Game Kuil Moe ‘Yashiro Nihoeto’ Ditutup Tanpa Sempat Diluncurkan untuk Publik

September 11, 2017 6:44 pm
Game Kuil Moe ‘Yashiro Nihoeto’ Ditutup Tanpa Sempat Diluncurkan untuk Publik

Rasanya mendengar berita kalau sebuah game yang mengubah benda sehari-hari untuk tutup sudah tidak aneh lagi, karena memang spesimennya pun sudah cukup banyak. Karena kesuksesan Kantai Collection yang mengubah kapal perang menjadi gadis-gadis imut, sepertinya banyak developer lain yang ingin menumpang kesuksesan tersebut, namun tidak semua berhasil.

Mari kita ambil contoh game Monster Musume, yang anime-nya bisa dikatakan cukup berhasil dalam mengumpulkan penggemar. Namun setelah satu tahun, gamenya tidak bisa bertahan dan akhirnya pun harus tutup. Ada juga game tentang jamur moe yang juga terpaksa hilang dari peredaran setelah berjalan. Namun game yang kali ini bahkan tidak sempat rilis tapi sudah dihentikan proyeknya.

JOI - yashiro nihoeto tutup tanpa rilis (2)

Masih ingat tentang game Yashiro Nihoeto? Game yang mengubah kuil-kuil Shinto di Jepang menjadi gadis-gadis moe yang sempat menuai kontroversi di antara orang Jepang? Ya, ternyata game tersebut kembali mengundang kontroversi karena mereka tidak jadi rilis, bahkan langsung dihentikan proyeknya. Padahal di situs DMM sendiri, game ini tertulis sudah berhasil mengumpulkan 10.000 calon pemain.

Dalam pengumuman di situs DMM, para developer meminta maaf bagi mereka yang sudah menunggu-nunggu rilisnya game ini. Dalam pengumuman tersebut, DMM mengungkapkan kalau sejak diumumkan di tangal 15 Maret lalu, para developer telah memikirkan kestabilan dari game ini. Karena mereka tidak yakin bisa memberikan kualitas game yang terbaik, maka mereka terpaksa menghentikan pengembangan dari game tersebut dan membatalkan semua benefit dari para pemain yang melakukan pre-registration.

JOI - yashiro nihoeto tutup tanpa rilis (3)

Sebagai tambahan, data diri mereka yang sudah mendaftar untuk pre-registrasi game ini juga sudah dihapus oleh pihak DMM.

Sayang juga rasanya melihat game ini sudah tutup sebelum rilis, karena dari tampak awal gambarnya pun cukup menarik dan proyeknya pun ambisius. Di antara jajaran seiyuu yang diumumkan ada nama Nana Mizuki dan Sakura Tange. Sayang rasanya bila game ini harus dihentikan tanpa alasan yang kuat. Walaupun mungkin, saya rasa mereka takut juga untuk menyentuh perihal agama yang cukup sensitif ini.

JOI - yashiro nihoeto tutup tanpa rilis (4)

DMM juga sudah menghapus beberapa resource untuk game ini termasuk PV dan juga akun Twitter resminya.