Sedih, Pensiunnya Namie Amuro Kalah Populer dengan Gacha Merlin di Twitter Jepang

September 22, 2017 4:00 pm
Sedih, Pensiunnya Namie Amuro Kalah Populer dengan Gacha Merlin di Twitter Jepang

Kamu yang sudah berkepala 2 mungkin masih samar-samar ingat dengan nama Namie Amuro, diva yang satu ini menjadi penyanyi yang cukup terkenal di tahun 2000-an. Sayangnya, gaungnya sudah tidak terlalu terdengar belakangan ini, mungkin karena memang gelombang artis baru yang banyak dan lagu-lagunya yang sudah tidak terdengar lagi. Karena itu dia memutuskan untuk pensiun pada tanggal 18 September 2017, bertepatan dengan ulang tahun debutnya yang ke 25.

Normalnya, pengumuman sekaliber ini seharusnya bisa menggerakkan banyak orang, bila di Indonesia, ini rasanya mungkin seperti kalau Kris Dayanti mengumumkan pensiunnya dia dari dunia tarik suara. Nama Namie Amuro seharusnya cukup kuat untuk itu, namun dia kalah oleh satu nama lain yang mungkin tidak pernah terdengar sebelumnya di dunia hiburan.



Di Twitter, pengumuman pensiunnya Namie Amuro ini berhasil menjadi salah satu trending topic paling top di Twitter Jepang. Setidaknya Namie Amuro sudah dibicarakan oleh lebih dari 2.400 orang melihat dari penampakan jumlah tweet-nya. Namun itu 100 kali di bawah trending topic Twitter saat itu yang membuat jurnalis musik Koremasa Uno geleng-geleng kepala.

Siapa ini Merlin yang bisa menang dari Namie Amuro di waktu seperti ini? (banyak hal di dunia ini yang tidak kuketahui.)” pungkasnya di Twitter. Mungkin dia tidak tahu mengenai fenomena game Fate/Grand Order yang saat ini merambah di dunia mobage baik di Jepang maupun seluruh dunia. Ya, untuk merayakan 10 juta unduhan, game ini merilis kembali salah satu servant paling broken di game, Merlin.

Tidak hanya itu saja, Merlin berhasil mendapatkan 240.000 cuitan di Twitter, beberapa orang bahkan menuliskan “Merlin” dalam huruf hiragana dan tetap berhasil masuk ke dalam trending Twitter Jepang. Lebih sedih lagi, Namie Amuro bahkan kalah dengan tweet “5 summon ticket” yang berhasil mendapatkan 5.000 cuitan di Jepang. Besar sekali impact dari F/GO kepada budaya Twitter di Jepang, saya pun geleng-geleng kepala.

Namun mungkin orang-orang jaman sekarang pun juga sudah mulai lupa dengan nama Namie Amuro, dibuktikan dengan komentar pertama terhadap tweet dari Koremasa Uno yang berbunyi:

Namie Amuro itu orang yang dari Gundam itu kan?

Itu versi Alternya.