Toshio Okada, “Menonton Anime Isekai Smartphone itu bisa bikin orang jadi bodoh!”

September 22, 2017 17:33
Toshio Okada, “Menonton Anime Isekai Smartphone itu bisa bikin orang jadi bodoh!”

Nama Toshio Okada tentunya sudah menjadi salah satu yang cukup besar di dunia anime, dengan alasan yang baik ataupun buruk. Mantan presiden Gainax ini juga dikenal dengan nama “Otaking“, sebuah nama yang cukup kuat dan membuat kata-katanya memiliki beban yang cukup ‘berat’ dalam dunia anime. Beliau sering mengkritik anime-anime yang sedang populer. Kritik-kritiknya pun melayang tidak hanya pada anime-anime yang buruk, tapi pada anime-anime yang menarik juga. Berikut ini adalah beberapa contoh artikel saat dia mengkritik anime-anime yang sedang ngehit:

Kini, dia mengkritik salah satu anime yang tayang di musim panas kali ini, tepatnya dalam episode ke 195 program streaming-nya, beliau mengkritik dunia isekai anime yang tidak kompeten. Beliau menghabiskan 10 menit untuk mengkritiik seri Isekai to Smartphone to Tomo ni yang menurutnya memiliki banyak blunder atau kesalahan. Berikut ini adalah sebagian dari kritiknya yang dapat kamu temukan mulai menit 2:55.

Okada mengatakan kalau Isekai to Smartphone to Tomo ni merupakan “anime yang sangat jelek“. Dia juga yakin bahkan sebelum anime itu ditonton olehnya, anime ini bisa membuatnya jadi bodoh hanya dengan menontonnya. Kritik yang dilayangkan oleh Okada kemudian mengulas mengenai bagaimana animasi yang dikerjakan oleh animatornya dapat diperbaiki. Beberapa contohnya adalah saat anime tersebut menampilkan pasir dengan hanya satu warna saja, dia merasa kalau gambar ini hanya seperti seseorang yang terbelit oleh ‘haramaki’ saja, dan tidak seperti pasir. Contoh lain adalah seperti saat kaki protagonis di gambar di atas terlihat tidak wajar, dan posisi tangan kirinya yang menopang buku terlihat tidak wajar dalam gambar tersebut. Okada mengkritik bagaimana anime ini begitu banyak melakukan kesalahan dalam pembuatannya, bagaimana karakternya terlihat kaku dan tidak natural. Dia juga menambahkan kalau seri ini menjadi menarik karena dia melihat bagaimana para animator seri ini menampilkan animasinya dengan sangat buruk.

Saya mengerti apa maksud Okada, karena walaupun baru menonton 3 episode saja, saya sudah melihat bagaimana anime ini begitu ‘tidak niat’ dalam menganimasikan serinya. Pacing yang begitu cepat ditambah animasi yang pas-pasan membuat saya agak bingung apakah mereka beneran niat menggambar anime ini. Beberapa adegan bahkan terlihat tidak selesai dan seadanya saja.

Di lain pihak saya juga mengerti mungkin ini adalah sebuah anime di mana kamu harus mematikan otak dan menonton saja tanpa memikirkan terlalu banyak. Karena bila dilihat dari sisi lain, mungkin anime ini adalah sebuah seri yang mempermainkan genre isekai harem dengan menyajikannya dengan se-nggak niat mungkin. Ingat dengan betapa kacaunya kualitas anime Qualidea Code? As far as animation quality wise, saya merasa bahkan Isekai Smartphone lebih buruk dari anime itu.

Sumber: ANN