[JOI Spotlight] Third Wheel Edition

October 22, 2017 7:35 pm
[JOI Spotlight] Third Wheel Edition

Selamat datang di JOI Spotlight ketiga untuk musim gugur 2017 ini, kebanyakan anime musim ini sudah mulai dan mungkin beberapa langsung kalian drop pada episode pertamanya. Staf JOI sendiri mulai menata daftar tontonan musim ini dan tentunya memberikan impresi untuk berbagai seri untuk minggu ini.

Imouto Sae Ireba Ii 02

Kaptain

Adegan flashback Miyako mengingatkan saya dengan ini, kok bisa dari interaksi yang dimulai dari komunikasi antara konsumen dengan kritik yang valid dengan a complete utter frakwit langsung lompat jadi “And then i care for him forever”. Iya saya tahu drivenya Itsuki itu menginspirasi dirinya, tapi transisinya itu jarring banget. Video yang saya posting menggunakannya sebagai komedi, tapi episode ini malah merasa hal itu merupakan sebuah insiden dramatis.

Sementara Nayuta yang benar-benar punya latar belakang yang klise tapi setidaknya dramatis nggak sampe 10 detik diceritaiin. Kalau semua flashback yang dramatis diceritakan seperti ini saya mungkin akan lebih menghormati seri ini, tapi karena flashback Miyako & Nayuta terjadi di episode yang sama dengan cara yang benar-benar berbeda it feels like i’m being gaslighted.

Sejauh ini saya melihat bahwa seri ini punya cukup bahan untuk membuat adegan dramatis yang efektif, tapi penyutradaraannya menyedot habis impact dari payoff-nya. It’s bad in compelling way.

Gintama 331

Etherlite

Going all out with the idiocy, before loads of serious arcs. Gintama done right.

UQ Holder 03

Etherlite

It’s a fun and stupid episode, with typical Negima-like crisis too. Tapi bedanya, di jaman Negima begitu keluar monster yang bisa merusak baju, paling tidak ada 3 cewe yang bugil. Kali ini Touta dapat pedang buatan Col. Sanders, tapi daripada equip baru, tampaknya dia lebih perlu guru baik dalam bidang magic maupun physical battle, seperti Negi dengan Eva & Ku Fei dulu.

Juuni Taisen 03

Kaptain

Dengan banyaknya kontestan yang dapet Deja vu saat ngeliat Nezumi, saya memprediksi fenomena semacam Time Loop terjadi di sini. Ini juga menjelaskan kenapa dia males-malesan dengan kontesnya, dia sudah mengalami dan membunuh semuanya.

Monyet sendiri entah punya kemampuan untuk memanipulasi pikiran (dari minuman) atau memang saking baiknya dia bisa meyakinkan seorang Sosiopat untuk berempati, makanya dia bisa “membunuh dengan damai”. Berhubung ini sudah tiga kali urutan zodiak menunjukkan urutan korban, pertanyaan untuk episode selanjutnya adalah siapa yang akan membunuh Monyet.

Kujira no Kora wa Sajou ni Utau 02

Etherlite

Same old song isn’t it? Penutupan informasi oleh pemerintah, or rather, those pulling the strings behind, sementara rakyat yang tidak tahu apa-apa terus menderita. Jadi sebenarnya apa sih dosa mereka sampai harus jadi buronan hingga ratusan tahun?

Inuyashiki 02

Kaptain

And then there’s this asshole. Memang Antagonis yang diperkenalkan lewat aksi brengseknya itu merupakan metode yang umum dan fungsional, cuma kalau kalian berharap Shishigami bakal segera diurus sama Inuyashiki, kalian akan sangat kecewa.

Jujur saja kalau “perkenalannya” itu cuma di insiden ini itu masih mending, cuma sekali lagi saya khawatir fokusnya ke Shishigami bakal kebanyakan sehingga impact kelakuannya dia malah nggak kerasa lagi dan malah bikin jenuh.

Kino no Tabi 03

Etherlite

Lighter, but a bit conflicting story this time. Memang sih mereka cinta damai, tapi jejak mereka itu merusak alam & pekerjaan orang lain (kali ini korbannya ladang & rumah petani), tanpa niat untuk membayar ganti rugi. Isn’t it a small negative? Relatif sih, mungkin bagi negara, membangun tembok baru tidak terlalu berat, tapi untuk rakyat kecil yang mata pencaharian (ladang) & rumahnya hancur, tentu itu suatu hal yang berat.

Kino sendiri kali ini melanggar self-rule stay for only 3 days karena perlu melewati negara yang dirusak oleh negara itu, supaya bisa lewat tanpa harus membayar pajak masuk yang mahal. At least we can see Kino’s marksmanship with ‘Flute’.

Just Because 03

Etherlite

Ngantuk nontonnya, it’s just too mundane. Eita terlalu pasif & Natsume ga jelas maunya apa, Morikawa cakep as usual tapi Souma pathetic. The only good thing this episode cuma ketawanya Yoriko. Ini masih tip of the iceberg karena ada kabar produksinya kacau balau (minggu lalu kabarnya draft episode 8 belum diselesaikan oleh sutradaranya), saya lebih pilih drop dari sekarang.

Houseki no Kuni 03

https://twitter.com/houseki_anime/status/921662495831482368

Kaptain

Sejauh ini animasi 3DCG seri ini memang cenderung kompeten tapi di episode ini they certainly outdone themselves, lihat aja sendiri. Studio ini jelas-jelas paham mereka mengerjakan seri 3DCG dan bukan anime 2D, dan hasilnya terlihat jelas. Dia(mond) sendiri nampaknya cepet paham dengan Cinnabar karena keduanya “mencintai” orang yang punya segala kepribadian yang mereka benci.

Phos juga dapet “upgrade” pertamanya disini, dan kecuali perhitungan saya salah upgrade selanjutnya seharusnya di episode 5 nanti saat “jalan-jalan”.

Garo Vanishing Line 03

Kaptain

Saya asumsikan perkenalan selesai di episode ini berhubung karakter dari opening sudah ditunjukkan semua. Seharusnya plot El Dorado akan kembali lagi jalan minggu depan, walaupun saya sebenarnya nggak keberatan dengan lebih banyak self-contained episode semacam ini.

Sudah 3 episode dan kualitas produksinya masih mantap. Shaky cam juga sudah jarang digunakan pada adegan aksinya.

Shoujo Shuumatsu Ryokou 03

Kaptain

Saya kira karakter barunya bakal mati biar lebih sesuai dengan premisnya. Dari informasi baru di episode ini settingnya lebih mirip megastructure Blame!, sebuah setting modern dimana kebanyakan orang sudah lupa bagaimana segalanya berfungsi.

Saya nggak nyangka ceritanya bisa melibatkan target perjalanan juga. Mungkin last tour di judulnya itu menunjukkan bahwa akan ada tempat dimana mereka bisa menetap dan bukan perjalanan bunuh diri keduanya. Berhubung sejauh ini target perjalanan mereka adalah tempat yang terlihat ada peradabannya.

Kekkai Sensen & Beyond 03

Kaptain

Inilah aspek favorit saya dari seri ini, a bunch of superpowered weirdo daily life. Saya senang sejauh ini season kedua menekankan bahwa secara default Hellsalem’s Lot itu dalam kondisi “perang” dan penduduknya ya bodo amat. Bab yang diadaptasi ini sebenarnya berasal dari volume awal, jadi kepribadian karakternya mungkin terasa beda dari biasanya.

Blend S 03

Etherlite

Next character is here, Onee-san! Real personalitynya otaku yah, sedikit overshadowing dengan tenchou & Kaho tapi tampaknya lebih hardcore. Maika juga dari kecil udah bakat sadis ya.

Ballroom e Youkoso 16

Kaptain

Oke, anime ini seperti yang sudah saya bilang berkali-kali memang suka memotong berbagai adegan character building agar pacenya bisa cepat, tapi adegan yang dipotong kali ini sangat membuat saya kesal. Mulai dari detil dari bagaimana Tatara didiskualifikasi karena tidak sadar melewati Heat, percakapan saat perjalanan dengan Kugimiya, dan reuni Tatara dengan Shizuku yang di manga-nya sangat dramatis karena menekankan perbedaan power level keduanya, tapi di sini nggak ada impactnya.

Love Live! Sushine!! S2 03

Kaptain

Holy infinite stamina Batman, awalnya sih penasaran kenapa kok yang dijadikan masalah itu cuma masalah waktu serta wilayah dan bukan cukupnya stamina untuk dua live yang ditengahi oleh maraton, ternyata kita cuma perlu nerima Aqours itu punya lebih banyak stamina dibandingkan bandar kokain.

My favorite live and costume so far, saya juga cukup menghargai kalau Aqours ini lebih terbatas sumber dayanya karena sang standard issue rich ojou-sama yang selalu ada di cerita semacam ini sudah di nerf penggunaan kekayaannya di sini.

Sangatsu no Lion 24

Kaptain

Seri ini memang sudah sampai episode 24, tapi jujur saya masih belum “nangkep” Shogi. Berbeda dengan Mahjong yang saya sudah nangkep dengan kombinasi mana yang beresiko dan cara ngitung bidak yang tersisa sehingga saya bisa paham dengan tensionnya, Shogi bagi saya lebih susah “dibaca” karena saya nggak mampu ngebaca bidaknya ataupun progresi permainannya walaupun tahu aturan dasarnya.

Anyway, Gotou sendiri adalah karakter yang menarik. Dia sudah jelas merupakan musuh Rei namun kemanusiannya banyak ditekankan di episode ini. Agak lucu juga saat menyadari Bakugou dan Nikaido itu seiyuu-nya sama, it made Bakugou adorable in hindsight.

Fate/Grand Order

Etherlite

Rate up is a lie, saya dispook Miss appmedia 3.0 (NP2), padahal keluar pelangi ffs. Jadi saya triggered buat ngabisin quartz.

So… yeah, rate up is a lie, sort of. Mungkin JOI harus berubah nama jadi Jurnal Garam Indonesia.

As for the story itself, it’s not bad at all. Tahta cerita terbaik di FGO so far masih dipegang oleh Camelot & event CCC tapi Shimosa cukup menarik, meskipun ceritanya mengadaptasi novel Makai Tensho (Yamada Futaro, 1967).

FGO NA

Kaptain

Sumanai dan 3.0 setelah 5 roll. Nggak ada Tamamo, tapi saya cukup dapat banyak Event CE yang ngebuat grind kali ini rada enakan. Saya menolak pake SQ lagi sebelum 2030 rate up, Okita be damned.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Dari semua seri yang sudah tayang apakah kalian sudah menemukan surprise hit musim ini? Sebuah seri yang kualitasnya diluar dugaan saat kalian tonton, karena Houseki no Kuni dan Garo memegang posisi ini bagi saya.

Header: Menea