[JOI Music] Inilah 7 Musisi Indonesia yang Pernah Tampil di Jepang

September 18, 2017 5:08 pm
[JOI Music] Inilah 7 Musisi Indonesia yang Pernah Tampil di Jepang

Selamat hari Senin guysand gals, rasanya sudah lama JOI tidak menampilkan rubrik JOI Music. Kalau biasanya rubrik ini membahas mengenai musisi-musisi Jepang yang mungkin belum kamu kenal dengan harapan kamu bisa tahu lebih banyak mengenai mereka, kini kami ingin membahas yang sebaliknya. Mungkin kamu belum tahu kalau 7 musisi di bawah ini ternyata pernah tampil di Jepang.

Siapa saja sih ketujuh musisi tersebut? Mari kita bahas langsung saja, dimulai dari sebuah band dari Bandung yang pastinya sudah kamu semua kenal, yang pertama adalah…

The Changcuters

JOI - penyanyi indonesia yang tampil di jepang (4)

Pada bulan Agustus 2015, band Indonesia The Changcuters mendapatkan kesempatan untuk bermain di Jepang dalam acara Summer Sonic 2015. Mereka bermain di panggung yang sama bersama band-band lain dari mancanegara. Summer Sonic merupakan salah satu festival musik terbesar di Jepang, dan The Changcuters sama sekali tidak menyangka kalau mereka akan mendapatkan kesempatan untuk bermain di panggung tersebut.

Selain menjadi kesempatan untuk Go International, mereka juga tidak ingin mempermalukan nama bangsa di depan penonton Jepang, sehingga mereka memberikan penampilan terbaik mereka!

Tulus

Tulus merupakan seorang artis yang juga ‘agak sering’ tampil di Jepang, sepertinya memang suara syahdu miliknya juga dinikmati oleh orang-orang Jepang. Di tahun 2015, Tulus sempat manggung di Hamatsu Jepang dalam sebuah festival, sampai diliput oleh stasiun TV lokalnya. Tahun 2016 Tulus kembali datang ke Hamatsu untuk mengisi sebuah acara yang hebat. Dia tampil dalam acara World Music Festival 2016 dan membawakan lagu “Sepatu” yang kemudian diganti judulnya menjadi “Kutsu” (Sepatu).

Amour Mico

JOI - penyanyi indonesia yang tampil di jepang (6)

Namanya memang tidak terdengar seperti nama orang Indonesia, malah terdengar sedikit seperti nama orang-orang dari Amerika Latin, namun percayalah kalau Amour Mico adalah seorang penyanyi kelahiran Ambon yang sukses di Jepang. Mico senang dirinya diterima dengan baik oleh masyarakat Jepang, dia bahkan sudah menelurkan 2 mini album di Jepang. Cita-cita Mico sejak kecil memang untuk menjadi Aktris, untungnya mimpinya tersebut bisa diraih saat berada di Jepang.

Fatimah Zahratunnisa

Mahasiswi Unpad yang lebih dikenal dengan nama panggilan Ica ini pernah menjadi juara dalam kontes penyanyi amatir di Jepang, “Nodojiman the World” pada tahun 2015. Saat itu, Ica sedang menjalankan sebuah program student exchange di Jepang dan ditawarkan temannya untuk mengikuti acara tersebut. Luar biasa, gadis kelahiran tahun 1994 ini malah berhasil mengungguli 6.000 pesaingnya untuk menjadi yang terbaik.

Mocca

JOI - penyanyi indonesia yang tampil di jepang (5)

Kamu yang gemar mendengarkan radio di awal tahun 2000-an pasti akrab dengan nama band Bandung yang satu ini, lagunya hampir selalu dimainkan saat saya berangkat ke sekolah. Band yang satu ini ternyata memiliki banyak pendukung fanatik tidak hanya di Indonesia, tapi juga seluruh dunia. Mungkin karena lagunya yang dibawakan dalam bahasa Inggris. Mereka bahkan memiliki kontrak dengan sebuah label rekaman di Jepang, Excellent Records.

Lisa Halim

JOI - penyanyi indonesia yang tampil di jepang (3)

Walaupun Lisa Halim adalah orang Jepang, namun dia sebenarnya adalah seorang keturunan Indonesia, yang begitu bangganya dengan Indonesia, dia merahasiakan nama Jepangnya. Di Jepang pun dia menggunakan nama Lisa Halim, ibunya adalah seorang Jepang namun ayahnya adalah orang Indonesia. Penyanyi kelahiran tahun 1985 ini selain menyanyi tapi juga bekerja sebagai seorang penulis lagu. Dia sudah mengeluarkan album di tahun 2007 bersama label rekaman Pony Canyon.

Krisdayanti

JOI - penyanyi indonesia yang tampil di jepang (2)

Siapa yang tidak kenal dengan diva Indonesia yang satu ini? Kalau kamu berada di range umur yang sama dengan saya tentu masih ingat dengan KD dan penampilannya di acara Asia Bagus. KD memiliki banyak prestasi, termasuk menjadi salah satu dari 10 Artis Terbesar di Asia Tenggara versi V Channel di tahun 2005. Namun yang mungkin kamu tidak tahu, adalah lagunya pernah tersebar di Singapura dan Jepang di bawah label rekaman Pony Canyon setelah kemenangannya dalam acara Asia Bagus.

Itulah 7 artis Indonesia yang pernah tampil atau memiliki kontrak dengan label rekaman Jepang, apakah ada artis di atas yang tidak kamu sadari pernah terkenal di Jepang? Atau apakah kamu tahu artis-artis lain yang pernah tampil di Jepang tapi tidak berada dalam daftar di atas? Beritahu kami di kolom komentar ya.