[JOI Spotlight] Fall Midseason 2017 Edition

November 12, 2017 7:39 pm
[JOI Spotlight] Fall Midseason 2017 Edition

Pertengahan musim gugur, titik dimana kebanyakan anime yang ditonton untuk musim ini sudah di lockdown. Sama seperti biasanya, JOI Spotlight akan memberikan berbagai impresi staf untuk seri yang tayang minggu ini.

Imouto Sae Ireba ii 05

Kaptain

The writer block episode. Fokus ke karakter paling menyebalkan, yang diperparah dengan ceritanya yang bebas dari kemacetan dengan menulis plotpoint yang super standar. Saat writer block semacam ini terjadi, biasanya itu saat penulis terjebak di plotpoint yang susah diselesaikan atau sadar rencana cerita awalnya itu nggak efektif jadi perlu segera diubah, tapi nih orang malah membuat cerita yang super standar saja kesulitan.

Saya nggak akan sekesal ini kalau episode pertamanya nggak menunjukkan kalau dia bisa nulis sesuatu yang orisinal walaupun super absurd, sesuatu yang membuat rekan kerjanya iri. Kalau episodenya berakhir dengan dia ngasih “Oke, ini draft yang ngelibatin protagnya minum air cebokan adiknya, take it or leave it” hal ini akan lebih pas dengan karakterisasinya sejauh ini, dan ngasih si editor kerjaan untuk ngejinakin naskahnya.

Juuni Taisen 06

Kaptain

Tiga sekaligus mati. Kembali ke ritme awalnya. Untuk pertandingan yang diisi banyak petarung veteran banyak banget yang melakukan kesalahan amatiran yang sama, “meremehkan lawan yang intelnya belum banyak”. Senggaknya kesalahan ini langsung membunuh mereka, which is fair. Karakter cewek juga tinggal Harimau doang, yang kemungkinan besar bakal jadi tiga besar kompetisi ini.

Komentar Tikus ke Kuda bahwa dia bisa masuk kemana saja membuat saya berpikir dia juga bisa masuk ke pikiran seseorang. Mungkin manupilasi pikiran adalah kekuatannya?

Kujira no Kora wa Sajou ni Utau 05

Etherlite

The turning point. Seperti Suou, saya juga merasa alasan mengapa Empire ingin menghancurkan Falaina tidak sesederhana itu. We’ll see if there’s more to it later. Jujur kekuatan perang mud whale masih nowhere near enough. Melawan satu pasukan tentara yang terlatih dengan Ouni + Danchou + lykos + Chakuro + Ginyuu-nee & guards + a handful of marked with no combat training? Persenjataan mereka juga minimal, tapi paling tidak target mereka jelas: Skylos’ Nous. Harusnya tidak akan jadi massacre seperti sebelumnya.

UQ Holder! 06

Etherlite

Fate Averruncus, seingat saya di akhir Negima dia jadi ally. Well, mungkin serangan kali ini karena shadow pervert itu sedang horny aja. Meanwhile, Kuroumaru ternyata hermaphrodite… [/NoHomo]

Shoujou Shuumatsu Ryokou 06

Kaptain

25 Oktober 3230. Suplai awal seharusnya sudah habis dan kendaraan mereka rusak, jadi kekhawatiran Chito kalau mereka akan mati di situ cukup berdasar. Yuu yang punya kemampuan bertahan hidup yang lebih baik diantara keduanya tentu saja tenang, karena tidak panik saat situasi separah itu terjadi itu sebuah kemampuan yang berharga.

Beban sebenarnya dari penerbangan baru terasa setelah fakta bahwa Ishii adalah pilot terakhir umat manusia. Penerbangan terakhir ini memang tidak berjalan mulus, namun setidaknya Ishii selamat walaupun harus terjebak di area kota yang lebih kosong. Begitu juga dengan Chii yang bisa mencatat sejarah ini.

Kembali lagi ke tema “mencari kebahagiaan di akhir dunia”, salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan menerima keputusasaan, sesuatu yang sudah dikuasai Yuu dan baru dipelajari oleh Ishii.

Yuuki Yuuna wa Yuusha de Aru -Washio Sumi-hen- 06

Etherlite

This episode marks the end of the parts covered in the movie. Stok tissuenya masih ada? Bersiaplah karena minggu depan saya akan memulai lagi spotlight untuk seri ini.

Kino no Tabi 06

Etherlite

Two main point, yang pertama adalah slavery, bagaimana ada orang-orang yang menganggap dirinya dan ‘sesama’nya sebagai orang-orang unggulan yang memiliki power dan mereka boleh bertindak seenaknya pada orang lain. Bisa karena ras, agama, uang, atau kesuksesan. Mereka mungkin masih bisa menyayangi binatang peliharaan mereka, mengapa mereka tidak bisa menyayangi sesama homo sapiens? Mungkin mereka tidak punya uncle Ben yang bisa mengajarkan mereka: “With great power comes great responsibility.”

The other topic being blind faith. Yes, Photo survived in the end. Tapi kalau saja mereka tidak memakan herb beracun itu, dia yang akan dibunuh. Atau mengatakan ke penjaga gunung bahwa dia membunuh mereka karena gagal memberitahu mereka kalau itu racun, much gambling. I’m not saying that she’s wrong, I’m saying that she should be smarter than that.

Either way, she’s too cute to appear in just one episode. Moga-moga nanti dia muncul lagi.

Garo Vanishing Line 06

Kaptain

Masih di format monster of the week. Episode ini menunjukkan dua hal penting, network Sophie berguna untuk kasus kali ini dan kompetensinya dalam menyelesaikan masalah juga masuk akal. Begitu juga dengan pekerjaan sampingan Sword yang saya kaget nggak di handwave dengan “biaya idup udah diurus Makai Order”, a neat episode for world building.

Bioskop yang ternyata adalah horror yang memancing korban dengan film dari ingatan memang menarik, cuma saya lebih kaget dengan Sophie yang bisa nyelungsep masuk ke operasional Makai Order dengan elegan.

Blend S 06

Etherlite

O-P-P-A-I-C-H-A-N B-E-S-T

Love Live! Sunshine!! 06


Kaptain

Guilty Kiss is a thing now i guess. Saya bukan orang yang atletik, tapi saya tahu pasir pantai itu tempat yang sangat jelek untuk melakukan latihan manuver atletik yang ujung-ujungnya dilakukan di panggung yang tentunya pondasinya lebih padat. Good luck buat Anchan di live Miracle Wave nanti.

Saya menghargai tiap episodenya menambahkan masalah baru untuk Aqours, saya lebih mudah menghargai grup yang harus melakukan misi bunuh diri seperti ini.

Ballroom e Youkoso 19

Kaptain

That’s a lot of confession in one episode, everybody wants to bang Chinatsu. Agak aneh juga melihat anime ini akhirnya fokus ke karakter pendukung, saya nggak protes, cuma kaget aja staf produksi akhirnya mau ngasih banyak jam tayang untuk ngembangin mereka.

Houseki no Kuni 06

Winter is coming my dude

Kaptain

Detil baru yang saya pelajari dari anime ini: Yellow dipanggil dengan nii-sama. Duo Amethyst juga lebih freaky di sini, yang merupakan peningkatan dari manga-nya. Seharusnya nggak ada yang kaget upgrade baru Phos ini nggak langsung membuatnya jadi berguna, dianya masih terlalu hijau (heh) dan pengalaman bertarungnya juga super minimal.

Petunjuk besar pertama kalau Sensei menyembunyikan sesuatu. Dia kemungkinan besar bersyukur Phos lupa dengan sebagian besar ingatan tentang apa yang terjadi soal manusia.

Sangatsu no Lion 27

Kaptain

Giliran Akari yang menderita. Posisi dimana seseorang malu melakukan hal yang benar adalah posisi yang memang menyakitkan, tentu saja seseorang yang terpaksa jadi ibu saat masih remaja bimbang dengan kasus kali ini. Diskusi awal dengan Hayashida tentang bullying memberi gambaran bagus tentang bagaimana kasus Hina harus diurus, tidak cukup untuk menghentikan bullying, lingkungan yang menyebabkan hal ini terjadi baik dari lingkup murid, pengajar, dan orang tua lah yang harus diperbaiki. 

Kekkai Sensen & Beyond 06

Kaptain

Memang season kali ini sifatnya lebih episodik, namun tujuan jangka panjang Leo untuk menyembuhkan Michella tetap ada progresinya di tiap episode. Jujur aja bagian menarik episode ini cuma pas Lockbuster nongol dan KK akhirnya balik beraksi.

Fate/Grand Order

Kaptain

Saya lebih sedih nggak dapet CE 4*-5* buat event dibandingkan Okita. Grind kali ini jadinya lebih nyebelin. Paling nggak event kali ini balik ke model Carnival Phantasm lagi ceritanya.

Sekian untuk JOI Spotlight kali ini. Untuk kalian sendiri seri musim ini yang sudah fix akan nonton sampai habis atau baru-baru ini di drop apa saja dan kenapa? Sampaikan lewat kolom komentar di bawah.

Header: 00