[JOI Spotlight] Spooky Edition

October 30, 2017 4:50 pm
[JOI Spotlight] Spooky Edition

Selamat datang di JOI Spotlight terakhir untuk bulan Oktober ini, yang maaf update rubrik ini dan berita agak telat karena ada penyesuaian teknis pada situsnya. Seperti biasa kami akan menghadirkan berbagai impresi untuk seri yang sudah tayang Minggu lalu.

Imouto sae Ireba Ii 03

Kaptain

This episode is brought to you by A&W dan dinas turisme Okinawa & Hokkaido. To this series credits, karakter seri ini sadar bahwa ngegiring karakter yang jelas-jelas tertarik dengan mereka itu sesuatu yang sangat tidak sopan. Itsuki yang sampai sekarang juga saya masih nggak suka setidaknya secara jelas mengatakan bahwa dia tidak ingin menjalin hubungan dengan Nayuta, ini sudah membuatnya jauh lebih mendingan dibandingkan protag harem pada umumnya.

Gintama 332

Etherlite

I came for the laughs, but what is this liquid in my eyes?

Kujira no Kora wa Sajou ni Utau 03

Etherlite

Dari liat PVnya sebenernya uda tau bakal begini, tapi tetep miris. Mungkin banyak dari antara kalian yang mau drop karena some of your favorite characters dibantai for unknown reason, Tapi saya masih penasaran apa alasan Zura Oruka melakukan semua itu. What’s next? Saya sih pengennya liat elders council diinterogasi, tapi mengingat mereka bakal balik seminggu lagi kayaknya lebih penting latihan tempur dulu.

UQ Holder! 04

Etherlite

Akhirnya dapet musuh yang kuat. Yang ngajarin touta flash step sedikit mengingatkan saya pada Rakan, tapi rasanya lain. Lalu neneknya sister Kasuga kayaknya ‘sister’ Kasuga Misora. As for the story, Kuroumaru udah nembak flare, jadi mestinya begitu Yukihime dateng akan beres, tapi rasanya ga seru kalo Touta ga bangkit & ngalahin mereka. Also, Chamo ganggu pemandangan Karin-chan aja…

Juuni Taisen 04

Kaptain

Oke, polanya berubah di sini. Namun saya masih yakin Monyet bakal tetap mati, orang idealis kayak dia nggak mungkin bisa hidup sampai akhir di cerita seperti ini. Bukan karena idealismenya membuatnya lemah, tapi seringkali arc naratif karakter semacam ini itu “mati untuk menginspirasi orang lain”. Memang latar belakang monyet sebagai negosiator itu sudah bisa ditebak, cuma saya nggak nyangka tiga dewa monyet terlibat juga dalam pertumbuhannya.

Inuyashiki 03

Kaptain

Iya, gitu aja. Respon dari kedua alienbot terhadap insiden minggu lalu adalah “tadi itu aneh banget”. Saya akui scene terakhirnya itu efektif, baik Inuyashiki yang langsung mencari lebih banyak orang untuk dibantu setelah mengetahui fungsi barunya, maupun suara Shishigami. Seri ini memang bagusnya saat bisa seimbang menunjukkan kehidupan keduanya.

Shoujo Shuumatsu Ryokou 04

You could make a religion out of this

Kaptain

7 Agustus 3270. Satu fungsi yang saya baru nyadar bisa digunakan kamera yang ternyata adalah kamera digital itu adalah sebagai kalender, jadi sekarang kita bisa tahu progresi waktunya. Memang ini pada dasarnya adalah anime santai, namun momen seperti saat mati lampu dan tabrakan dengan patung itu bisa menghasilkan tension yang bagus, dan pelajaran untuk selalu pakai helm nggak peduli selambat apapun kendaraan bermotornya.

That got to be the cutest way to explain existensial dread. Begitu juga dengan penjelasan teologi settingnya, jadi patungnya itu semacam dewi ya? Satu lagi detil yang saya demen dari seri ini adalah tulisan yang digunakan adalah hiragana yang lebih disederhanakan lagi, cara yang bagus untuk menunjukkan bagaimana bahasa dunia ini hidup dan mati seperti konsep keju.

Kalimat “apaan tuh, bisa dimakan nggak?” memang sering digunakan sebagai ekspresi untuk mengindahkan sesuatu, tapi kata itu adalah pertanyaan yang valid di sini. Keju adalah sesuatu yang mereka tahu bisa dimakan namun stok mereka hanya akan bertahan sebulan lagi, sementara dewi, foto, dan kuil episode ini adalah sesuatu yang walaupun tidak bisa membuat mereka terus hidup akan terus ada jauh setelah mereka mati. Mereka sadar hal seperti itu memiliki nilai tersendiri, tapi melihat kondisi saat ini mereka tentu akan lebih mementingkan keju dan satu sama lain.

Garo Vanishing Line 04

Kaptain

Hal paling menakutkan dari seri ini sejauh ini adalah Smoothie seharga 21,5$. Bukan episode yang jelek, cuma episode yang berfokus ke Sophie ini adalah episode paling lemah sejauh ini, karena karakternya sendiri nggak terlalu menarik. Can we have more karate nun instead? Saya prediksi kakaknya Sophie sudah berubah jadi Horror, dude was way to unsettling.

Ballroom e Youkoso 17

Kaptain

Yah, Hyodou nari Cucaracha di skip. Di mandatory onsen episode ini masalah Tatara dan Chinatsu masing-masing dijelaskan, anime-nya juga akhirnya ngejar kompetisi manga-nya. Cuma saya sayangnya nggak optimis dengan adaptasi kompetisi ini, banyak momen-momen kecil yang bagus di arc ini namun adaptasi ini terkenal suka melewatkan momen seperti itu.

Houseki no Kuni 04


Kaptain

Karakter yang jelas-jelas perempuan? What are you doing in this show? Sang “Raja” lebih sensual di sini dibandingkan manga-nya, thanks Orange. Kalau dipikir-pikir suplai Monmusu di musim ini emang dikit, praise the water jug.

Episode ini mengungkap apa yang terjadi pada umat manusia, walaupun kalian yang kemarin-kemarin melihat perbandingan seri ini dengan NieR dari saya seharusnya sudah bisa menebaknya.

Love Live! Sunshine!! 04

Kaptain

Episode khusus untuk the second best Dia(mond) untuk musim ini, yang saya bersyukur diakhiri dengan Dia yang akhirnya menerima posisinya sebagai “the uptight but reliable one”. Saya demen saat masalah utama cerita semacam ini itu saat kesulitan finansial, they tend to do silly crap during that time.

Sangatsu no Lion 25

Kaptain

It begins. The Hina Arc. Inilah alasan terbesar kenapa Kemetrian Pendidikan Jepang sampai berkolaborasi dengan seri ini untuk menanggulangi kasus bullying. Kalian bisa lihat sendiri efek pengucilan pada Rei, sebuah manusia yang menjadi Robot Shogi untuk terus hidup. Sekarang hal yang sama terjadi pada Hina.

Kekkai Sensen 04

Kaptain

Agensinya Chain sure got plenty of high quality OL. Skill-nya manusia serigala di sini cukup unik, mereka bisa menghilang cuma kemampuan ini terlalu efektif sehingga ada resiko efeknya permanen. Token ada untuk memaksa mereka kembali ke dunia, dan token milik Chain adalah “Jangan sampai Steven tahu kondisi apartemennya” which is adorable.

Blend S 04

Etherlite

Onee-sama the new best character, lebih tepatnya karena Kaho lebih banyak jadi responding character saja, overshadowed by Maika most of the time. Masih menarik, tapi saya berharap kedepannya fokus ceritanya bisa dibagi-bagi. Meanwhile, Empress Maika terlalu seram.

Kino no Tabi 04

Etherlite

Fokus cerita kali ini bertuju kepada Shizu & Riku. Awalnya saya mengira ini adalah cerita khas dimana kaum elit yang memegang kekuasaan hidup seenaknya tanpa memperhatikan kaum miskin, tahunya lebih kompleks dari itu.

Shizu & Riku ingin menyebrang laut untuk mencari tempat yang bisa mereka tinggali, dan mereka bertemu dengan negeri yang tepat, yaitu negeri kapal, yang hidup sambil mengarungi samudera. Shizu yang ingin mencari tempat tinggal juga ingin melihat kehidupan mereka, yang sebenarnya bila tidak berharap banyak tidak terlalu buruk. Mereka hanya memancing untuk mencari makan dan berdagang saat mendarat. Hanya saja, mereka sudah terlalu biasa dengan guncangan kuat sehingga tidak menyadari lagi bahaya yang mengancam mereka dan negeri kapal ini.

Shizu yang menyadari hal tersebut ingin mengubah cara pandang tower clan, tapi tentu tidak bisa, karena tower clan itu hanyalah mesin. Orang-orang tua yang dulu tinggal di sana mati terkena wabah & menyisakan anak-anak yang tidak memiliki cukup pengetahuan untuk merawat kapal tersebut. Ingin mencari tempat untuk memperbaiki juga sulit karena mereka hanyalah AI yang terikat pada kapal, sementara memindahkan seluruh negeri ke daratan juga tidak bisa karena mereka tidak mempunyai ilmu bagaimana tinggal di daratan untuk diajarkan kepada kaum miskin. Maka dari itu mereka menunggu ada orang seperti Shizu yang mau menjadi raja yang baru, perlahan-lahan mengajarkan kaum miskin bagaimana cara hidup di daratan sambil mencari cara untuk memperbaiki negeri kapal.

Ironisnya tidak hanya berhenti disitu, karena Shizu ditusuk oleh Tifana yang menganggapnya merusak kesehariannya. Tifana yang sebatang kara akhirnya dipungut oleh Shizu, meskipun hampir dengan extreme bunuh diri bersama. Beruntung ada Kino yang bisa merawat luka Shizu. Yang saya penasaran, apa kejutan yang akan diberikan Kino kepada Shizu saat mereka bertemu berikutnya? Apakah berkaitan dengan spoiler di episode kedua? Sebelum itu Shizu harus hidup menghindari polisi supaya tidak ditangkap karena menculik anak kecil…

Kamen Rider Build 09

bukan_randy

Akhirnya peran si karakter jurnalis di cerita ini mulai kelihatan, dan untungnya bukan cuma sekedar “fans kamen rider”/pemeriah suasana saja. Orang yang secara sukarela berubah menjadi Smash juga pertama kali dimunculkan di sini, meski tampaknya tetap kehilangan kendali dan/atau ingatan selama berubah. Seperti biasa, plot & reveal terus berjalan di episode ini, dan buildup (no pun intended) untuk episode 10 di mana Faust akan mencuri Pandora Box membuat saya tidak sabar akan ada hal gila apa lagi di episode minggu depan.

Menariknya, kata-kata Katsuragi Takumi di video di mana dia memperkenalkan Project Build adalah kata-kata yang sama yang digunakan oleh Build di kemunculannya di TV series Kamen Rider Ex-Aid. Entah apakah ini berarti Build yang muncul di Ex-Aid bukanlah Sento, atau sekedar menjelaskan kenapa Build di tv series ini tidak menggunakan catchphrases yang dia gunakan di Ex-Aid (which is a good thing, soalnya norak abis lol).

Jurnal Garam Indonesia Fate/Grand Order

Etherlite

Halloween tidak akan lengkap tanpa event konyol Eli-chan, dan JOI tidak akan lengkap tanpa garam. Special thanks to Google, karena saya roll itu dengan uang cashback Summer Event kemarin.

Kaptain

Kenapa CE Nighty jadi kayak karakter bikinan Mizuryu Kei. Iya saya tahu Redrop yang ngegambar dan udah tradisi CE Halloween itu selalu ada yang kayak gitu. Era Dangerous Beast sudah berakhir, the time of Neon Condom Bikini is upon us. Dijamin nih kostum bakal jadi meme outfit musim ini.

Anyway, NA. Toko gampang banget dikosongin, kayaknya saya emang lebih hoki aja di drop rate dibanding Gacha. Drop material dapet banyak, Halloween Princess juga udah bisa limit break.

Eiyuu Densetsu Sen no Kiseki 2 (Legend of Heroes Trails of Cold Steel 2)

Etherlite

Akhirnya kelar setelah… 3 tahun. Right on time sebelum Sen no Kiseki 3 saya sampai besok. Great story, meskipun bukan yang terbaik di seri ini (Sora SC & Ao still the best). Satu komplain saya adalah final boss & secret bossnya gampang banget. Melawan Crow & Vita JAUH lebih frustrating daripada End of Vermilion maupun Roa Lucifaria. Untuk Roa mungkin mudah karena saya agak curang pakai Vita & Rixia.

Sekian JOI Spotlight kali ini, seperti yang bisa kalian lihat dari header diatas, kami sudah menyiapkan ilustrasi khusus untuk Halloween besok. Jadi tunggu kehadirannya.