Jadwal Kerja Aoyama Gosho: 20 Jam per Hari, 5 Kali Seminggu

October 26, 2017 6:41 pm
Jadwal Kerja Aoyama Gosho: 20 Jam per Hari, 5 Kali Seminggu

Aoyama Gosho tentunya adalah nama seorang mangaka yang sudah tidak asing lagi, melihat Detective Conan saja sudah mencapai volume 93 sejak publikasinya di tahun 1994. Pada buku Aoyama Gosho 30-Shuunen Hon yang dipublikasikan pada 18 Oktober kemarin untuk merayakan 30 tahun karirnya, ditemukan jadwal kerja dirinya yang bisa dibilang sebrutal jadwal kerja Eichiro Oda.

Grafik diatas menunjukkan bahwa dia bekerja 20 jam sehari dan hanya istirahat 15 menit selama tiga kali untuk makan. Dia tidur di kantor dari jam 11.00 sampai 14.00 pada hari itu dan tidur sebentar di jam 02.00 malam selama 30 menit. Naman saat lebih sibuk dia tidak ada waktu untuk tidur 30 menit tersebut.

Memang dia memiliki 2 hari libur tiap minggunya, namun hari libur tersebut digunakan untuk mengerjakan Storyboard selama 8 jam, tidur selama 12 jam, dan 4 jam waktu pribadi yang dikatakan dia habiskan untuk bermain KanColle.

Keenam asistennya juga memiliki jadwal yang tidak sebrutal itu, namun tetap saja padat. Dimana mereka bisa istirahat tidur pada saat Aoyama tidur dan membawakannya salad di jam 01.45.

Aoyama juga umumnya mengadakan pertemuan tiga minggu sekali sebelum memulai lagi jadwal kerjanya. Tiap bulannya dia akan menghabiskan tiga minggu untuk menulis dan menggambar, dan menggunakan waktu sisanya untuk menyiapkan seri selanjutnya.

Selain menjelaskan jadwal kerja yang brutal namun wajar untuk seorang mangaka veteran, buku ini juga berisikan berbagai ilustrasi sumbangan dari mangaka lain, cerita karir Aoyama dari tahun 1986, biografi Aoyama, dan wawancara 6 jam yang melibatkan proses pembuatan Detective Conan.

Sumber: ANN