[JOI Spotlight] Fear & Loathing Edition

November 19, 2017 7:18 pm
[JOI Spotlight] Fear & Loathing Edition

Selamat datang di JOI Spotlight untuk minggu ini, yang maaf bersama dengan berbagai perilisan artikel agak telat akibat masalah teknis. Sama seperti biasanya, kami akan memberikan berbagai impresi staf untuk seri yang tayang minggu ini.

Imouto Sae Ireba ii 06

Kaptain

⅔ episode ini kesannya seperti padding. Mangaka yang kooperatif, piknik, sexual assault, board game, semua itu nggak ada hubungannya dengan klimaks episodenya. Masih inget video “streaming” dan “coop” di presentasi game besar semacam E3? Board game (yang memang produk sungguhan) kali ini kesannya kayak gitu, reaksinya terlalu scripted untuk sesuatu yang sangat mengandalkan reaksi spontan dan pemain yang punya selera humor. Which they don’t have any of.

Komplain di akhir episode juga kesannya seperti tumpahan hati Yomi Hirasaka soal Haganai. Oke, situ suka dengan aspek dan tipe cerita tertentu, dan ngaku bahwa seri itu dibuat berdasarkan tren agar mudah populer. Dari semua rencana itu ada nggak yang melibatkan nulis cerita dengan kompeten?

Iya, nggak ada yang suka proyek yang mereka sudah susah payah kerjakan itu gagal, but maybe, just maybe; make a passable product first? Produk jelek akan dapat respon jelek, dan melihat saya cuma punya karya dia dan Itsuki sebagai standar kualitas dunia ini (keduanya nulis fantasy battle harem), saya rasa anime-nya tidak diperlihatkan karena saking jeleknya penontonnya bisa kena katarak.

Saya akui saya ke-trigger sama respon ke Excalibur: “Ini niru Fate ya?”. Ini sama buruknya dengan orang yang ngira Avalon itu sarung pedangnya Excalibur.

Juuni Taisen 07

Kaptain

Episode dengan kualitas produksi terendah dan backstory yang lemah banget, “maling kembar” itu bukan backstory yang menarik. Tensi dari kakak beradik yang harus membunuh satu sama lain juga nggak relevan dengan situasi kali ini, because Dragon is a jerk.

Jadi itu caranya nyurangin urutan pembunuhan, urutannya tidak menggunakan timeline kejadian sebenarnya, tapi urutan episode. That works. Ular sendiri yang dari backstorynya cuma maling yang mahir dengan api merupakan kontestan paling kompeten setelah dia mati, sementara kembarannya yang bisa terbang tentunya akan mati karena nggak mungkin kontestan yang cara bertandingnya mbosenin semacam ini bisa bertahan.

Harimau sendiri juga aman walaupun muka dan kemungkinan besar organ internalnya terbakar, berhubung dia belum nyeritain flashback-nya.

Inuyashiki 06

Kaptain

Finally. Kembali lagi ke program “Orang-orang yang insting bertahan hidupnya sama sekali ga ada.” Untuk seseorang yang bisa nyari lokasi orang dari situs anonim dan ngebunuh mereka lewat IP, entah kenapa ga ada niat sekalipun untuk ngilangin jejak dia ataupun pindah ketempat yang susah dideteksi.

Kujira no Kora wa Sajou ni Utau 06

Etherlite

The calm before the storm, literally. I believe they can overcome this challenge, but the question is: how many will survive? Rewardnya juga sudah dibocorkan, rahasia Falaina tampaknya akan menjadi topik utama dari arc berikutnya.

Shoujo Shuumatsu Ryokou 07

Kaptain

7 November 3230. Jauh juga pusat pembuatan ransum dari bandara. Tombol merah untuk jalan. Tombol hijau untuk stop. Siapa sih yang ngedesain nih pabrik? Kayaknya dunia ini hancur karena orang salah neken tombol “launch nuke” (merah) dan bukan “abort launch” (hijau).

Masalah suplai harusnya sudah beres sekarang. Saya nggak sendirian kan, yang melihat area baru ini seperti screensaver Windows lama?

Garo – Vanishing Line 07

Kaptain

RIP Kung Fu Nun. Ga banyak orang yang bisa ngelawan Horror dengan tangan kosong, so points for going out as a badass. Dengan ini Sophie sudah sepenuhnya terlibat dengan Makai Order, Sword nggak bisa begitu aja nyuruh dia pulang setelah apa yang terjadi.

Dark Knight seri ini akhirnya nongol, dan sudah jadi tradisi Garo kalau posisi Makai Knight yang sudah jadi Horror ini seenggaknya dipegang oleh midboss ceritanya. Kemungkinan besar dia bapaknya Luke, jadi untuk sementara saya akan manggil dia Vader.

Kemungkinan besar perekrutan di episode ini dilakukan untuk mendapatkan spesialis untuk membangun El Dorado, cuma saya nggak tahu kenapa vlogger dan tim e-sport itu perlu dijadiin prioritas rekruitmen.

Love Live! Sunshine!! 07

Kaptain

They failed. Uranohoshi tetap akan tutup. Seperti yang saya tulis di Imosae di atas, nggak ada yang suka proyek yang mereka kerjakan sekuat tenaga gagal. Namun gagal bahkan setelah melakukan segalanya dengan baik? That’s true pain.

Nggak semudah itu maju ke final Love Live dengan hilangnya tujuan utama mereka, dan saya bersyukur anime ini nggak sebatas bilang “Ya udah sekalian aja ikut biar ga mubazir”. Aqours adalah grup idol Uranohoshi, dan mereka akan berjuang agar Uranohoshi menjadi sekolah yang dikenal sebagai pemenang Love Live! sebelum sekolah itu mati. The True Last Stand starts here.

On a less serious note, siapa sih yang daftar masuk sekolah pas pagi buta?

UQ Holder! 07

Etherlite

Hmm, ada banyak blank yang perlu dipertanyakan. Tapi yang terbesar tetap pertanyaan Touta: Kalau di temennya Negi kenapa dia mengincar Touta? Meanwhile Kirie-chan tsundere tapi lucu juga. Lastly, a plot hole, kalau teman-temannya mati juga karena kena laser, dengan kekuatan Kirie bukannya bakal balik lagi in time jadi mereka juga bakal ‘selamat’ ya?

Houseki no Kuni 07

Kaptain

Hot damn. Episode ini ngelakuin banyak banget hal yang bagus. Eksekusi komedinya bagus, sakuga-nya banter, dan Es “hidup” adaptasi ini diperlihatkan dengan baik ancamannya. Walaupun patroli musim dingin ini adalah arc yang saya punya ekspektasi tinggi, saya tetap dikagetkan dengan Orange yang berhasil mengungguli ekspektasi saya.

Jadi ya Phos sadar kakinya yang cepat itu masih belum cukup untuk membuatnya berguna. Tiba saatnya untuk upgrade selanjutnya dan biaya yang harus dia bayar.

Kino no Tabi 07

Etherlite

The funniest episode of them all, Kino sendiri cukup keren, tapi Masternya lebih gila lagi. Some interesting thoughts there, dengan nembak kaki saja dan tidak mengambil nyawanya, musuh menjadi takut, tanpa berpikir soal balas dendam. Takutnya karena marksmanship mereka sih, basically mereka ngomong “If we want to, we can easily take your life.” Tapi dengan satu kejadian begitu saja mereka jadi berubah pikiran dan ga korupsi lagi itu too good to be true sih.

“I used to be a policeman but I took a bullet to my knee.”

Blend S 07

Etherlite

Tidak seperti minggu lalu yang hanya diisi episode fanservice, minggu ini topiknya cukup banyak, serasa nonton 2 episode sekaligus. As usual tenchounya over eager, sampai pada tersesat di dalam cafe. Next episode akhirnya waitress kelima akan datang, menyisakan anjing yang entah kapan akan datang…

Sangatsu no Lion 28

Kaptain

Jadi bagaimana cara melawan kebusukan yang terus menerus disembunyikan? You expose it for everyone to see, sampai ke titik dimana masalah tersebut tidak bisa disembunyikan lagi. Si bu guru tidak selamanya bisa berpaling dari semua ini. Kita masih dititik dimana pengalaman korban bullying dijabarkan dengan menyakitkan, dan bagaimana semua ini ditanggulangi baru akan dimulai.

Kita sudah sering melihat Hina bersedih, kali ini kita akan melihat Hina yang benar-benar marah.

Kekkai Sensen & Beyond 07

Kaptain

Beware of Audiophile. Episode khusus untuk Abe Sapien Zed, dimana walaupun Hellsalems Lot itu dipenuhi berbagai mahluk, Zed adalah sebuah spesies tunggal dan ini membuatnya merasa sendirian di dunia ini. Setidaknya dia punya teman-teman yang bersedia untuk menyerang markas korporasi untuk menyelesaikan masalah yang gampang banget diselesaiin.

Ballroom e Youkoso 20

Kaptain

Backstory Akira selesai, you go girl. Kecuali saya salah inget manga-nya, ponakannya Kugimiya harusnya nongol di sini. Saya nggak tahu kenapa peregangan Tatara mesti ditampilin dua kali, that stuff is freaky.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Entah ini karena daftar tontonan saya atau apa, tapi minggu ini banyak banget episode yang dramatik, kemungkinan besar gara-gara cerita kebanyakan seri sudah masuk arc penutup musimnya.

Header: Megatr0njones