Capcom Ungkap Terlalu Banyak Detil ‘Monster Hunter: World’ di TGS 2017

September 24, 2017 12:42 pm
Capcom Ungkap Terlalu Banyak Detil ‘Monster Hunter: World’ di TGS 2017

Dalam 2017 PlayStation Press Conference di Jepang, Capcom mengumumkan jadwal rilis dari “Monster Hunter: World” yang mengejutkan, yaitu rilis pada bulan Januari 2018. Kini, mereka mengumumkan banyak sekali informasi soal Monster Hunter: World dalam Tokyo Game Show 2017. Tidak hanya itu, berbagai media besar juga memperlihatkan banyak video gameplay untuk kalian nikmati.

Story

Setiap sekitar 10 tahun, Elder Dragon akan mengarungi samudra menuju New World. Untuk memahami fenomena aneh ini, kelompok New World Elder Dragons Research ditugaskan ke New Continent.

Kali ini, untuk penugasan ke-5, seorang hunter ikut naik ke kapal besar mengejar Elder Dragon bernama Zorah Magdaros.

Apa takdir yang menanti kelompok peneliti ini?

Astera

Ini adalah “rumah” yang merupakan tempat tinggal seluruh tim investigasi. Ada bagian penelitian untuk melakukan penelitian, bengkel, dan area tempat hunter bertemu dan berkumpul. Sebuah tim mulai membangun desa ini 40 tahun yang lalu dan wujudnya menjadi seperti saat ini berkat rekonstruksi dan renovasi bertahun-tahun.

Di dekat pintu masuk terdapat Quest Board dan Item Box. Hunter akan bisa menjelajahi field dengan bebas dan mengerjakan quest untuk menginvestigasi New World.

Monster di desa?! Beberapa peneliti akan menginvestigasi ekologi dari monsternya.

Eksplorasi/Quest

Area Map

Jika kalian pergi dari area map menuju field tanpa mengambil quest, kalian jadi akan bisa menjelajahinya. Berbeda dengan quest, penjelajahan adalah cara terbaik untuk bisa selamat di field karena tidak banyak batasan.

Eksplorasi

Tidak ada batas waktu saat menjelajahi field. Dan kalian tidak akan gagal apabila mati berkali-kali. Karena tidak ada misi pada saat eksplorasi, kalian bisa menjelajahi field-nya, melakukan survey, dan berburu dengan bebas. Kalian bisa membawa kembali materi yang kalian kumpulkan dan juga mendapatkan berbagai poin. Kalian bisa kembali ke markas menggunakan area map dan juga pindah secara instan antar field.

Pada saat eksplorasi, kalian bisa mengambil quest dari Receptionist yang berada di camp.

Ecology Map

Kalian akan menemukan berbagai hal di field yang berguna untuk berburu monster. Kalian juga bisa mencari tahu dimana lokasi materi dengan membuka “ecology map.” Tentunya kalian bisa meng-filter informasi yang diperlihatkan menggunakan icon filter.

Ecology Map & Guide Feature

Scoutfly bisa memandu kalian mencari lokasi item dan monster. Buka ecology map dan taruh cursor pada titik yang ingin kalian tuju. Dengan menaruh pin, scoutfly akan menunjukan lokasinya.

Selain itu, pada saat eksplorasi, kalian tidak akan dipandu menuju monster apabila mengumpulkan jejak monsternya. Gunakan pin untuk eksplorasi secara efektif.

Informasi pada ecology map akan diperbaharui seiring kalian menjelajahi field pada saat eksplorasi dan quest. Dengan memilih camp di ecology map, kalian bisa fast travel menuju camp. Tetapi fitur ini tidak bisa digunakan pada saat berburu atau dalam keadaan waspada.

Investigasi High-Density Fields

Sarang monster yang menyerupai Felyne telah ditemukan!? Menggunakan scoutfly dan ecology map bisa menghasilkan berbagai kejutan.

Ada berbagai jejak di field yang membuktikan ada makhluk hidup di sana. Lakukan investigasi dengan panduan dari scoutfly yang bereaksi terhadap jejak monster dan lainnya di area. Jadi meski kalian berada di area yang tidak dikenali, kalian tidak perlu khawatir.

Character Creation

Berbagai opsi untuk membuat hunter yang unik

Buat dan kustomisasi penampilan hunter yang akan menjadi avatar kalian. Ada berbagai setting yang bisa kalian atur:

  • Preset: Ada 10 hunter preset yang bisa kalian pilih.
  • Face Type: Pilih lebih dari 19 opsi.
  • Skin Color: Gunakan palet warna untuk kostumisasi yang detil.
  • Age: Pilih umur kalian. Kedalaman kerutan juga bisa diatur.
  • Hairdo: Pilih gaya rambut dari 23 opsi. Warna (preset dan color bar), saturation,dan brightness bisa diatur.
  • Eyebrow: Pilih dengan opsi lebih dari 12 macam.
  • Forehead: Pilih dengan opsi lebih dari 19 macam.
  • Eyes: Ada lebih dari 25 opsi. Pengaturan posisi mata ke atas, bawah, kiri, dan kanan pun bisa dilakukan. Dan warna untuk masing-masing mata bisa diatur secara terpisah. Panjang bulu mata (pendek, normal, panjang) juga bisa diatur.
  • Nose: Ada lebih dari 19 opsi. Posisi atas dan bawah bisa diatur.
  • Mouth: Ada lebih dari 19 opsi. Warna juga bisa diatur.
  • Paint: Pilih 2 dari dari opsi yang jumlahnya lebih dari 29 macam. Masing-masing bisa diatur posisi ke atas, bawah, kiri, dan kanan, serta ukuran dan warnanya pun bisa diatur.
  • Facial Expression: Pilih dari 5 macam.
  • Underwear: Pilih dari 4 macam. Warna bisa diatur.
  • Voice: Pilih suara dari opsi yang jumlahnya lebih dari 16 macam.
  • Beginning Equipment: Pilih dari bahan kulit, rantai, atau pakaian dalam saja.

Setelah semua opsi diatur, kalian bisa mengubah lighting untuk memastikan karakter selesai dibuat. Tentunya karakter yang kalian buat akan terlihat sama dalam game dan juga di cutscene.

Palico juga bisa dikustomisasi

Selain karakter kalian sendiri, kalian juga bisa membuat Felyne Palico yang menjadi rekan kalian secara bebas. Hal yang bisa diatur adalah:

  • Preset: 12 variasi Felyne Palico bisa dipilih.
  • Hair: Panjang bulu, ketebalan, warna (preset dan color bar), brightness, dan saturation bisa diatur.
  • Pattern: Pilih dari 4 macam pola. Masing-masing bagian bisa diatur warnanya.
  • Eyes: Pilih dari 6 opsi. Warna masing-masing mata bisa diubah.
  • Ears: Pilih dari 5 opsi
  • Tail: Pilih dari 4 opsi.
  • Underskin: Warna (preset dan color bar), brightness, dan saturation bisa diatur.
  • Beginning Equipment: Pilih leather cat atau tetap tanpa pakaian.
  • Voice: Suara juga bisa dipilih.

Special Equipment

Dalam Monster Hunter: World, ada special equipment yang memiliki efek khusus. Cara kerjanya mirip item dan memiliki efek yang luar biasa. Setelah digunakan, akan ada cooldown sebelum bisa digunakan lagi.

Ghillie Mantle

Membuat diri kalian tidak terlihat musuh dalam waktu terbatas. Efeknya hilang ketika kalian menyerang atau kena serangan.

Rocksteady Mantle

Hilangkan reaksi kena serangan, efek angin, efek teriakan monster, dan tahan getaran. Damage yang kalian terima juga akan berkurang.

Challenger Mantle

Membuat monster akan lebih sering menargetkan kalian dan cocok untuk memancing musuh ke lokasi yang menguntungkan. Efeknya hilang apabila kalian kena serangan.

Glider Mantle

Meningkatkan airtime ketika melompat dan juga bisa membuat kalian “mengendarai” angin kencang. Kalian juga akan lebih mudah menunggangi monster.

Smithy

Dengan materi dan uang, kalian bisa membuat dan memperkuat equipment.

Equipment System Overview

Aksi dari masing-masing senjata yang hunter gunakan akan berbeda. Kalian bisa membuat senjata dengan karakteristik yang unik, contohnya Great Sword dengan serangan yang mematikan, Sword and Shield yang dapat menyerang musuh dengan cepat, atau Heavy Bowgun yang berat tetapi tembakannya berbahaya.

Weapon Tree

Ketika membuat atau memperkuat senjata, yang bisa dilakukan dengan menggunakna materi dan uang, kalian bisa memilihnya dari weapon tree. Selain itu, beberapa senjata bisa rollback upgrade-nya untuk di-upgrade lagi ke cabang lain dari weapon tree-nya. Jika kalian melakukan rollback, seluruh materi yang digunakan untuk upgrade akan dikembalikan.

Armor

Karena produksi armor kini diperlihatkan berdasarkan bagian tubuh untuk masing-masing seri armor, kini memilih bagiannya menjadi lebih mudah. Armor bisa di-upgrade menggunakan Armor Sphere yang didapat dari hadiah quest dan lainnya.

Armor Series Display

Kalian bisa melihat seluruh bagian (kepala, badan, tangan, pinggang, dan kaki) armor untuk masing-masing seri secara sekilas.

Trying on Armor

Kalian bisa mencoba terlebih dahulu armor yang menarik perhatian kalian.

Palico Equipment

Equipment untuk Palico bisa dibuat dengan mudah. Proses pembuatannya bisa dilakukan dengan materi yang lebih sedikit dan investigation point yang didapat dari eksplorasi dan investigasi quest. Buat berbagai equipment yang akan dikenakan oleh Palico kalian.

Palico Equipment

Kalian bisa melihat seluruh bagian (senjata, kepala, badan) dari equipment Palico secara sekilas. Kalian juga bisa mencoba terlebih dahulu sebelum membuatnya.

Wishlist

Dengan mendaftarkan equipment yang ingin kalian buat atau upgrade ke Wishlist, kalian bisa cek materi apa saja yang diperlukan di menu pada kapan saja. Selain itu, kalian juga akan mendapatkan notifikasi ketika materi yang kalian kumpulkan sudah cukup.

Equipment Skill

Dengan meng-equip armor yang memiliki equipment skill, kalian bisa meningkatkan kemampuan hunter dan juga mendapatkan kemampuan khusus. Beberapa armor tidak memiliki skill. Selain itu, dengan meng-equipment armor dengan equipment skill yang sama, skill level-nya akan meningkat dan efeknya semakin kuat. Setiap skill memiliki level maksimum yang berbeda.

Series Skill

Beberapa armor memiliki series skill, dan dengan meng-equip set dari seri armor yang sama akan mengaktifkan skill yang kuat. Dalam layar armor crafting dan equipment box, kalian bisa mencari dan menyusun berdasarkan skill-nya.

Charm

Charm adalah equipment yang bisa memiliki skill. Mereka tidak mempengaruhi pertahanan kalian. Dengan meng-upgrade charm dengan materi di smithy, kalian bisa meningkatkan efek skill yang dimilikiknya. Dalam Monster Hunter: World, sama seperti equipment lainnya, charm juga bisa dibuat dan di-upgrade menggunakan materi dan uang.

Armor Compability

Dalam Monster Hunter: World, armor yang sama bisa digunakan tanpa melihat tipe senjatanya (swordsman/gunner). Kalau kalian menggunakan senjata jarak dekat (swordsman), maka efek “physical damage reduction bonus” akan aktif. Sedangkan apabila kalian mengunakan senjata jarak jauh (gunner), maka efek “attribute damage reduction bonus” akan aktif.

Kini pada saat kalian eksplorasi dan quest, kalian bisa mengganti equipment dan menyusun item dalam tent di camp.

Canteen

Sebuah fasilitas yang bisa memulihkan energi kalian. Berbagai power-up effect bisa diaktifkan dengan cara makan. Canteen juga bahkan bisa digunakan di luar markas, tepatnya di camp pada saat di field. Kalian disarankan untuk memanfaatkan canteen di camp pada saat quest ketika energi kalian sudah habis dan efek makanan sudah hilang.

Ingredients & Platters

Bergantung pada kombinasi bahannya, efek makanan dan food skill yang aktif akan berubah. Jumlah variasi bahan akan bertambah seiring kalian menyelesaikan quest. Selain bisa memilih bahan makanan, terdapat juga “platter” yang memilih bahan sesuai dengan efeknya.

Stove Cooking

Dengan menggunakan stove, Receptionist akan mengubah item menjadi bahan makanan. Bergantung pada item yang kalian serahkan kepadanya, kalian juga bisa mendapatkan item yang aneh.

Masakannya akan selesai ketika 1 quest selesai. Contohnya, jika kalian meminta raw meat untuk di-stove cooking, maka ration akan tersedia setelah quest selesai. Kalaian harus menggunakan investigation point untuk biaya.

Palico

Dengan membawa Palico pada saat berburu, mereka akan memberi kalian berbagai bantuan, mulai dari menyerang musuh hingga memulihkan kalian.

Companion

Karena Felyne Palico dapat berbicara monster lainnya, mereka bisa bernegosiasi dengan monster untuk bantuan. Jika negosiasi berhasil, sang monster akan menjadi rekan kalian dalam waktu terbatas.

Monster Hunter: World akan rilis pada tanggal 26 Januari untuk PlayStation 4 dan Xbox One. Game ini juga akan rilis untuk PC tetapi jadwal rilisnya masih belum diketahui.

Sumber: Gematsu (1, 2, 3, 4, 5, 6)