[JOI Spotlight] S Stands for Spotlight Edition

November 5, 2017 7:35 pm
[JOI Spotlight] S Stands for Spotlight Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertama bulan November ini, dimana saya berharap meme di judul kali ini belum basi. Seperti biasa kami akan menghadirkan berbagai impresi untuk seri yang sudah tayang Minggu ini.

Imouto sae Ireba Ii 04

Kaptain

Tax fraud made fun and sexy. Jika ada seri yang bisa membuat audit pajak menarik, seri itu pantas mendapat pujian walaupun saya masiih benci semua karakternya. Kalau kalian merasa ending kali ini terlihat kayak Rakudai Kishi dulu, itu karena staf-nya emang sama.

Juuni Taisen 05

Kaptain

Nggak ada yang mati lagi. Turnamen kesembilan itu bikin saya ketawa, pertandingan di ruang angkasa itu bukan untuk menentukan siapa petarung yang terbaik, tapi siapa yang pertama kali sadar bahwa mereka ada di ruang angkasa dan kabur secepat mungkin. It’s space for frak sake, segalanya bisa membunuh manusia di sana.

Kenapa para kontestan wajib memenuhi undangan juga bisa dideduksi di sini, ada pihak yang menggunakan turnamen sebagai perwakilan konflik mereka, cuma saya masih nggak paham kenapa mesti nunggu sampai setengah kontestannya mati dulu.

UQ Holder! 05

Etherlite

Penjelasan kenapa Touta bisa punya ilmu Magia Erebea sangat… ga niat. Well, I guess it’s taking a different approach from Negima, dimana Negi berusaha keras untuk mendapatkan jurus/magic baru, Touta tiba-tiba udah dapet aja.

Inuyashiki 04

Kaptain

Orang yang baru aja bertahan dari satu klip pistol ke kepala? Let’s keep picking a fight with him. Iya, orang-orang di dunia ini mayoritas punya tingkat kecerdasan yang sama dengan bandit Skyrim. Kedepannya saya mungkin baru akan nulis impresi lagi sampe episode “trolling”, arc itu bakal jadi tambang emas buat postingan.

Gundam Build Fighters Battlogue 04

Kaptain

It’s super LARP, buat ngiklainin PG Exia. Saya akui Setsuna raksasanya itu emang lucu, i mean what do you expect?

Kujira no Kora wa Sajou ni Utau 04

Etherlite

Pengecut banget eldersnya. Nambah-nambahin masalah sementara harus persiapan buat melawan pasukan yang akan datang in less than 7 days. Still curious about the forementioned ‘sin’ their ancestor made when they were exiled.

Shoujo Shuumatsu Ryokou 05

Kaptain

Baru aja saya nulis soal rumah di 3 episode rules kemaren, bisa pas aja jadi topik pertama episodenya. Di episode ini kita dapat cara terbaik untuk memasukkan insert song (yang komposernya Baker), yang penggunaannya pas banget dengan konteks situasinya. Inilah yang saya maksud dengan mencari kebahagiaan sekecil apapun, all you need is some junk, the nature, and someone to share it with.

Garo Vanishing Line – 05

Kaptain

Yak, kedepannya kemungkinan besar Sophie bakal jadi Makai Alchemist, ini progresi karakter yang bisa saya dukung. Saya tahu warga sipil yang hilang dan nggak dipeduliin lagi masyarakat itu aspek yang umum di cerita seperti ini, cuma orang kaya dan berpengaruh yang ngilang setelah melakukan hal yang relatif sama itu ternyata dapat perlakuan serupa di sini.

Kino no Tabi 05

Etherlite

Episode kali ini dibagi menjadi 2 cerita, yang pertama not that special, hanya seseorang yang diidolakan karena jasanya, tapi hal yang dikagumi menjadi terlalu luas & jadi ngalor-ngidul kemana-mana. Also Motorrad is meant to be ridden everywhere, not confined in a single space.

The second one is a lie, on top of a lie, on top of a lie, on top of a lie, glazed with a lying cream and iced with a liar strawberry. They are happy with the status quo, so be it, but does it make you think, “what if” they didn’t lie in the first place? Mungkin mereka ga akan pernah ketemu, princessnya masi di kerajaan sementara heronya masih jadi polisi di jalanan, dan temannya hero itu masih jadi double agent.

Houseki no Kuni 05

Kaptain

Saya udah ngomong belum sih kalau skrip dan casting anime ini bagus banget? Delivery-nya Tomoyo Kurosawa bagus banget di sini. Phos lebih kecewa dengan pengkhianatan yang dia terima dan kegagalannya untuk menemukan tujuan baru untuk Cinnabar daripada marah, and she nailed this conversation.

Phos dapet midseason upgrade, dan bayaran dari kekuatan baru ini adalah ⅓ dari dirinya. Untuk kalian yang khawatir Phos akan terus kehilangan identitasnya seiring mendapat kekuatan baru, saya cuma bisa bilang “perkembangannya” ini adalah daya tarik utama pribadi saya untuk seri ini.

Love Live! Sunshine!! 05

Kaptain

“Kenapa nggak dititipin ke You?”
“Situ benci banget anjing ya?”

Damn Sunrise, just can’t stop dunking on You. Kembali lagi ke tema musim ini, “mukjizat jarang terjadi, namun bukan berarti kita harus berhenti mencoba mewujudkannya”. Si anjing emang nggak balik, tapi setidaknya Riko dah nggak panik lagi sama Shiitake.

Sangatsu no Lion 26

Kaptain

Adegan di arc ini jadi lebih menyakitkan berkat Kana Hanazawa & penyutradaraan Shaft. Kemungkinan besar Hina kan terus menderita sampai akhir season ini, namun ini juga momen dimana Rei menjadi lebih proaktif dan mulai menemukan tujuan hidupnya.

Kekkai Sensen & Beyond 5

Kaptain

We Dead Space now. Untuk kalian yang penasaran kenapa Zed nggak banyak ngomong di sini, itu karena di manga sendiri dia belum nongol di cerita ini. Penggelapan adegan yang banyak efeknya itu dilakukan untuk melindungi penonton yang rentan dengan epilepsi, cuma di sini sayangnya malah ngerusak adegan sakuga.

Blend S 05

Etherlite

Darah S-nya runs in the family? Tapi Maika memang bibit unggul. Things are progressing well with Tenchou, tapi Akizuki & Oppai-chan not really…

Ballroom e Youkoso 18

Kaptain

Gaun “default” Chinatsu akhirnya nongol juga. Our main pair finally git gud, baik di dalam maupun di luar heat. Walaupun deskripsi Hyodou rasanya lebih tepat, Tatara bukan menjadi lebih baik, tapi berevolusi secara menakutkan.

Fate/Grand Order

Etherlite

Event Halloween sudah beres, minggu ini back to daily grinding, so nothing new to see. Kenapa masih pasang Jack? Karena Osakabe Hime saya masih 6/5/5.

Signum

Sebagai seorang F2P, rasanya saya menyalahi kodrat.

Eiyuu Densetsu Sen no Kiseki III

Etherlite

Graphicnya mengalami kemajuan jauh dari Sen III, tapi terkesan ‘kurang’ bila dibandingkan dengan game PS4 lain yang pernah saya mainkan (Wajar sih, saya cuma pernah main The Last of Us remastered, FIFA 18 & Nier Automata). Seperti screenshot diatas, ada banyak returning characters dari Sora, Ao, dan Sen. Yang saya sayangkan ada beberapa info penting yang belum pernah dimuat di game-game sebelumnya, mendadak ditampilkan sebagai flashback pendek saja.

UI yang baru membuat battle lebih cepat dan efisien, tapi tetap ada learning curvenya karena saya masih sering salah pencet. Mini game barunya berupa TCG bernama Vantage Masters yang jelas lebih complicated daripada Blade, tapi cukup menarik untuk dimainkan. Saya tidak akan bahas game ini seterusnya karena ada potensi besar untuk spoiler, bagi yang berminat silahkan selesaikan Trails in the Sky FC-SC-the Third & Trails of Cold Steel I-II dulu.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Apa kalian sudah menemukan opening dan ending favorit kalian untuk musim ini? Sejauh ini lagu pembuka Houseki no Kuni menjadi kandidat utama saya.