Pengarang ‘Saiki Kusuo no Psi-Nan’ Akhirnya Mendapat Kepastian Tentang Royaltinya Setelah Komplain di Twitter

September 6, 2017 10:17 am
Pengarang ‘Saiki Kusuo no Psi-Nan’ Akhirnya Mendapat Kepastian Tentang Royaltinya Setelah Komplain di Twitter

Kemarin pengarang Saiki Kusuo no Psi-Nan”, Shuichi Aso; sempat curhat soal royalti dari karyanya yang belum kunjung datang. Tweet tersebut dihapus setelah Aso merasa dirinya merepotkan staf anime, merchandise, dan live-action dengan gerutuannya ini.

Namun berkat curhatan yang menjadi populer tersebut, dia akhirnya mendapat informasi lebih lanjut mengenai royalti miliknya. Hal ini disampaikan lewat tweet berikut:


“Soal Tweet kemarin, penanggung jawabnya datang dan bilang “Kamu pasti dapat royalti,” jadi Tweey kuhapus. Agaknya pembayaran seterlambat ini cukup langka, namun ini bukan berarti aku nggak dapat royalti. Cuma seram saja kalau tidak dapat penjelasan…”

Nampaknya situasi Aso diakibatkan oleh komunikasi yang kurang baik. Mendapat jawaban bahwa “Royaltinya masih diproses” itu jauh lebih baik daripada tidak mendapat jawaban sama sekali. Menuntut royalti memang dirasa kurang sopan, namun sebagai kreator itu sudah haknya.

Sekedar info saja, manga Saiki Kusuo no Psi-Nan terbit pada 2012, anime pendeknya tayang pada 2013, dan seri anime TV tayang 2016 kemarin bersamaan dengan kebanyakan merchandise. Setelah menunggu hampir setahun dari anime-nya, cukup bisa dipahami kenapa Aso khawatir dengan royaltinya.

Sumber: ANN