Mangamon Kembali Adakan Kontes Manga, Tema Kali Ini Adalah “Olahraga”

October 17, 2017 18:22
Mangamon Kembali Adakan Kontes Manga, Tema Kali Ini Adalah “Olahraga”

2 tahun terakhir ini, sudah delapan kali Lomba Komik MangaMon diadakan. Berkat antusiasme yang tinggi dari para peserta lomba sebelumnya, jumlah karya peserta lomba komik yang diadakan MangaMon terus bertambah hingga pada saat ini sudah terkumpul sebanyak 250 judul.

Sesuai dengan salah satu misi MangaMon, yaitu mendukung para kreator lokal Indonesia, MangaMon kembali membuka lomba komik yang kesembilan dengan inovasi aturan terbaru yang lebih menantang, para juri dari penerbit besar di Indonesia yang sangat antusias terhadap perkembangan komik lokal, serta hadiah yang lebih menggiurkan.

Lomba komik MangaMon dilakukan secara online dan lomba kali ini bukan merupakan komik one shot, tapi berseri yang dibagi menjadi 3 chapter. Tema yang diusung adalah SPORTS (Olahraga) yang dipilih dalam menyambut ajang olahraga paling bergengsi di Asia, ASIAN GAMES JAKARTA – PALEMBANG 2018. Lomba ini tidak akan bisa diselenggarakan tanpa dukungan dari pihak-pihak yang sangat berperan dalam mendukung perkembangan komik lokal Indonesia, yaitu Grandtech, re:ON, Koloni, & Ciayo.

Berbeda dengan lomba sebelumnya, para peserta yang ingin mengkuti Lomba Komik Berseri MangaMon ini akan dikenakan biaya pendaftaran. Sistem lomba kali ini pun menggunakan sistem gugur yang terdiri dari babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final, sehingga peserta harus mengirimkan karyanya per chapter untuk tiap babak. Peserta yang karyanya terpilih untuk maju ke babak berikutnya sampai akhir berhak mendapatkan kesempatan untuk memenangkan hadiah:

  • Juara 1: Samsung Galaxy Note 8,
  • Juara 2: iPad Pro 10,5
  • Juara 3: Wacom Intuous Pro Paper Edition.

Juri yang akan menilai lomba komik berseri kali ini adalah mereka yang memiliki pengalaman dan ahli dalam bidang komik lokal. Mereka adalah Gita Juwita, Aji Raditya, dan Beny Maulana. Ketiganya merupakan editor komik dari penerbit besar di Indonesia.

Gita Juwita merupakan salah satu editor di redaksi penerbitan komik lokal re:ON yang memiliki ketertarikan terhadap perkembangan industri komik lokal serta paham akan antusiasme pembaca komik yang menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh para komikus lokal.

Aji Raditya merupakan salah satu editor di redaksi penerbitan komik lokal, KOLONI. “Menciptakan komik yang mampu menyentuh hati manusia” adalah visi utama Mas Aji saat membimbing komikus yang didampinginya.

Beny Maulana merupakan salah satu editor di redaksi penerbitan komik lokal Ciayo. Sebelumnya pernah bekerja di sebuah studio bernama STELLAR LABS yang banyak mengerjakan pesanan komik-komik dari penerbit Amerika seperti Image Comics, Wildstorm, DC, Marvel, dan lain-lain. Salah satu komik pendeknya pernah diterbitkan dalam majalah komik HEAVY METAL, kemudian dia bekerja sama dengan teman-temannya untuk membuat komik Super Santai.

▼Tentang Konten ini

Nama Acara    : LOMBA KOMIK BERSERI MANGAMON

Tema Lomba   : Sports / Olahraga

Periode Acara  : Selasa, 17 Oktober 2017 – Minggu, 1 Juli 2018

URL                : https://www.mangamon.id/special/contest/komik/index-9th.html

Sorry. No data so far.