[Husbando Friday] Mikoto Mikoshiba

August 25, 2017 5:16 pm
[Husbando Friday] Mikoto Mikoshiba

Ciao! Holaaa!! Ketemu lagi di rubrik Husbando Friday yang udah lama (pake ‘banget’) mati suri, hehehe. Kali ini saya ingin membahas bishounen otaku dari manga Gekkan Shoujo Nozaki-kun, yaitu Mikoto Mikoshiba alias Mikorin. Sebenarnya saya tadinya berniat menerbitkan ini di sekitar Valentine’s day, yang bertepatan dengan ulang tahun Mikorin, ですが、し方がありませんでした。ごめんなさい。:’(

Husbando kita yang berambut merah dan dengan tinggi badan 177 cm ini, sangat menyukai warna merah dan pink. Dia tidak sekelas dengan Nozaki-kun atau pun Chiyo-chan, tetapi mereka saling mengenal karena Mikorin adalah asisten Yumeno-sensei alias Nozaki-kun yang bertanggung jawab untuk mengambar bunga dan efek-efek detail lainnya. Baiklah, mari kita bahas sisi positif dan negatif yang dimiliki si manis jembatan Ancol ini.

joi-mikorin-01

+ He’s the literal definition of bishounen

Well, dilihat dari featured picture artikel ini, jelas kan bahwa Mikorin itu benar-benar seorang 美少年 (bishounen: cowok cantik). Memang sih, definisi bishounen sendiri sebenarnya sangat luas, cowok rupawan seperti apa pun termasuk di dalamnya. Baik itu yang gantengnya kebangetan seperti Hideyuki Maya sehingga ngeliatnya aja membuat cewek-cewek otomatis hamil, sampai yang cantiknya keterlaluan dan membuat cowok-cowok mempertanyakan seksualitasnya seperti Hideyoshi Kinoshita dan Saika Totsuka (saya kaget ketika membaca Sai-chan dibahas di Waifu Wednesday, gak salah tempat nih? Hahaha).

joi-mikorin-02

Ada yang gak setuju Mikorin itu bishounen?

Namun, kalau dilihat dari kanji-nya, arti harfiah dari bishounen itu sendiri adalah cowok cantik. Nah Mikorin, dengan rambut merah menyalanya, kulit putih mulusnya, badan kurusnya, bulumata lentiknya, dan aura bling-bling yang pinkish, membuat dia masuk ke kategori cantik. Namun, tidak seperti Hideyoshi-hime atau Sai-chan yang sudah tidak bisa saya anggap laki-laki lagi, dengan jelas kita tahu bahwa Mikorin itu seorang pria. Karena itulah, Mikorin pas banget menyandang title bishounen.

+ Smooth talker tetapi aslinya pemalu

Orang bilang kelemahan laki-laki ada di mata, tetapi kelemahan perempuan ada di telinga. Karena itulah salah satu cara ampuh untuk memenangkan hati para perempuan adalah dengan menggunakan kata-kata manis, ditambah sedikit sanjungan, dilengkapi dengan suara yang dalam, agak serak, dan seksi (makanya BLCD laris kan).

Mikorin, sebagai pangeran nomor dua di SMA Roman, terkenal karena dia seorang smooth talker handal. Kata-kata manisnya yang sarat pujian, dan terkadang ditambah dengan kata-kata intim penuh godaan dan kedipan manis di mata, sering membuat siswi-siswi menjerit-jerit. Sayang, kemampuannya itu sama sekali tidak sebanding dengan pangeran nomor satu, Kashima-kun.

joi-mikorin-03

“Apakah kalian ingin sekalian aku lahap?” wink wink

Namun, dibalik lip-service-nya yang terkesan profesional itu, sebenarnya Mikorin adalah seorang pemalu yang bahkan malu dengan kata-kata yang dia keluarkan dari mulutnya sendiri. Sudah menjadi santapan sehari-hari bagi Nozaki-kun dan Chiyo-chan melihat Mikorin yang langsung memerah wajahnya dan meminta pertolongan mereka tepat setelah bermulut manis.

joi-mikorin-04

Tapi jujur, justru ini merupakan nilai tambah Mikorin lho di mata saya. Imut!

+ Jago gambar

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, Mikorin adalah asisten Nozaki-kun yang merupakan seorang mangaka shoujo. Di dalam shoujo manga, sering sekali kita menemukan bahwa suasana adegan di dalamnya diperjelas dan diperkuat dengan bunga-bunga, kelap-kelip, renda, dan efek detail lainnya. Di sinilah keahlian Mikorin diperbantukan untuk Nozaki-kun.

joi-mikorin-05

See, Suzuki-kun jadi tambah keren 100x lipat, mangaka-nya sendiri aja sampe terpana

Tidak hanya bisa menggambar bunga, Mikorin juga fasih berbahasa bunga. Jadi, dia bisa menyesuaikan bunga apa yang akan dia gambar di adegan yang tepat. Waaah, sebagai orang yang tidak bisa menggambar sama sekali seperti saya, kemampuan mendetail seperti ini benar-benar nilai tambah lho.

+ Stylish otaku

Ada dua poin penting di sini, stylish dan otaku. Kita bahas dari sisi otaku­-nya dulu ya.

Mikorin ini otaku kelas berat, dia bahkan menganggap orang yang hanya membaca shounen manga populer tidak selevel dengan dirinya. Bahkan keahlian dia yang paling dia banggakan adalah kemampuannya menaklukkan karakter-karakter di visual novel. Eits, kemampuannya bukan hanya sanggup digunakan untuk tokoh perempuan di game yang harem lho, melainkan juga sanggup membuat ikemen bertekuk lutut. Jadi, bagi yang hobi bermain otoge, Mikorin asyik diajak ngobrol.

joi-mikorin-06

女子力が高い!!! (Joshiryoku ga takai!!!: His girl power is so high!!!)

Poin kedua, stylish. Sepanjang pengalaman saya tinggal di Jepang dan Indonesia, otaku perempuan yang saya kenal tetap menjaga penampilan mereka. Jadi, sudah hal biasa melihat gadis-gadis kawaii yang ternyata fujoshi dan setiap pekan pergi ke BL corner di Animate sambil cekikikan. Sayangnya, tidak demikian dengan otaku laki-laki, yang biasanya di-stereotype-kan dengan berkacamata tebal, headband, dan kalau di Indonesia ditambahkan dengan dengan ciri khas ‘makan nasi kecap’. Saya tahu, tidak semua otaku laki-laki seperti itu, karena di Animate saya terkadang bertemu otaku laki-laki yang tampan dan manis (terutama fudanshi), tetapi seperti itulah image yang diberikan masyarakat ke otaku laki-laki, terutama masyarakat Jepang.

Namun, Mikorin berbeda. Sekalipun otaku dan belum pernah punya pacar, dia memiliki sense berpakaian yang oke. Bahkan, di antara semua tokoh utama laki-laki di GSNK, dia lah yang paling modis. Sangat menyenangkan kan punya husbando ganteng, modis, dan bisa diajak nge-date ke event-event otaku.

joi-mikorin-07

Mikorin itu cool rock-style banget, siapa sangka dia hobi mengoleksi figure berbikini dengan melon-pai (melon oppai)

Tsundere labil

Sebenarnya saya bingung harus memasukkan karakteristik ini ke bagian positif atau negatif, karena jujur saya justru senang melihat ke-tsundere-an Mikorin. Namun, karena secara umum sifat panas-dingin seperti itu sebenarnya merepotkan, saya memutuskan untuk memasukkannya ke bagian negatif.

joi-mikorin-08

Imut sih… tapi Chiyo-chan suka sebel sama sifat labilnya itu, hahaha

Mungkin di antara semua tokoh GSNK, sang tokoh utama Nozaki-kun lah yang paling memahami dan paling bisa menerjemahkan keababilan Mikorin. Saking mengertinya dia, Nozaki-kun menjadikannya bahan acuan Mamiko, sang tokoh utama manga karangannya. Sepertinya Nozaki-kun sependapat dengan saya, ke-tsundere-an Mikorin itu manis.

He is actually a waifu(?)

Cantik… check. Theme color-nya merah dan pink… check. Mengerti tentang bunga dan renda… check. Jago menaklukkan hati cowok jenis apapun… check. Tsundere tapi manis… check. Jadi heroine shoujo mangacheck. Well, saya jadi tidak yakin Mikorin cocok dipanggil husbando…….

joi-mikorin-09

Mikorin… would you be my waifu…?

Seperti yang saya bilang sebelumnya, Mikorin memiliki joshiryoku yang terlalu tinggi. Tentu saja dia memiliki husbando material yang cukup banyak, tetapi waifu material-nya jauh lebih banyak. Jadi, my dear Mikorin, it is better for you to look for a high quality seme, misalnya……. Mayu Nozaki.

joi-mikorin-10

Mayu-kun masih SMP udah ganteng

Well, mungkin pembaca JOI berpikir MayuMiko is just fujoshi’s crazy idea, tetapi ide kami sebenarnya didukung oleh fakta-fakta penting dan analisis yang logis. Pertama, Tsubaki-sensei mengatakan bahwa sebenarnya Mayu-kun direncanakan sebagai adik perempuan Nozaki-kun dan akan dipasangkan dengan Mikorin, dengan desain sifat (pemalas, jago judo, dll) yang sama persis dengan Mayu-kun yang sekarang. Namun, setelah mempertimbangkan bahwa Mikorin sangat sulit untuk bisa mengobrol dengan perempuan, maka Sensei mengubahnya menjadi laki-laki agar Mikorin lebih mudah akrab dengannya. Berarti, sejak awal Sensei sendiri pun memang memasangkan mereka, Mayu-kun ada untuk Mikorin.

joi-mikorin-11

Begini nih calon ‘istri’ Mikorin, yang akhirnya malah berubah jadi ‘suami’

Kedua, desain hubungan MayuMiko sangat mirip dengan kisah cinta tiga pasangan lainnya. Seperti halnya Nozaki-kun×Chiyo-chan dengan kisah pita Mamiko-nya, Hori-senpai×Kashima-kun dengan foto kaki idamannya, serta Wakamatsu×Seo dengan suara indah Lorelei-nya. Ketiga pasangan tersebut terikat suatu benang merah yang tidak mereka ketahui, dan mereka tanpa disadari sudah saling ‘menyukai’. Begitu pun MayuMiko, yang masing-masing berusaha PDKT lewat blog dan e-mail dan keduanya nge-hode dengan nama MayuMayu dan Mamiko.

joi-mikorin-12

Dan mereka akhirnya berkiriman e-mail sampai pagi… hmm hmmm, jodoh emang gak kemana ya jeung

Selain itu, ketiga couple utama di GSNK terkenal karena selalu terlibat suatu komedi yang membuat salah paham. MayuMiko pun begitu, karena dengan gagahnya Mayu-kun berani melindungi sang tuan pangeran dari cengkraman para nenek sihir centil.

joi-mikorin-13

MayuMiko shippers di seluruh dunia bahagia saat chapter ini terbit, saya apalagi

Ketiga, jika Mayu muncul di suatu chapter, Mikorin pasti muncul juga. Mungkin saya salah, tetapi sepanjang pengetahuan saya, belum pernah Mayu-kun muncul tanpa Mikorin. Bahkan di chapter bulan lalu di Gangan Online Magazine, Mayu-kun mengirimkan ilustrasi judo seperti biasa untuk Mikorin dengan tulisan, “Untuk Mamiko-san, tesnya pasti sulit. Selamat berjuang ya…! MayuMayu.”

joi-mikorin-14

Bahkan di merchandise pun MayuMiko kampir selalu berpasangan, sayangnya saya kehabisan pin official edisi spesial comiket, padahal gambarnya Mikorin sedang mengunjungi comiket ditemani Mayu-kun

Dan alasan yang terakhir, Square Enix tahun lalu meluncurkan official limited edition dakimakura untuk GSNK, dan ternyata dakimakura tersebut bergambar Mikorin di sisi depan dan Mayu-kun di sisi belakang dengan pose superrrr sekseh. Jadi, bukti apa lagi yang kau dustakan…

joi-mikorin-15

Ini dakimakura sempat masuk Yahoo Auction dengan harga seratus ribu yen… ugh gambarnya… pingin pegang…

Sebenarnya ada analisis lebih mendetail lagi tentang MayuMiko, tetapi saya rasa lebih baik saya tangguhkan dulu. Bisa-bisa ini artikel kepanjangan. Hehehehe.

Skor akhir: B

Hmmm, sebenarnya saya tak tega memberikan nilai segini untuk my cinnamonroll berambut semerah mawar ini. Namun, mempertimbangkan bahwa saya harus menilai secara objektif, apalagi Mikorin lebih pantas menjadi heroine dibanding menjadi husbando, maka dengan berat hati saya berikan B. Andaikan saya memberi nilai tentang betapa uke-nya Mikorin, saya pasti memberikan A+.

joi-mikorin-16

Ini doujinshi karya Torikichi-sensei, astaga, bagus banget, apalagi yang kanan, R18 bo, di situ Mayu-kun kerennya bikin saya mabok dan jerit-jerit,  kekekekekekek

Jangan lupa, jika kalian sangat menyukai serial Gekkan Shoujo Nozaki-kun dan kalian memiliki kesempatan baik secara finansial maupun spasial, dukunglah Izumi Tsubaki-sensei dengan cara membeli manga resminya. Sudah diterbitkan di penerbit lokal lho, jadi harganya murah dan berbahasa Indonesia.

Oke deh, sampai ketemu lagi ya 😉