P.A. Works Membuka Lowongan Kerja Baru dengan Gaji yang Mengejutkan

October 31, 2017 3:58 pm
P.A. Works Membuka Lowongan Kerja Baru dengan Gaji yang Mengejutkan

P.A. Works tentunya sudah kalian kenal lewat karyanya seperti Shirobako yang memberi saya banyak suplai ilustrasi yang relevan dengan kondisi industri anime yang masih butuh peningkatan, seperti di artikel ini. Baru-baru ini mereka membuka lowongan kerja yang detilnya cukup membuat kaget pembacanya.

Untuk mengerjakan proyek anime musim semi 2018, studio ini membuka lowongan untuk animator paruh waktu yang bisa mendapat kesempatan untuk menjadi karyawan penuh. Jadwal kerjanya adalah dari jam 10.00 sampai jam 19.00 dengan satu jam istirahat dari hari Senin sampai Jumat, dan pekerja akan diupahi 770 Yen per jam.

Sebagai perbandingan saja, gaji pegawai paruh waktu minimarket Jepang umumnya adalah 900-1000 Yen per jam. 770 Yen juga sebenarnya adalah upah minimum per jam Toyama, sehingga wajar saja bila ada sentimen bahwa studio ini masih kurang menghargai pegawainya.

Ya, animator industri anime yang kualitas lingkungan kerjanya buruk memang bukan berita baru, entah kurangnya bayaran dari posisi ini memang karena tanggung jawab kerjanya yang entry level atau industri ini hanya mau menerima staf yang bersedia bekerja dengan kondisi seperti itu.

Sumber: Crunchyroll