Akira Toriyama Tercatat dalam Daftar Nama Paradise Papers

November 14, 2017 2:36 pm
Akira Toriyama Tercatat dalam Daftar Nama Paradise Papers

Salah satu berita global besar yang terungkap baru-baru ini adalah Paradise Papers, dokumen yang mengungkap bukti bahwa berbagai tokoh dunia dunia menyembunyikan aset mereka. Salah satu nama yang terungkap di dokumen tersebut adalah Akira Toriyamamangaka dari Dragon Ball.

Toriyama adalah satu dari 12 warga Jepang yang melakukan investasi pada sebuah perusahaan real estate Amerika Serikat pada tahun 2000. Perusahaan tersebut terbukti menggunakan metode akuntansi yang “tidak sesuai dengan regulasi federal,” dimana depresiasi dari dividen investor digunakan untuk menyembunyikan nilai sebenarnya dari penghasilan perusahaan. Pada tahun 2005 para investor diminta para petugas pajak untuk membayar pajak tambahan berdasarkan nilai sebenarnya investasi mereka.

Pada pengadilan tinggi Amerika Serikat terdapat preseden dari tahun 2015, dimana para investor perusahaan yang bandel juga dituntut untuk membayar kekurangan pajak dan para investor gagal dalam mengajukan banding.

Toriyama saat ini tidak bisa berkomentar akibat jadwalnya yang sibuk.

Berbeda dengan kasus Mamare Touno dulu, Toriyama hanya melakukan investasi dan tidak secara langsung melakukan penggelapan pajak karena pelanggaran dilakukan sepenuhnya oleh perusahaan. Hanya saja berhubung adanya preseden seperti yang dijelaskan diatas, ada kemungkinan Toriyama sebagai investor harus membayar ganti rugi juga.

Sumber: ANN