[JOI Spotlight] Desire Sensor Edition

September 4, 2017 16:52
[JOI Spotlight] Desire Sensor Edition

Maaf JOI Spotlight terlambat dari biasanya karena kebanyakan staf tidak di posisi karena Comifuro dan Lebaran Idul Adha, saya sendiri masih nge-purge Pempek, es krim, gulai, dan cuka dari pencernaan saya. di JOI Spotlight yang agak telat ini kami akan kembali memberikan impresi untuk berbagai seri yang sudah tayang pada seminggu terakhir ini.

Action Heroine Cheer Fruits 07-08

cheer fruit 08

Kaptain

“Kena writers block, saatnya onsen dan pantai” – Saat dimana karakter dan penulis bisa sejalan pemikirannya. Udah susah-susah buah konten tapi ada orang lain yang lebih dulu buat produk yang mirip itu mimpi buruk kreator manapun.

Acara selanjutnya yang melibatkan timing adegan yang nggak kenal ampun itu resep buat bencana, saya akan kaget bila di episode selanjutnya acara berjalan lancar.

Princess Principal 08

Princess Principal - 08

Real subtle there 3hz

Kaptain

Detil lebih lanjut dari sesuatu yang sudah lama kita ketahui. Kurang lebih menjelaskan bagaimana Ange & Charlotte hidup sebelumnya, dan dialog keduanya di episode 2 dulu sekarang jelas merupakan kode dari interaksi mereka saat kecil. Kedua gadis “palsu” ini sekarang menjadi versi ideal dari mimpi mereka berdua, sebuah putri dengan ambisi dan agen yang sangat kompeten.

bukan_randy

Sekarang semua backstory para karakter utama sudah lengkap di episode yang membahas backstory Ange & Charlotte ini. Backstory-nya sendiri cukup singkat dan tidak menambahkan banyak dari yang sudah diimplikasikan di episode-episode sebelumnya, tapi untungnya diselipkan di tengah cerita ketimbang menjadi satu episode sendiri. Bagusnya juga, backstory ini memberikan konteks dan juga character depth bagi “princess Charlotte” yang terlihat plain di beberapa episode terakhir.

Tentunya backstory Ange sendiri masih belum semuanya dibahas. Mungkin nanti akan ada episode yang menunjukkan bagaimana dia bisa menjadi spy, kebiasaannya menyebut planet kadal hitam, dan bagaimana dia mendapatkan cavorite ball.

8 episodes in and things are still great. Sudah melewati episode ketika Kabaneri dirusak dengan kehadiran Biba. But then again, Kabaneri itu 1 cour sementara Princess Principal itu 2 cour sih.

Aho Girl 09

Aho Girl - 09

bukan_randy

Sayaka maji tenshi… seenggaknya sebelum akhir episodenya.

Kaptain

Aho Girl: Contains much better gal than Hajimete no Gal

New Game 08

pasted image 0

Etherlite

Good job, Hazuki! Episode kali ini berfokus kepada Momiji yang masih kesulitan bersosialisasi, still not likable, tapi saya sedikit bersimpati dengannya yang harus menghemat uang dengan home made lunch & makanan serba murah, all-beansprout meal is really something.

Tsuredure Children 09

pasted image 0 (1)

Etherlite

Saya paham kalau poin terbaik seri ini bukan dari artnya, tapi rasanya episode ini terasa makin rendah kualitasnya? As for the story, it’s getting repetitive. Mungkin lebih baik kalau mereka membuka jalan cerita beberapa pasangan lain seperti Miss Wabisabi & Patty untuk memberikan variasi lebih.

Gamers! 08

pasted image 0 (2)

Etherlite

Sempat meh karena 2 kesalahpahaman mendadak terpecahkan dalam waktu singkat, tapi kenyataannya masih membuat masalah baru, terutama dengan Chiaki. Nyorooon~

P.s. adeknya Chiaki rata tapi imut juga.

Sakurada Reset 22

pasted image 0 (3)

Etherlite

Too sloppy, seperti kata Kei: Bagaimana bisa Souma Sumire kalah dari orang yang banyak melakukan kesalahan kecil seperti ini? Kei bisa membuat Oka Eri, salah seorang ability user yang tadinya bekerja untuk Urachi berpindah ke sisinya. Mengapa dia tidak mengira kalau ada orang lain, terutama seseorang se-berbahaya Ukawa Sasane bisa ada di sisi Kei?

Meskipun Kei tidak sepenuhnya merekrut Ukawa. Urachi Masamune terlalu percaya diri dengan rencananya, dia sama sekali tidak bertanya hal-hal yang mungkin bisa membuatnya dalam posisi yang tersudutkan, padahal Kei tidak bisa berbohong karena ada Sakuin. Sekarang Urachi terpisah dari dua orang senjatanya, what can he do? What will Kei do? One thing for sure, Ukawa Sasane’s power is so damn fun!

Sakura Quest 22

sakura quest 22

Kaptain

Dengan ini semua quest item terkumpul. Akhir dari konfliknya memang gampang ditebak, namun saya sangat menghargai aksi dari si adik dan toko tradisional lainnya. Dengan ini yang perlu dilakukan adalah menggunakan semua aset yang sudah terkumpul selama masa tayangnya dan memastikan festivalnya sukses.

Ballroom e Youkoso 09

ballroom 09

Ever danced so hard you summon a NP?

Kaptain

Final Tenpei Cup. Dansa satu menit yang menghabiskan 20 menit, that got to be a record. Sayangnya banyak padding dari penggunaan flashback dan gambar statis. Yang jelas target dari “Bikin Mako the greatest girl in the contest” bisa dicapai, sampai-sampai di lagu ending-nya cuma dia sendiri yang keliatan nari.

Melihat pace cerita sejauh ini, kayaknya sebelum cour ini berakhir Tatara bakal lulus SMA dan bertemu dengan heroine sebenarnya.

Kancolle Movie

Poi!

Etherlite

Saya tahu saya telat, tapi karena sedang mengabdi untuk bangsa dan negara di tempat terpencil jadi harus menunggu rilis blu-ray baru bisa nonton (dapat internet saja sudah syukur). Sebagai mantan teitoku saya cukup senang melihat para kanmusu & fairy yang dianimasikan dengan baik oleh diomedia, tapi memang dari segi cerita agak kurang. Apalagi bukannya final battle yang epic malah ditutup dengan Fubuki accepting her dark side trus kelar. Much anticlimactic. At least kita dapat kepastian kalau abyssal fleet itu kanmusu yang berpindah ke Sith tenggelam, namun pastinya ada titik awalnya. Mungkin itu akan jadi titik pembahasan di season 2?

Made in Abyss 09

Made in Abyss - 09

Kaptain

Original Content. Kurang lebih penceritaan lebih detil dari ekspedisi layer ketiga. Goddamnit Riko, nahan laper 2 jam aja ga bisa apa? Dari “ilusi” yang dilihat Riko, mungkin bisa dipahami juga kenapa kebanyakan Raider di level ini kurang waras. Menolak semua “mimpi” yang diberikan Abyss jelas-jelas bisa membuat orang jadi kurang waras.

Berhubung episode 13 nanti satu jam penuh, saya lebih optimis dengan bagaimana pertarungan terakhirnya nanti dilakukan.

Kamen Rider Build 01

joispkrb1

bukan_randy

Akhirnya saya nonton Kamen Rider lagi setelah cukup lama tidak mengikuti seri-serinya.

Di luar dugaan, episode 1 dari Build jauh lebih menarik ketimbang seri-seri sebelumnya. Setting ceritanya jauh lebih niat dengan skala besar di mana Jepang terbagi menjadi tiga bagian akibat kemunculan tembok misterius yang muncul berkat kotak misterius yang dibawa kembali dari Mars yang dimanai Pandora Box. Tiga sisi Jepang yang terpisah ini kemudian memiliki pemerintahan masing-masing, dan pemerintahan Touto (East Capital) yang menjadi setting cerita Build saat ini juga memiliki pasukan keamanan/militernya sendiri yang dinamai Guardian.

Dari awal, seri ini langsung menaruh banyak misteri jangka panjang ketimbang berlalulantang sekedar mengikuti format monster-of-the-week saja seperti kebanyakan seri KR lainnya. Sang tokoh utama, Sento, tidak ingat akan masa lalunya; tapi cerita Build dimulai setelah Sento sudah aktif menjadi Kamen Rider Build. Meski penampilan Sento sekilas terlihat lemah gemulai, Sento justru bertolak belakang cukup jauh dari beberapa Rider loyo seperti Ghost atau Kiva. Ia sangat proaktif dalam menangani masalah dan bahkan bisa dibilang suka “ngajak berantem”. Bahkan ketika ia disuruh mengejar seorang buronan (manusia), ia tanpa ragu langsung mengeluarkan pistolnya dan langsung menembak orang yang dia kejar.

Sayangnya hal-hal yang saya kurang suka dari Build justru muncul setelah ia berubah. Pertama-tama, gerakan memutar valve saat sedang henshin atau mengeluarkan jurusnya itu sangat tidak keren. Gimmick “ubah sebagian form untuk fungsi yang berbeda” juga sudah banyak dilakukan di seri Rider lain dan tidak tampak unik. Lalu Rider Kick-nya… duh Toei. Memang Sento itu ceritanya adalah ahli fisika, tapi ya masa Build entah bagaimana caranya bisa memanggil rumus matematika dan kurva yang menahan musuhnya sebelum menggunakan kurvanya digunakan sebagai perosotan sebelum menendang? Wha?

Overall, it’s a very great start. Saya sangat tertarik untuk terus menonton kelanjutannya. Menariknya, Build juga menampilkan banyak tribute ke Rider-Rider era Showa, seperti tokoh utama yang berasal sebagai hasil percobaan organisasi musuh, benda berputar di belt-nya, dan markas rahasianya ada di sebuah kafe.

Comifuro 9

Signum

Secara general, saya acungi jempol bagi penyelenggara untuk berani menggunakan Balai Kartini sebagai venue kali ini, karena lebih mudah dicapai dibandingkan dengan venue sebelumnya di Kemayoran. Acara juga cukup baik, ada ratusan circle yang dapat kamu lihat serta ribuan barang yang kamu pilih, saya harap para penggiat industri kreatif acara ini puas dengan acaranya.

Bila ada satu komplain saya, adalah baru kali ini saya merasa super pengap dan panas di Balai Kartini. Saya sudah sering sekali keluar masuk Balai Kartini baik sebagai peserta fair maupun pengunjung selama 7 tahun belakangan ini, saya tahu bagaimana panasnya venue tersebut tanpa AC maupun saat menjadi sarden bersama ribuan pengunjung lain saat acara Toys Fair yang mendatangkan 30.000 pengunjung membuat Balai Kartini agak memanas. Semoga di acara berikutnya ventilasi dan perputaran udara bisa dilaksanakan dengan lebih baik dan tidak jadi ada ‘awan lokal’ di dalam Balai kartini.

Juga siapa yang jualan/bawa-bawa Pop Mie ke Balai kartini? Gile lu ndro panas-panas begitu makan Pop Mie dalam Balai Kartini.

Lagu minggu ini adalah lagu yang harusnya dipasang minggu lalu mengingat edisinya sudah pas tapi kita semua entah kenapa lupa, cover dari musik Initial D oleh youtuber Tsuko G., “Deja Vu”.

Sekian JOI Spotlight yang agak telat kali ini, saya berharap header diatas belum terlalu basi. Nggak ada asupan garam untuk minggu ini berhubung saya sendiri masih nabung buat Okeanos dan nggak tertarik sama Mas Emas.

Header: Burgundy Baron