[JOI Spotlight] Higher on The Street Edition

August 27, 2017 17:47
[JOI Spotlight] Higher on The Street Edition

Selamat datang di JOI Spotlight terakhir untuk bulan Agustus ini. Dimana kebanyakan seri sudah mulai memasuki klimaksnya berhubung blok anime musim gugur tinggal sebulan lagi. Seperti biasa kami akan memberikan berbagai impresi untuk berbagai seri yang kami konsumsi pada seminggu terakhir.

Princess Principal 07

Princess Principal - 07

Udah “kami” servis. Can’t have an episode without Betty being dunked on

Kaptain

Dimana Charlotte berhasil menciptakan proses Kaizen/Lean lebih awal. Episode ini kesannya seperti OVA spesial dimana sekelompok karakter yang “serius” harus melakukan hal “goblok” seperti “buka maid cafe” atau “pergi ke onsen” untuk menjalankan misi, dan bukan karena cerita butuh adegan fanservice, suwer.

Untungnya “Laundromart simulator 1900” ini cukup menarik dan nggak terlalu ngehancurin suspension of disbelief. Para staf laundry juga walaupun perannya minor diberikan banyak kepribadian lewat desain dan reaksi mereka.

Untuk kejahatan perang di timeline ini Hague harusnya lebih tepat, Konvensi Jenewa masih baru diratifikasi beberapa dekade lagi. Tapi kalau dipikir lagi, teknologi anti-gravitasi & kapal terbang kemungkinan besar bakal lebih cepat ngehasilin lebih banyak regulasi tentang kejahatan perang.

bukan_randy

Kalau dua episode sebelumnya itu “filler dengan bumbu backstory,” yang satu ini benar-benar murni filler, di mana para agen mengerjakan satu misi yang jauh lebih ceria dari misi-misi sebelumnya. Tidak banyak yang terjadi selain callback ke episode sebelumnya yang nggak penting-penting amat (kecuali si penagih hutang bakalan muncul lagi), tapi untungnya episode ini masih bisa cukup menarik dengan karakter-karakter sampingan yang sederhana tapi menghibur.

Ballroom e Youkoso 07-08

Ballroom e Youkoso - 07

Kaptain

Di manga sendiri ini adalah titik dimana saya akhirnya “ngerti” dengan ceritanya, Hyodou & Gaju memang di-hype sebagai rival, namun rival sebenarnya Tatara adalah Shizuku. Tatara nggak mungkin menang karena koreografi miliknya terlalu “mahal” dan tubuhnya sendiri masih belum punya cukup stamina untuk terus menggunakannya. Begitu juga dengan Mako yang terlalu pasif sehingga penari yang agresif seperti Gaju frustrasi menari dengannya.

Endingnya naik level lagi, Tatara & Mako udah nggak sekedar melakukan Box. Metode penjurian juga dijelaskan lebih lanjut, cuma saya nggak inget jurinya pake tablet. Kecuali saya salah paham, di manga penjurian masih manual pake notes.

Aho Girl 08

Aho Girl - 08

Kaptain

Untuk seseorang yang punya gelar “Cewek Goblok”, Yoshiko jenius banget untuk soal roman.

bukan_randy

Yoshiko entah kenapa sangat pintar soal romantika, meski juga sangat kelewat antusias dan brengsek kalau terlibat romantika orang lain.

Tsuredure Children 08

pasted image 0

Etherlite

Katori-senpai & Kazuko s already on the verge of cringe-ness & stupidity. I don’t know what to say, but I do enjoy it a lot.

New Game!! 07

pasted image 0 (1)

Etherlite

New faces ditambah Nenecchi kembali ke Eagle Jump. To be honest, I don’t quite like thise new faces. Ditambah Hifumin pindah ke cubiclenya Kou artinya bakal dapet lebih sedikit screentime. Saya juga lebih suka ending theme yang sebelumnya.

Sakurada Reset 21

pasted image 0 (2)

Etherlite

Wait, bukannya waktu besoknya Kei ditanya apakah Kei masih punya one of ‘those photos’, dia bilang sudah ga ada lagi ya? Ditambah ini foto yang dipakai untuk narik ‘Souma Sumire’ balik lagi. Kenapa masih ada satu lagi? Anyone got an idea?

Splendid move by Kei untung menyelamatkan Souma dari Urachi Masamune, dan seperti yang sudah diduga, tempat teraman bagi Souma (or at least, selama rencana Urachi masih berlanjut) adalah diluar Sakurada. Sementara itu, satu-satunya cara bagi Kei untuk mengalahkan Urachi yang bisa terus menerus membuat insiden diluar prediksi 1st Witch demi menghapus ablities dari Sakurada sepertinya hanya dengan ikut serta dalam rapat bureau.

Sakura Quest 21

Sakura Quest - 21

Kaptain

Goddamnit Yoshino ini udah episode 21, yes the whole thing need to change, udah gitu mayoritas warga juga gak ada yang protes, nggak usah bimbang lagi. Arc kali ini kesannya kayak end season crisis yang tiba-tiba nongol karena ceritanya butuh konflik akhir, we all know how it’s going to be solved.

Gundam Build Fighters: GM’s Counterattack

GM Counterattack 01

Oh Suicide Bikini Squad, your dumbness are legendary.

Kaptain

Nggak sebaik Battlelogue kemarin, namun tentunya masih jauh lebih baik dari keseluruhan Try. Plotline Gundam Mafia kemarin akhirnya ditutup di sini, berhubung si Chairman dulu ternyata karakter Isekai, apa ini berarti si bosnya juga sama-sama kelempar ke Build Fighter-verse?

bukan_randy

Bakalan jadi lebih bagus kalau seandainya ini dijadikan 2-3 episode karena tiap battle dari total 6 battle yang ada dalam satu episode ini terasa sangat singkat dan tidak unik. Bahkan unit-unit baru seperti Star Burning Strike dan Ninpulse Gundam tidak memiliki ciri khas unik selain “it can punch really hard” dan “Nils is still on his weaboo phase”.

Setidaknya kembalinya para karakter dari s1 Build Fighters menjadi hiburan yang cukup dan masih lebih bagus daripada Try dan terutama Island Wars, dan cameo bikini squad girl dari V Gundam cukup untuk ngebuat saya ngakak lepas.

It still doesn’t explain why Sei puts Build Burning inside a Dom inside a trophy at school though.

Kakegurui 07

Kakegurui - 07

Kaptain

Dengan ini alasan saya nonton anime-nya sudah terpenuhi, triknya mungkin gampang kalian tebak tapi alasan dari trik itu mungkin sulit diantisipasi. Mungkin saya akan kembali lagi bila anime-nya sampai ke poin dimana “Jari” harus dipertaruhkan.

Ya. Saya ngaku cuma doyan anime ini saat ada Midari aja.

Made in Abyss 08

Made in Abyss - 08

Kaptain

Milih untuk matahin tulang belakang dibandingkan dengan nyari meja baru itu sebuah rekor dalam kemalasan. Dengan ini 4 episode kedepan akan habis buat Nanachi dan mungkin perkenalan Bondrewd.

Lyza is an awful mother, manusia yang menolak mencintai anaknya sendiri karena itu akan membuat dia menghindari Abyss itu messed up banget, tapi cukup masuk akal melihat “agama” tempat ini. Then again semua orang yang jadi White Whistle itu nggak ada yang waras.

Gamers 07

pasted image 0 (3)

Etherlite

Finally the main heroine doing what main heroine is doing. Meskipun begitu mereka masih merasa kalau the other party is hardly interested in them. Lalu saya masih tidak percaya alasan mengapa Chiaki ada disana, could it be… subconscious tsundere?

Fate/Grand Order

Screenshot_20170827-152706

Etherlite

Nothing much this week, summer event sudah mendekati akhir dan semua material di shop sudah diambil (kecuali piece & monument). Yang bisa dilakukan sekarang hanya leveling. It was a nice summer based on the amount of servants I get, but it was subpar in terms of story. Ada interludes tambahan untuk buff Illya & Kuro, a refreshing funny short story, tapi saya sendiri belum sempat coba seberapa signifikan buff yang diberikan.

Sekian untuk JOI Spotlight minggu ini, lagu kali ini adalah “Unknown Mother-Goose” karya Wowaka, yang sudah lama tidak mengeluarkan lagu.

Sebagai penutup, berhubung demonya sudah dirilis di Steam dan jadi gambar header, saya cuma bisa bilang demonya bebas spoiler jadi aman dikonsumsi untuk kalian yang alergi spoiler. Ada juga berbagai bonus seperti event, skill, dan koin tambahan bila kalian membuka save demonya di game versi utuhnya nanti.