[JOI Spotlight] Batman Day Edition

September 17, 2017 4:58 pm
[JOI Spotlight] Batman Day Edition

Ya, 17 September adalah hari Batman. Beberapa dari kalian mungkin mempertanyakan relevansi sang manusia kalong dengan anime dan manga walaupun Gotham Knight itu secara teknis anime, oleh karena itu saya juga menyertakan Chinese Electric Batman diatas. Seperti biasa pada tiap JOI Spotlight, kami akan memberikan impresi untuk berbagai seri yang kami saksikan di minggu ini yang maaf aja relatif lebih pendek karena kebanyakan penulis sedang diluar.

Princess Principal 10

Princess Principal - 10

Kaptain

Setelah dua episode aman, saatnya pembunuhan dimulai lagi. Merry Christmas Dorothy, hadiah tahun ini adalah dead girlfriend. Memang Beatrice tiap episodenya selalu apes, tapi sejauh ini dari semua karakter yang paling banyak kehilangan, Dorothy memegang posisi pertama. Saya nggak yakin dia bakal mau kehilangan satu lagi teman dengan menerima misi barunya.

Prediksi saya untuk konflik akhir adalah:

1. Control (yang ketuanya tiba-tiba berubah) berubah pikiran dan Princess ga jadi dibunuh.
2. Ange ngambil identitasnya kembali dan mati, sementara Charlotte meneruskan misinya atau sebaliknya; Phantom Pain style.

Action Heroine Cheer Fruits 09

Action Heroine Cheer Fruits - 09

Kaptain

Yep. Sesuai dugaan rencana gagal, in the best way possible. Satu kru jadi harus improv mati-matian. Nggak punya Plan B itu tanda perencanaan buruk, terutama untuk proyek yang failure point-nya banyak. Paling nggak berkat itu beban emosional si Kapten bisa terangkat.

Aho Girl 11

Aho Girl 11

Kaptain

Alasan kenapa Aho Girl sejauh ini banyak hit-nya dibandingkan miss-nya di komedi, adalah karena Aoi Yuuki yang castingnya bagus banget disini. Di sketsa kedua dia kayak balik jadi Tanya lagi.

Dog is still the best person in this show.

New Game 10

pasted image 0

Etherlite

Pretty much peaceful for now? Apart from Naru being annoying. Dia ga sepenuhnya salah sih, tapi ya ga usah terlalu blak-blakan di depan, apalagi di depan senior begitu.

Tsuredure Children 11

pasted image 0 (1)

Etherlite

The dense Takano is actually realizing her feelings, tapi agak ga enak juga mengingat Yo-chan, teman dekatnya, adalah orang yang nembak Sugawara via surat di awal seri. Apakah akan ada original ending? Mengingat kalau baca manganya masih belum kelar juga. Atau mungkin berlanjut sampai 2 cour?

Sakurada Reset 24 (End)

pasted image 0 (2)

Etherlite

Perfect end. Daripada cat fight memperebutkan Kei, Souma justru ingin Haruki bisa lebih mandiri untuk meringankan beban Kei di masa depan. Haruki juga makin dewasa dan ingin lebih mengerti Kei, supaya tidak hanya mengikutinya, tapi bisa berjalan disampingnya. They’re still not good with each other, but for now it’s good enough. Terakhir, judulnya memang berkaitan dengan dialog Urachi & Sakuin beberapa episode yang lalu: Sakurada rhymes with Sagrada, the holy family in Spain. It’s a holy reconstruction.

91 Days 13

91 days - 13

bukan_randy

Whoa what, tiba-tiba ada episode tambahan out of nowhere. Isi episode ini lebih banyak membahas awal mula orang tua Angelo & Nero dan tidak menambah banyak konteks baru selain semakin menekankan seberapa tragis kisah ini. Tidak ada cerita baru yang mengambil setting setelah tamat ceritanya, yang memang bisa saya bilang tidak butuh sih, tapi jujur ekspetasi saya di episode ini memang mengarah ke sana.

Udah setahun ya sejak tamatnya cerita ini… I really miss this series, tapi memang ceritanya sudah sepenuhnya selesai.

Sakura Quest 24

Sakura Quest - 24

Kaptain

Finale minggu depan, solusi masalah merger juga sudah terungkap berkat warisan dari luar. Kurang lebih menunjukkan bahwa para penduduk Manoyama sudah belajar dari pengalaman mereka setahun ini dan sekarang sudah bisa menghindari kesalahan yang sama. Sentimen Yoshino tentang “any job that inspires you is a worthwhile job” bisa jadi pesan yang benar-benar ngena ke saya.

Made in Abyss 11

Made in Abyss - 11

Kaptain

Penjelasan tentang para Narehate/Hollow dan ekosistem layer. Secara tidak langsung menunjukkan bagaimana seseorang bisa bertahan hidup di sini. Kalau dipikir lagi, cerita di tiap layer selalu ingat untuk menjawab pertanyaan “mereka makan apa?”. Nanachi termasuk orang yang “beruntung” mutasinya membuatnya masih punya bentuk, untuk kebanyakan orang nasib mereka sama dengan Mitty.

Ya, Bondrewd punya seiyuu yang sama dengan Yoshikage Kira. Catridge buatannya akhirnya masuk juga ke cerita, benda itu adalah satu lagi aspek yang saya nggak sabar melihat respon dari para penonton baru.

Ballroom e Youkoso 11

1505583307337

Kaptain

Much better, penggunaan gambar statis lebih minimal dan adegan sakuga juga ada. Selamat untuk Mako yang memenangkan (literal) best girl award. Ada satu adegan vital yang sayangnya dilewati anime-nya, dimana Tenpei menjelaskan pada Shizuku bahwa berbeda dengan Tatara yang sepenuhnya mendukung Mako, Shizuku menari dengan “menenggelamkan” Gaju.

Tatara menari Solo lagi di ending-nya, but not for long. Pairing selanjutnya adalah alasan terbesar saya untuk menonton adaptasi anime ini.

Fate/Grand Order

Signum

21761756_10154745150313414_7548640002388743365_n

21731366_10154745150373414_1802093218114747524_n

Here’s your daily dose of salt for today, nyari Nero Bride tapi kayanya emang masih belum dibolehin datang. Terus ini siapa yang bikin challenge lawan King Hassan RNGnya bukan main ngeselinnya, harus ada yang dijitak ini kayanya.

Untuk “Musik” minggu ini, lagu yang digunakan agak berbeda sedikit:

Sekian JOI Spotlight kali ini. Kita masih ada sekitar 2 minggu lagi sampai seri musim panas habis, untuk seri yang kalian ikuti yang sudah tamat minggu ini, apa kesan kalian?