Nintendo Direct September 2017 Berfokus ke ‘Pokemon Ultra Sun & Ultra Moon,’ ‘Xenoblade Chronicles 2,’ ‘Project Octopath Traveler,’ ‘Super Mario Odyssey’

September 14, 2017 6:30 pm
Nintendo Direct September 2017 Berfokus ke ‘Pokemon Ultra Sun & Ultra Moon,’ ‘Xenoblade Chronicles 2,’ ‘Project Octopath Traveler,’ ‘Super Mario Odyssey’

Pada pagi ini, Nintendo mengungkapkan banyak informasi seputar game-game yang akan rilis untuk Nintendo 3DS dan Nintendo Switch dalam Nintendo Direct. Presentasinya berfokus pada game yang akan rilis dalam waktu beberapa bulan ke depan.

Pokemon Ultra Sun & Ultra Moon

Pokemon misterius yang tampil dalam cover game-nya ternyata adalah Pokemon bernama Necrozma. Dia mengambil alih tubuh Pokemon legendaris Solgaelo di Pokemon Ultra Sun menjadi Dusk Mane Necrozma dan mengambil alih tubuh Pokemon legendaris Lunala di Pokemon Ultra Moon menjadi Dawn Wings Necrozma. Game ini juga akan mendapatkan area baru dan juga kostum baruyang bisa kalian nikmati. Presentasinya juga memperkenalkan 2 Ultra Beast baru bernama UB Assembly dan UB Burst.

Kalau kalian membeli game-nya sebelum tanggal 10 Januari 2018, kalian akan mendapatkan bonus Pokemon Rockruff yang bisa berevolusi menjadi Dusk Form Lycanroc. Nintendo juga menyiapkan New Nintendo 2DS XL yang bertemakan Poke Ball. Selain itu, Nintendo akan merilis Pokemon Gold Version dan Pokemon Silver Version pada tanggal 22 September untuk Nintendo 3DS Virtual Console. Kalau kalian membeli salah satu dari game ini, kalian akan mendapatkan Pokemon Celebi di Pokemon Sun, Pokemon Moon, Pokemon Ultra Sun, atau Pokemon Ultra Moon.

nintendo-direct-september-2017-5

Pokemon Ultra Sun dan Pokemon Ultra Moon akan rilis pada tanggal 17 November untuk Nintendo 3DS.

Sumber: Gematsu

Kirby: Battle Royale

Game Kirby yang disinyalkan pada bulan April adalah Kirby: Battle Royale yang akan rilis untuk Nintendo 3DS pada tanggal 19 Januari 2018. Sesuai dengan judulnya, game ini mendukung permainan hingga 4 pemain untuk saling bertarung. Tentunya game mendukung permainan multiplayer secara local atau pun online.

Bersamaan dengan ini, Nintendo membuka Copy Ability Poll yang merayakan ulang tahun seri Kirby yang ke-25. Copy Ability yang menang akan menjadi theme untuk 3DS dan juga wallpaper unik, dan mungkin saja tampil dalam game Kirby: Battle Royale.

Sumber: Gematsu

The Dead Heat Breakers

Nintendo telah mengumumkan entri ke-3 dari seri Dillon’s Rolling Western yang berjudul The Dead Heat Breakers. Dalam action tower defense ini, Dillon kini harus menghadapi makhluk alien berwujud batu. Selain gameplay yang sudah tidak asing lagi, game ini kini menghadirkan gameplay berupa balapan dengan sudut pandang dari belakang. Kalian juga bisa membuat karakter berdasarkan Mii yang akan membantu Dillon.

The Dead Heat Breakers akan rilis di Jepang pada musim semi 2018 untuk Nintendo 3DS.

Sumber: Gematsu

Mario Party Top 100

Nintendo telah mengumumkan Mario Party: The Top 100, sebuah kompilasi 100 mini-game terbaik dari Mario Party pertama hingga Mario Party 10. Selain bisa bermain mini-game-nya saja, kalian juga masih tetap bisa bermain dalam mode board game. Game ini bisa dimainkan multiplayer melalui koneksi local. Mario Party: The Top 100 juga mendukung Download Play yang artinya teman kalian yang tidak memiliki game-nya bisa ikut bermain.

Mario Party: The Top 100 akan rilis pada tanggal 10 November untuk Nintendo 3DS.

Sumber: Gematsu

Style Savvy: Styling Star

Nintendo telah mengumumkan Style Savvy: Styling Star (judul Jepang Girls Mode 4: Star Stylist) untuk wilayah Jepang dan Eropa. Masih sama seperti dengan game-game sebelumnya, kalian akan memiliki butik fashion dan menentukan pakaian yang cocok untuk pelanggan yang datang. Kali ini, kisah pelanggan kalian bisa berubah berdasarkan pakaian yang kalian pilih. Akan ada juga pelanggan yang akan menjadi penyanyi dan lagu debut-nya akan berubah sesuai dengan pakaian yang kalian pilih.

Style Savvy: Styling Star akan rilis di Jepang pada tanggal 2 November dan di Eropa pada tanggal 24 November untuk Nintendo 3DS. Versi Amerikanya tidak diumumkan.

Sumber: Gematsu

The Alliance Alive

Atlus telah mengumumkan versi Inggris dari The Alliance Alive yang akan rilis pada awal 2018 untuk Nintendo 3DS. Game RPG ini menghadirkan suasana RPG klasik yang menceritakan 9 karakter yang saling berhubungan. Ceritanya dimulai 1.000 tahun yang lalu ketika Daemon menjajah dunia manusia. Mereka berhasil menundukkan umat manusia dan membuat Great Barrier yang memisahkan antar dunia. Karena ini, dunia pun menghadapi kehancuran. Beberapa ratus tahun kemudian, Daemon berada di puncak sosial. Tetapi sekelompok manusia mulai memberontak.

Sumber: Gematsu

Radiant Historia: Perfect Chronology

Atlus mengumumkan launch edition untuk Radiant Historia: Perfect Chronology. Paket seharga 39,99 Dolar ini dilengkapi dengan bonus decal karakter berwujud chibi dan juga art book. Radiant Historia: Perfect Chronology versi Inggris akan rilis pada awal 2018 untuk Nintendo 3DS.

Sumber: Gematsu

Etrian Odyssey V

Atlus mengumumkan bahwa mereka menyiapkan demo untuk Etrian Odyssey V: Beyond the Myth dan sudah bisa kalian ambil di Nintendo eShop. Dalam demo ini, kalian bisa membuat party kalian secara bebas menggunakan seluruh karakter dan class yang tersedia di game penuhnya. Kalian akan bisa menjelajahi hingga lantai ke-3 pohonnya. Tentunya seluruh data party dan petualangan kalian bisa ditransfer ke versi penuhnya.

nintendo-direct-september-2017-3

Etrian Odyssey V: Beyond the Myth versi Inggris akan rilis pada tanggal 17 Oktober untuk Nintendo 3DS.

Sumber: Gematsu

Xenoblade Chronicles 2

Nintendo mengumumkan bahwa Xenoblade Chronicles 2 akan rilis untuk Nintendo Switch pada tanggal 1 Desember secara bersamaan di seluruh dunia. Mereka menyiapkan special edition seharga 99,99 Dolar yang berisikan game-nya, sound selection CD, special metal game case, dan hardbound art book setebal 220 halaman. Selain itu, Nintendo juga menawarkan Switch Pro Controller bertemakan Xenoblade Chronicles 2 seharga 74,99 Dolar.

Sumber: Gematsu

Fire Emblem Warriors

Nintendo mengumumkan karakter terbaru untuk Fire Emblem Warriors yaitu Lyn dari Fire Emblem: The Blazing Blade. Karakter ini dipilih karena paling populer dikalangan fans Fire Emblem.

Yang menarik dari informasi dari ini adalah pengumuman ini sesuai dengan rumor yang beredar. Rumornya mengungkapkan daftar lengkap karakternya yang terungkap dari situs toko ritel Spanyol El Corte Ingles. Mereka memperlihatkan tampak boks dari limited edition versi baru yang menampilkan sprite seluruh karakter yang sudah diumumkan dan Lyn dari Fire Emblem: The Blazing Blade yang baru diumumkan, Caeda dan Tiki dari Fire Emblem: Shadow Dragon and the Blade of Light, Celica dari Fire Emblem Echoes, dan Anna dari Fire Emblem Fates. Trailer resmi yang ditayangkan oleh Nintendo cabang Perancis juga tidak sengaja memperlihatkan tampak Caeda di menit 1:18.

Fire Emblem Warriors akan rilis di Jepang pada tanggal 29 September untuk Nintendo Switch dan New Nintendo 3DS. Versi Inggrisnya akan rilsi pada tanggal 20 Oktober.

Sumber: Gematsu

Arcade Archives

nintendo-direct-september-2017-1

Nintendo berkolaborasi dengan Hamster untuk membawa berbagai game arcade klasik mereka ke Nintendo Switch dalam lini Arcade Archives. Game pertama adalah Arcade Archives: Mario Bros. yang rilis pada tanggal 27 September. Mereka juga menyiapkan berbagai game lainnya tetapi belum ada tanggal rilisnya yaitu:

  • Arcade Archives: VS. Super Mario Bros.
  • Arcade Archives: VS. Balloon Fight
  • Arcade Archives: VS. Ice Climber
  • Arcade Archives: VS. Pinball
  • Arcade Archives: VS. Clu Clu Land
  • Arcade Archives: VS. Punch-Out!!

Sumber: Gematsu

Project Octopatch Traveler

Square Enix mengumumkan bahwa Project Octopath Traveler, RPG terbaru dari tim seri Bravely yang hadir eksklusif untuk Nintendo Switch, akan rilis pada tahun 2018 di seluruh dunia. Keunikan terbesar dari game ini adalah tampilan visualnya yang menggabungkan CG dan pixel art dan diberi nama HD-2D.

Dalam game ini, kalian bisa memilih 1 dari 8 orang yang akan berpetualang, masing-masing memiliki awal, perjalanan, dan tujuan yang berbeda. Kalian akan bisa menentukan ceritanya dengan bebas, mulai dari mana, bekerjasama dengan siapa, pergi ke mana, dan seterusnya. Masing-masing karakter memiliki Path Action yang unik untuk dilakukan di field. Warrior bisa menantang hampir semua orang untuk bertarung. Sedangkan sang dancer bisa “merayu” siapa saja untuk mengikuti, bahkan ketika bertarung. Sedangkan sistem pertarungannya menghadirkan Boost System. Setiap turn, BP kalian akan bertambah yang bisa digunakan untuk memperkuat aksi kalian.

Bersamaan dengan pengumuman ini, mereka juga merilis demo yang sudah bisa kalian download dari Nintendo eShop. Setelah kalian mencoba demo-nya kalian disarankan untuk mengisi survey yang akan rilis belakangan untuk memberi masukan ke tim yang mengerjakan game-nya.

Sumber: Gematsu

Dragon Quest Builders

nintendo-direct-september-2017-2

Square Enix mengumumkan bahwa Dragon Quest Builders akan rilis untuk Nintendo Switch pada musim semi 2018. Versi Switch akan memungkinkan kalian untuk mengendarai Great Sabrecub dalam Free Build Mode. Pada saat mengendarainya, kecepatan kalian akan bertambah dan bisa mendapatkan materi khusus apabila mengalahkan musuh.

Sumber: Gematsu

Lost Sphear

Menyambut rilisnya pada bulan depan, Square Enix merilis pre-launch trailer untuk Lost Sphear. RPG terbaru dari Tokyo RPG Factory ini menceritakan tentang Kanata dan teman-temannya. Mereka pergi berpetualang untuk menghentikan menghilangnya dunia dengan mengguankan kekuatan ingatan.

Lost Sphear akan rilis di Jepang pada tanggal 12 Oktober untuk PlayStation 4 dan Nintendo Switch. Versi Inggrisnya akan rilis pada tanggal 23 Januari untuk PlayStation 4, Nintendo Switch, dan PC.

Sumber: Gematsu

Kirby: Star Allies

Detil perdana mengenai game Kirby yang diumumkan dalam E3 2017 telah terungkap. Kirby: Star Allies akan rilis pada musim semi 2018 untuk Nintendo Switch. Dalam game ini, kalian bisa melempar hati untuk membuat musuh menjadi teman. Kalian bisa merekrut hingga 3 musuh. Selain itu, game ini tentunya mendukung permainan multiplayer hingga 4 orang. Keunikan terbesar dari game ini adalah kalian bisa menggabungkan Copy Ability antar karakter untuk membuat kemampuan baru.

Sumber: Gematsu

Phantasy Star Online 2: Cloud

Sega siap membawa Phantasy Star Online 2: Cloud untuk Nintendo Switch. Tentunya versi Switch tetap bisa dimainkan secara gratis, tetapi kalian tidak perlu men-download data game-nya sama sekali. Versi Switch menggunakan versi cloud dari Phantasy Star Online 2. Ini artinya game-nya berjalan di server Sega dan tampilan game-nya akan ditayangkan ke Switch lewat internet. Phantasy Star Online 2: Cloud akan rilis di Jepang pada tahun 2018.

Sumber: Gematsu

Super Mario Odyssey

Nintendo mengungkapkan informasi terbaru dari Super Mario Oddysey yang memperkenalkan cerita, lokasi, dan mode baru. Dalam game ini, Cappy yang berupa topi akan bekerjasama dengan Mario demi menyelamatkan adiknya Tiara yang diculik oleh Bowser. Beberapa lokasi baru yang diperkenalkan adalah dunia es, dunia laut, dunia tropis, dan masih banyak lainnya. Salah satu fitur baru dari game ini adalah Snapshot Mode yang membuat kalian bisa mengambil foto kapan saja. Kalian akan bisa mengatur posisi kamera, filter, dan lainnya secara bebas.

Nintendo juga menawarkan bundel Nintendo Switch khusus dengan Super Mario Odyssey. Kalian akan mendapatkan konsolnya, game-nya dalam bentuk digital, Joy-Con warna merah, dan case khusus seharga 379,99 Dolar. Di Jepang, Joy-Con dan case khususnya dijual secara terpisah.

Super Mario Odyssey akan rilis pada tanggal 28 Oktober untuk Nintendo Switch.

Sumber: Gematsu