10 Komik Bertema Samurai yang Harus Kamu Baca

August 24, 2017 15:25
10 Komik Bertema Samurai yang Harus Kamu Baca

Samurai sudah lama sekali kita kenal dari berbagai macam film, game, dan komik. Hal ini disebabkan karena era samurai dilihat sebagai budaya yang sangat menarik; pertarungan pedang mematikan, petualangan mencari ketenangan sejati, dan lain-lain. Sampai sekarang tema samurai masih sangat terkenal di seluruh dunia untuk berbagai macam hiburan, salah satunya adalah komik. Komik bertema samurai apa saja sih yang menarik? Mari kita lihat beberapa komik tersebut.

1. Shigurui

samurai-list-shigurui

Seorang Samurai bertangan satu dan Samurai buta dengan kaki pincang berduel di hadapan para Daimyo Jepang. Cerita Shigurui berfokus pada bagaimana kedua pria tersebut bertemu dan akhirnya bertarung sampai mati pada duel tersebut.

Shigurui adalah representasi terbaik dalam menampilkan bagaimana sadisnya pertarungan katana dan segila apa orang-orang yang mengambil jalan hidup berpedang. Ini adalah manga yang paling brutal dan sadis dari semua manga yang direkomendasikan di sini, jadi mungkin kebanyakan dari kalian akan susah menikmatinya. Ending ceritanya sendiri sebenarnya cukup divisif di kalangan fans dan kemungkinan besar akan membuat kalian tidak puas, namun itu adalah akhir yang cocok untuk cerita yang dipenuhi tragedi ini.

2. Samurai Deeper Kyo

samurai-list-kyo

Samurai Deeper Kyo bercerita mengenai perjalanan Yuya Shiina, seorang pemburu hadiah yang direpotkan oleh Onime no Kyo, pembantai 1000 nyawa yang memiliki hadiah 1 juta Ryo. Seri ini punya banyak aksi pedang yang keren dan cowok-cowok ganteng, namun tidak berarti seri ini kekurangan fanservice  bagi para kaum Adam. Banyaknya karakter dan lika-liku konflik antar mereka juga menjadi sesuatu yang sangat disukai oleh para penggemarnya. Apakah kamu siap untuk dibawa menjelajahi dunia Samurai Deeper Kyo yang luas?

3. Gintama

samurai-list-gintama

Siapa yang tidak tahu Gintama, serial komedi yang menampilkan samurai “gila” Gintoki dan teman-temannya yang tidak kalah “gila”. Selain komedi, ada beberapa bagian cerita dari Gintama yang serius yang juga tidak kalah bagusnya. Bagi kalian yang ingin adegan komedi dan serius dalam sebuah komik, kalian sangat disarankan untuk membaca komik ini.

4. Rurouni Kenshin (Samurai X)

samurai-list-kenshin

Saya yakin kita semua sangat mengenal serial yang satu ini. Komik yang telah diadaptasi menjadi anime dan live-action epik ini telah mengangkat tema samurai ke perhatian dunia. Bercerita mengenai battousai Kenshin Himura, Samurai X menanamkan arti menjadi seorang samurai tanpa harus membunuh lawan, mengajarkan arti memaafkan dan dimaafkan. Tema ini dapat membuat pembacanya berkembang menjadi seorang pribadi yang baik dan berhati besar.

Buat kalian yang ingin baca komik ini dalam bahasa Indonesia, kalian bisa baca di sini.

5. Yaiba

samurai-list-yaiba

Komik ini dibuat oleh Gosho Aoyama, pengarang Detektif Conan. Mungkin banyak dari kalian yang belum mengenal serial ini karena memang komik ini dirilis pada tahun 1988 dan tamat pada tahun 1993. Cerita dari komik ini sangat enteng dan cocok bagi para pembaca yang tidak ingin membaca komik petualangan samurai yang tidak terlalu berat.

6. Vagabond

samurai-list-vagabond

Manga mingguan dengan kualitas manga bulanan. Sebuah cerita semi fiktif tentang kehidupan Miyamoto Musashi dan Sasaki Kojiro dan bagaimana mereka tumbuh. Setengah tentang pertarungan brutal melawan alam dan manusia, setengah pelajaran filsafat tentang posisi manusia di jagat raya ini. Sayangnya tempo rilisnya itu selambat Berserk jadi kalian harus sangat bersabar untuk melihat akhir dari seri ini.

7. Drifters

samurai-list-drifters

Cerita isekai yang berisikan berbagai tokoh sejarah yang bertarung di dunia fantasi. Samurai dari Perang Genpei dan Perang Boshin ada di sini. Bila kalian penasaran dengan pertarungan antara ksatria Eropa melawan Samurai tergila dari era Sengoku, pesawat Perang Dunia 2 melawan naga, dan berbagai politikus berbahaya menghasilkan kerusakan yang lebih parah ke sebuah dunia baru, manga ini sangat cocok untuk kalian.

8. Gamaran

samurai-list-gamaran

Gamaran adalah sebuah seri samurai yang dimulai pada tahun 2009 tulisan Yousuke Nakamaru dan kini sudah tamat di volume ke-13. Seri ini menceritakan kisah Kurogane Gama yang mengikuti Grand Tournament of Unabara untuk mencari gelar samurai yang terkuat. Musuh-musuh dengan jurus dan gaya bertarung unik pun harus dihadapinya, apakah dia bisa mencapai tujuannya tersebut?

Buat kalian yang ingin baca komik ini dalam bahasa Indonesia, kalian bisa baca di sini.

9. Blade of the Immortal

samurai-list-blade-immortal

Untuk membalaskan dendam atas keluarganya yang dibunuh klan Ittou, gadis bernama Rin menyewa mantan samurai yang tidak bisa mati bernama Manji untuk memburu anggota klan tersebut. Perjalanan balas dendam mereka menjadi lebih kompleks setelah rencana sesungguhnya dari pimpinan klan Ittou terungkap dan satuan khusus yang berpihak dengan shogun. Dendam dan kehormatan adalah dua tema yang terus muncul pada cerita ini, dan manga ini cukup pandai dalam membuat semua karakternya memiliki motivasi yang simpatetik.

10. Shana Ou Yoshitsune

samurai-list-shanaou

Selain Miyamoto Musashi dan Sasaki Kojirou, ada satu orang samurai lain yang sangat terkenal di Jepang yang berasal dari era Perang Genpei. Dia adalah Minamoto no Yoshitsune, dan seri Shana Ou Yoshitsune akan membawamu dalam petualangan sang samurai yang juga merupakan seorang jenderal handal. Kisah Yoshitsune juga kemudian menjadi tragis saat dia harus dikhianati oleh orang terdekatnya. Bagaimana nasib dia selanjutnya?

Bagi yang telah membaca serial pertamanya, kalian bisa baca kelanjutannya yaitu Shana Ou Yoshitsune: Genpei Wars di sini.

Jadi apa saja komik bertema samurai yang telah kalian baca? Apakah yang kalian suka ada di list di atas?

Sumber: MangaMon

Sorry. No data so far.