[JOI Spotlight] End of Summer Season 2017 Edition

October 1, 2017 18:59
[JOI Spotlight] End of Summer Season 2017 Edition

Selamat datang di JOI Spotlight terakhir untuk musim panas ini, dimana berbagai anime musim gugur akan tayang minggu depan dan seperti biasa staf JOI tentu akan memberi impresi terakhir untuk berbagai seri yang selesai tayang minggu ini dan harapan untuk musim depan.

Princess Principal 12 (End)


Kaptain

“Kita bakal dapet season kedua, suwer.” Itulah pesan yang saya dapat dari episode penutup ini. Pesan terakhirnya adalah “Friendship and trust are awesome”, bukan pesan yang jelek tapi jujur saja lemah untuk seri yang memiliki awalyan sangat-sangat kuat ini.

Btw, prediksi saya minggu lalu benar, booyah. Memang tidak sebaik dugaan saya namun dengan ini Okouichi yang selalu dideritai penyakit “Premis bagus, payoff jelek” di berbagai karyanya bisa mulai dipercaya lagi. Episode terakhir ini juga memberikan setup untuk cerita selanjutnya seperti Zelda yang masih hidup dan Duke yang menyadari tentang dua Princess. Secara keseluruhan ini adalah seri yang punya prospek yang luar biasa, namun “hanya sekedar” menjadi anime yang bagus.

bukan_randy

Ending yang terasa abrupt sekaligus membiarkan banyak hal terbuka dan tidak begitu konklusif. Tapi seperti Kaptain, saya sangat lega karena seri yang satu ini tidak terkena kebiasaan buruk Okouchi di mana kualitas ceritanya menukik tajam di tengah/akhir cerita.

PriPri jauh lebih bagus dibanding karya-karya lain Okouchi dalam beberapa tahun terakhir. Sayangnya seri ini nampaknya terhitung niche dan tidak begitu tenar. Mengingat kabar kalau season keduanya baru akan dibuat seandainya BD dan/atau mobagenya laku, saya rasa lebih baik saya tidak berharap banyak. 🙁

Seandainya somehow season 2 benar-benar dibuat, saya tidak yakin saya lebih mau ceritanya membahas case-case yang diloncati di season 1 atau langsung lanjutan cerita setelah tamat season 1.

Mahoujin Guru Guru 12

Kaptain

Masih komedi favorit saya untuk musim ini dan saya sendiri sudah sampai ke titik terakhir saya menonton di TV lokal dulu. It knows how to do an adventure story, mulai dari karakter yang menarik, interaksi yang efektif, setting yang menyenangkan, dan tentunya berbagai masalah menarik yang harus dihadapi di tiap arc-nya.

Anime ini adalah salah satu contoh yang menunjukkan bahwa sebuah anime tetap bisa memiliki cerita yang santai walaupun dipenuhi konflik. Salah satu argumen yang saya males dengernya untuk musim ini adalah sebuah cerita tanpa konflik, tensi, interaksi, dunia, atau tantangan yang menarik bisa bebas dari kritikan karena dianggap sebagai “anime santai, nggak usah mikir mas”.

New Game!! 12 (End)

Etherlite

Mirip ending season 1 tapi ditambah sedikit ngefeel karena Yagami beneran pindah ke Prancis. Nama Aoba muncul di packaging gamenya is a nice touch, meskipun ga segede nama Hazuki & Yagami. Wait… French… big multi genre game company… jangan-jangan Yagami masuk Ubisoft!?

Gamers! 12 (End)

Etherlite

Setelah 12 episode baru membahas topic soal game. It’s a good episode, yang membahas banyak tentang sisi gelap dari dunia game, dari DLC sampai gacha, dengan bumbu fanservice yang moga-moga uncensored di BD. Tapi di sisi lain masalah love triangle amano-tendou-chiaki kayaknya masih belum kelar deh… Then again episode ini dibuka oleh stupidly interesting Masumi’s life, yang potensinya sama sekali dibuang sejak episode 1. Saya lebih ingin liat senpai cantik yang bajunya lupa dikancing itu sih.

Made in Abyss 13 (End)

Kaptain

As usual adegan lift dan “pemakamannya” lebih brutal di adaptasi ini. Cukup unik juga untuk sebuah seri diakhiri dengan episode background untuk party member terakhir Riko. Setidaknya kekhawatiran saya bahwa anime ini akan buru-buru melawan Bondrewd untungnya salah, dan staf produksi lebih berfokus pada perpisahan antara Nanachi & Mitty.

Anime favorit saya untuk season ini, saya utamanya memberi nilai lebih untuk staf produksinya karena berhasil mengadaptasi seri yang cenderung sulit diadaptasi melihat setting-nya yang kompleks. Ini juga adalah seri yang late-bloomer melihat dialog untuk seri ini baru meledak memasuki episode 10. Untuk season kedua nampaknya kita masih harus menunggu cukup lama untuk menunggu stok adaptasi manga-nya, kecuali anime-nya mau manjangin ceritanya Bondrewd.

Ballroom e Youkoso 13

Kaptain

Inilah alasan Chinatsu di hype habis-habisan dari awal pengumuman anime-nya, bukan karena desain ataupun kepribadiannya namun karena keberadaannya memaksa Tatara untuk berkembang, atau setidaknya saat ini menjadi lebih asertif.

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Akhirnya tiba di cerita tentang laut dimana peralatan navigasi nggak berguna, iklim dan cuaca bisa berubah drastis dalam sekejap, and there’s nothing but pirates. Sayangnya Drake disini nggak bisa jadi dinosaurus.

Storynya lebih “disiplin”, lebih sedikit “ini plot, tapi di interupsi melulu sama gameplay” dan lebih banyak “Ini ada masalah, encounter digunakan untuk menunjukkan langkah-langkah penyelesaiannya”. Cast-nya juga jauh lebih likable, they’re in pirate heaven and by god they’re going to enjoy it.

No Titty pirates dari Gacha, tapi dapet Martha, NP2 Emiya, & Black Grail. Saya ambil itu sebagai tanda nggak dapet Rider lagi dari rate-up kali ini.

Terra Battle 2

Kaptain

Banyak peningkatan di gameplay sejak rilisnya, untungnya sekarang pilihan gachanya lebih banyak dan nggak permanen nyatu antara Equip & Guardian.

I guess pujian terbesar dari Gacha game ini yang bisa saya berikan adalah kecil kemungkinannya dapet bad pull, tiap equipment punya fungsi yang menarik dan skillset Guardian juga banyak yang unik buat gimmick build. Dapet dupe juga lumayan buat leveling/unleashing.

Berhubung anime musim gugur minggu depan mulai tayang, JOI Spotlight kali ini juga akan memberikan daftar dari anime baru yang tertarik kami saksikan.

Fall Season Hypelist

Sangatsu no Lion S2

Kaptain

Salah satu arc terbaik seri ini akhirnya akan diadaptasi. Sampai saat ini puncak dari anime depressed teenager masih dipegang oleh Sangatsu no Lion, dan saya optimis season baru ini akan mengukuhkan posisinya.

Kekkai Sensen & Beyond


Kaptain

Akan lebih setia dengan cerita manga-nya. Konten orisinal season pertama memang bagus di awal dan pertengahan masa tayangnya, namun sangat lemah di ending-nya. Sutradara season pertama saya akui memiliki bakat dalam menghadirkan sinematografi yang bagus, mari kita lihat nilai tambah apa yang bisa dibawakan sutradara barunya.

Inuyashiki


Kaptain

Dimana Jepang diteror oleh bapak yang sangat baik dan the world edgiest teen. Yang satu berusaha membantu sesama manusia sebaik mungkin dan yang satu lagi di hype habis-habisan oleh Hiroya Oku untuk secepatnya dibasmi. Sayangnya manganya kelamaan malah fokus ke orang kedua dan saya sendiri jadi males bacanya. Semoga saja animenya bisa fokus ke karakter yang berhak menerimanya.

Yang jelas bagian awal dimana Inuyashiki menjadi superhero klasik itu sangat pantas dilihat walaupun kesannya wish-fulfillment banget, tapi tidak seperti banyak ABG yang kelewat bawel dan naif, Inuyashiki sangat berhak menerima kekuatan itu, atau setidaknya bisa menggunakannya sebaik mungkin.

Love Live! Sunshine!! s2

Kaptain

I hope it stays dumb. Berhubung backstory tiap karakter dah kelar diceritain di season pertamanya, saya harap season kedua ini lebih fokus pada rural idol hijinks.

Osomatsu-san s2

Kaptain

I hope it stays dumb and touching. Season pertamanya punya keseimbangan yang bagus antara humor yang absurd dan genuinely heartfelt moment. Saya cuma khawatir setelah dulu dapat banyak peringatan sekuel ini jadi nggak bisa nekat lagi dengan humornya.

Gintama Porori-hen

Etherlite

Saya ngikutin manganya, tapi ga inget porori-hen itu yang bagian mana ya?

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja anime of the season menurut kalian dan daftar nonton kalian untuk musim depan? Silahkan sampaikan lewat kolom komen di bawah.

Header: Ichitaka