Sony Siapkan PlayStation VR Model Baru

October 3, 2017 10:26 am
Sony Siapkan PlayStation VR Model Baru

Pada bulan Agustus 2017, Sony Interactive Entertainment memotong harga PlayStation VR. Selain agar bisa tetap bersaing dengan perangkat VR dari perusahaan lain yang juga potong harga, ternyata alasan lainnya adalah Sony ternyata menyiapkan PlayStation VR model baru.

Model barunya memiliki nomor model CUH-ZVR2 akan rilis di Jepang pada tanggal 14 Oktober. Versi baru ini akan dijual dengan harga 49.980 Yen dan sudah dibundel dengan PlayStation Camera. Di Jepang, harga ini setara dengan versi lamanya. Sony juga memastikan model baru ini akan rilis di luar Jepang, tetapi belum jelas kapan.

Versi barunya menghadirkan beberapa perubahan yang ditujukan untuk meningkatkan kenyamanan ketika kalian bermain menggunakan VR headset. Perubahannya adalah:

  • Stereo headphone port telah ditambahkan pada bagian belakang VR headset. Kabel dari stereo headphone yang dibundel dengan unitnya akan bisa diintegrasi dengan VR headset-nya.
  • Kabel yang menghubungkan Processor Unit dengan VR headset kini menjadi disatukan menjadi 1 kabel yang lebih tipis.
  • Processor Unit-nya kini mendukung HDR pass through.

PlayStation Blog juga memperbaharui FAQ seputar model baru ini:

Apakah ada PlayStation VR model baru? Apa perbedaannya?

Update hardware untuk PlayStation VR sedang dipersiapkan. Versi barunya, dengan nomor model CUH-ZVR2, menghadirkan desain baru yang memungkinkan kabel stereo headphone diintegrasikan dengan VR headset dan kabel koneksi yang lebih sederhana dan tipis. Terdapat juga Processor Unit baru yang mendukung HDR pass through, yang memungkinakn kalian menikmati konten PS4 yang kompatibel dengan HDR di TV tanpa perlu mencabut Processor Unit antara TV dan PS4. Fungsi ini hanya bisa digunakan ketika VR headset mati.

Kapan PS VR model baru akan tersedia di Amerika? Berapa harganya?

Kami akan mengungkapkan detil mengenai jadwal rilis di Amerika dalam waktu yang akan datang. Harga untuk bundel PS VR akan tetap sama.

Bagaimana saya bisa membedakan PS VR headset lama dengan yang baru ketika saya membelinya?

Desain packaging untuk PlayStation VR akan sedikit berbeda ketika model barunya rilis. Untuk membedakan, lihat nomor model yang tertera di boksnya. Model lama memiliki nomor CUH-ZVR1, dan model baru memiliki nomor CUH-ZVR2. Selain itu, gambar produk di packaging juga akan diperbaharui agar memperlihatkan perubahan di model baru, seperti headphone yang terintegrasi di VR headset.

Jika saya sudah punya PS VR, apakah saya bisa menukar Processor Unit lama saya dengan yang baru?

Karena kabel dari CUH-ZVR1 dan CUH-ZVR2 berbeda, kalian tidak bisa menukar Processor Unit.

Apakah game-game PS VR yang sudah saya punya kompatibel dengan model baru?

Ya, semua game PS VR akan kompatibel dengan kedua versi PS VR.

Harga PlayStation VR yang bundel dengan PlayStation Camera di Indonesia saat ini sekitar 6 juta Rupiah.

Sumber: Gematsu