gedung”

Pada tahun ini, sebuah organisasi bernama “Masyarakat Korban Asap Rokok” dibentuk di Yokohama, organisasi dibentuk untuk melindungi orang-orang yang terpaksa menjadi perokok pasif di lingkungan rumah mereka. Akhir-akhir ini organisasi mencoba untuk mengurangi jumlah “perokok kunang-kunang”, sebutan untuk perokok di balkon yang api rokoknya terlihat seperti kunang-kunang di malam hari.

Yang dipermasalahkan adalah asap rokok dari balkon bangunan dengan lebih dari satu lantai umumnya tersebar ke balkon lain. Di lingkungan apartemen umumnya hal ini dapat membuat warga lain yang bertetangga dengan balkon perokok juga terkena asap. Baju jemuran yang biasa dikeringkan di balkon juga seringkali jadi berbau nikotin.

Mungkin saja untuk kita di Indonesia rasa takut ini terbilang terlalu berlebihan. Namun di Jepang yang jumlah perokoknya terus turun akibat regulasi dan pendidikan dalam bahaya merokok yang lebih intens, pihak yang terganggu oleh perokok semakin vokal dalam menyampaikan ketidaksukaan mereka.

Tentu saja organisasi ini juga paham bahwa melarang orang untuk merokok di balkon yang mereka miliki itu tidak realistis untuk diterapkan. Namun mereka mengharapkan adanya perundangan tingkat nasional atau lokal untuk membuat manajer atau pemilik gedung mengatasi masalah ini bila komplain atas perokok kunang-kunang itu mereka terima.

Sumber: Soranews