Seri Buatan Type-Moon Menjadi Seri yang Paling Banyak Diadaptasi di Comiket 93

November 6, 2017 5:09 pm
Seri Buatan Type-Moon Menjadi Seri yang Paling Banyak Diadaptasi di Comiket 93

Comiket 93 akan diselenggarakan pada akhir Desember nanti. Tentunya berbagai seri akan diadaptasi oleh fans pada acara tersebut. Seperti biasa seri tertentu akan mendominasi katalog karya acara ini, namun setelah tiga tahun berturut-turut akhirnya Kantai Collection jatuh dari posisi pertama mereka.

Type-Moon kali ini telah memegang posisi pertama dari seri yang paling banyak diadaptasi oleh para circle/grup Comiket, yang pada C92 sendiri memegang posisi kelima. Terdapat total 1498 circle yang mendaftarkan seri ini, sementara KanColle yang memegang posisi kedua memiliki 1460, turun dari 1802 di acara sebelumnya.

Posisi selanjutnya dipegang oleh seri Im@s yang minat terhadap seri ini mendapat peningkatan berkat perilisan Million Live! Theater Days, Touhou Project yang game keenambelasnya akan rilis minggu depan, dan Touken Ranbu di posisi kelima.

Saya melihat perpindahan posisi ini diakibatkan kombinasi dari berbagai konten baru Fate/Grand Order yang kemungkinan besar akan terus tumbuh bahkan sampai setidaknya dua tahun kedepan, dan minat pada Kancolle yang mulai direbut pangsa pasarnya oleh Azur Lane di Jepang.

Sumber: ANN