Doujin ‘Grand/Order Alternative’ Ditarik dari Peredaran Akibat Pelanggaran Hak Cipta

October 12, 2017 2:56 pm
Doujin ‘Grand/Order Alternative’ Ditarik dari Peredaran Akibat Pelanggaran Hak Cipta

Doujinshi Grand/Order Alternative yang rilis pada Comiket 92 dan ditulis untuk merayakan berakhirnya bagian pertama cerita Fate/Grand Order seringkali disalahpahami sebagai doujin resmi Typemoon. Sehingga banyak fans seri ini yang cukup kaget bahwa doujin yang sebenarnya tidak resmi ini ditarik dari peredaran.

Tweet penulis Shinobu Hashimoto dari circle Ascetic Silver mengumumkan lewat Twitter bahwa novel miliknya sudah ditarik dari peredaran karena menyalahi aturan yang sudah ditetapkan Typemoon mengenai karya fans. Buku pertama dari doujin yang direncanakan memiliki dua bagian ini sudah ditarik dari Melonbook, namun situs seperti Tora no Ana masih menjualnya.



Hashimoto menjelaskan bahwa novel akan kembali diterbitkan setelah direvisi sehingga memenuhi aturan yang berlaku, begitu juga dengan sekuelnya yang akan disesuaikan logo dan desainnya agar memenuhi kriteria. Hashimoto mengaku kecewa dengan insiden ini dan berharap kesalahan yang sama tidak terulang lagi.

Diprediksi bahwa aturan dari karya fans yang dirilis Typemoon pada bulan September kemarin ditetapkan akibat banyaknya fans yang salah paham dengan status resminya doujin ini. Hal ini juga menjelaskan kenapa aturannya diterapkan secara retroaktif pada doujin yang terbit 13 Agustus kemarin ini.

Untuk kalian yang belum tahu, secara garis besar aturan tersebut menetapkan bahwa:

  1. Aset dari game dilarang digunakan. Karya orisinal berdasarkan aset game diperbolehkan, selama tidak melakukan tracing.
  2. Logo, label, dan ikon yang membuat karya terlihat resmi dilarang.
  3. Menjiplak ulang cerita dalam game dilarang. Begitu juga menerjemahkannya ke bahasa lain.
  4. Penggunaan musik dalam game dilarang.

Ditambah lagi:

  1. Doujinshi dan fan game diijinkan selama memenuhi aturan diatas.
  2. Penjualan diluar skala produksi doujin seperti ritel dilarang
  3. Pembuatan produk berdasarkan aset/pose dalam game untuk keperluan komersil dilarang.

Jadi untuk pembuat doujin dan penjual stiker/poster/gantungan seharusnya masih aman, selama jelas menunjukkan bahwa produk tersebut tidak resmi.

Sumber: ANN