[JOI Spotlight] Easy Eight Edition

November 26, 2017 17:48
[JOI Spotlight] Easy Eight Edition

Selamat datang di JOI Spotlight terakhir untuk bulan November 2017 ini. Edisi kali ini untuk merayakan berbagai seri yang masuk episode kedelapannya minggu ini, that dan saya juga rada kehabisan ide dan gambar menarik yang relevan. Seperti biasa kami akan memberikan impresi untuk berbagai seri yang telah tayang Minggu ini.

Imosae 08


Kaptain

Sex is free action. Saya penasaran game macam apa yang punya aturan kayak gini berhubung game yang konten seksualnya banyak macem FATAL sama Zettai Reido aja ga punya aturan yang jelas-jelas unbalanced seperti ini. Entah ini translasinya yang salah atau saya salah nangkep sumber core book-nya, tapi saya jarang banget lihat TRPG barat yang pake D6.

Saya ga masalah dengan Haruto yang jadi GM walaupun sebagai manusia itu kreativitasnya bangkrut. Everyone had fun, itulah target utama TRPG. Walaupun karakter yang dimainkan itu calon untuk adventure module favorit saya: “The Dungeon of Kill Your Players Dumb Character Until They Can Make Better One”.

Juuni Taisen 08

Kaptain

Episode ini dengan sukses bisa lebih bego dari Imosae, and not in an amusing way. Entah kenapa argumen “Lha yang lain juga brengsek kaya kita” bisa lolos di sidang bego ini. Duo yang merupakan karakter paling mbosenin dari seri ini bisa-bisanya dapet jatah 2 episode, untungnya besok kita pindah fokusnya ke kontestan paling menarik yang ketahuan juga apa kelemahan Necromancy-nya.

Kujira no Kora wa Sajou ni Utau 07

Etherlite

As expected? Meskipun paling tidak belum jadi total annihilation di Falaina, perbedaan prajurit terlatih dan baru latihan kurang dari seminggu cukup terlihat, ditambah adanya firearms. Di sisi Skylos juga sama, biar SDF juga kalau tidak terlatih perang menjalankan inflitration mission berasa piknik. This time yang salah Lykos sih, harusnya dia sebagai guide lebih aktif memberitahu yang lain kalau something feels off. Now, how will Ouni & Chakuro defeat a dozen of soldiers with rifles, without their thymia?

UQ Holder! 08

Etherlite

Ken Akamatsu sendiri mengaku kalau episode ini memiliki perbedaan yang critical dibanding manganya, meskipun tidak se-critical pertanyaan Karin. Mungkin ini dibuat untuk mengakhiri seri ini hanya dengan 1 cour. Iwai Tsukuyomi muncul disini, meskipun sama-sama Shinmeiryuu swordswoman dan sama-sama disuarakan oleh Kugimiya Rie, warna rambutnya berbeda (di anime Negima, Tsukuyomi berambut coklat). Apakah mereka orang yang sama?

Shoujo Shuumatsu Ryokou 08

Kaptain

8 Desember 3230. Saya suka observasi Yuu tentang bir, “sinar bulan yang dicairkan”. Awet juga birnya berhubung tahun produksinya itu 29 tahun lalu. Kalau dipikir lagi, berhubung sejauh ini semua produk dunia ini itu tahan lama, why not beer?

Tiga cerita kali ini didasari oleh satu ide, “Life is worth living”. Kuburan di cerita pertama menceritakan bagaimana manusia berdamai dengan kematian, spiral cerita kedua menceritakan rapuhnya kehidupan dan seperti yang dikatakan Yuu, berani menghadapi kematian adalah cara manusia bisa terus hidup; cerita ketiga adalah “Life sucks, tapi paling nggak kita ada bir, satu sama lain, dan pemandangan yang bagus.”

Melihat HP yang masih dicharge, saya makin penasaran dengan apa yang membunuh dunia ini. Infrastruktur yang utuh dan relatif fungsional membuat perang, kerusuhan, dan bencana alam tidak memenuhi kriterianya. Apapun yang membunuh dunia ini melakukannya dengan sangat cepat sampai-sampai nyabut charger saja tidak sempat.

Garo – Vanishing Line 08

Kaptain

OH MY. Satu episode penuh untuk aksi setingkat ini.

Jika kalian punya minat dengan aksi dalam anime, WATCH THIS EPISODE. Kualitas dan koreografi setingkat ini bisa-bisanya nongol di seri TV. Begitu juga dengan kehancuran spektakuler kotanya yang menunjukkan kepedulian dalam geografi area pertarungan.

Saya bersyukur juga mbak koki gak mati walau death flag dapet banyak dan format eyecatch baru episode ini membuat keselamatan beberapa karakter perlu dikhawatirkan. Episode selanjutnya road trip Sophie dan Sword, jadi akhirnya kita akan jalan keluar kota.

Yuuki Yuuna wa Yuusha de Aru -Yuusha no Sho- 01


Etherlite

Do you think it was a happy everyday episode? But it was me! DESPAIR!!!! WAIFU GW MANAAAAAA!!! On the side note, kenapa makam disebelah makamnya Gin ga ada namanya, makin emosi lama-lama… Also, new Yuusha incoming?

P.s. buat yang matanya jeli (dan bisa baca kanji), on the far left ada makam Takashima Yuuna dan Iyojima Anzu. Ada beberapa makam Nogi, tapi saya tidak melihat punya Wakaba. Makam Chikage, Hinata & Tamako juga tidak nampak.

Dragon Ball Super 116


bukan_randy

At this point, penggemar lama Dragon Ball antara suka dengan DBS karena banyak memunculkan fanservice jurus/teknik lama, atau kesal karena power level-nya (lagi-lagi) dibuat berantakan dengan seberapa cepatnya Saiyan dari universe 6 mendapat powerup-powerup yang pernah didapatkan Goku dkk. Saya rasa arc ini akan ditamatkan dengan Goku yang menguasai Ultimate Instinct sambil berubah jadi Super Saiyan (atau sekalian Ultimate Instinct Super Saiyan Blue King Kai Fist x20 w/ Kintoun).

Setidaknya aktivasi Ultimate Instinct langsung jadi jaminan kalau kualitas animasinya meningkat. Tidak sampai ke tingkat Goku vs Jiren kemarin-kemarin, tapi masih tetap meningkat. Cara Goku mengalahkan Kefla juga terhitung keren. Lucunya saya seringkali merasa Goku dan Kefla serasa digambar oleh dua studio yang berbeda di eps ini.

Dengan gugurnya Kefla, saya tidak yakin ada halangan lain di arc ini selain Jiren. Then again, Frieza masih belum banyak ngapa-ngapain sih…

Blend S 08

Etherlite

Character Hideri ended up to be better than expected #NoHomo. Selain proaktif berinteraksi sebagai cowo dengan cast cowo yang lain, Hideri juga sukses jadi ‘mainan’ Miu. Although, warna rambut, berbicara pakai ‘boku’ dan ‘I’m cute!’ sedikit terlalu mirip dengan Koshimizu Sachiko…

Kino no Tabi 08

Etherlite

It’s more like a fun episode with Shizu, Ti & Riku as they begin their bond together with a new member of the troupe, kecuali pada awalnya yang bikin facepalm karena Ti mancing pakai granat. Ti masih perlu belajar soal common sense, but so far it’s not that bad. Negeri kali ini sebenarnya memiliki tema yang mirip dengan beberapa episode yang lalu: blind faith. Bahwa semua orang itu baik, ini semua salah gorgom radio waves. Tidak mengherankan seseorang yang sejak bayi dicekokin fakta yang salah, begitu disodori kebenarannya akan denial dulu, tapi reaksinya berlebihan.

Respon Ti meskipun cepat dan efektif tapi juga berlebihan, untung Shizu bisa mengikuti sandiwaranya & menyelesaikan(?) masalahnya dan keluar dari negeri itu with minimal victims, hanya 1 granat terbuang percuma karena safety pinnya dibuang.

Love Live! Sunshine!! 08

Kaptain

Episode kali ini disponsori oleh dinas turisme Hakodate. Saint Snow? More like Fail Snow. Grup rival untuk entri kali ini gagal total mencapai final walaupun sudah di-hype banyak-banyak. Arc kali ini bisa dipahami kenapa dapet jatah dua episode untuk karakter di luar grup karena bersamaan menceritakan pasangan kakak-beradik dari kedua grup. 

Houseki no Kuni 08

Kaptain

Inilah kenapa patroli musim dingin ini sering dibicarakan pembaca manga. Saya akhirnya bisa mengatakan aspek utama seri ini yang sebisa mungkin saya sembunyikan pada impresi dan review sebelumnya.

Houseki no Kuni adalah sebuah tragedi.

Adaptasi ini bisa menggambarkan dengan dramatis usaha terakhir Phos. Berkat penggunaan warnanya akhirnya terlihat jelas juga konsep yang ingin disampaikan di sini saat dia mulai hancur. Begitu juga dengan Antarct yang wajar saja kaget karena ini pertama kalinya Lunarian menyerang secara beruntun setelah diusir.

Antarct walaupun keberadaannya relatif pendek pada season ini bisa meninggalkan banyak impact dari kepergiannya. Dia adalah seseorang yang benar-benar peduli dengan Phos dibandingkan dengan gem lainnya yang mayoritas nggak peduli kalau Phos jadi siput. Walaupun saya sudah membaca manga-nya, melihat permohonan terakhir Antarct dan lagu ending yang dinyanyikan Phos, it still hurts a lot.

Sebelumnya saya membuat estimasi bahwa anime-nya akan berhenti di akhir patroli musim dingin ini, namun melihat jatah episode yang tersisa, ada kemungkinan season ini akan berakhir di cliffhanger atau mendapat sebuah non-ending.

Sangatsu no Lion 29

Kaptain

Episode “istirahat” untuk arc Bullying Namek ini. Hal terbaik untuk orang depresif seperti Rei adalah kesadaran bahwa orang lain membutuhkannya dan kemauan tinggi untuk memenuhi harapan mereka. Saya apresiasi penyutradaraan suara episode ini, saya pengen banget ngelempar Hachiya keluar jendela karenanya.

Kekkai Sensen & Beyond 08

Kaptain

I was promised Dog Hummer. Tapi perannya minimal banget di sini. Saya nggak kecewa, malah saya selalu senang dengan episode yang menekankan betapa absurdnya Hellsalem’s Lot. Bahkan bakteri saja bisa seberbahaya ini.

Kamen Rider Build 11


bukan_randy

Cross-Z Dragon keren euy. Moga-moga ga dirusak ama final formnya deh. That aside, lagi-lagi di episode ini Blood Stalk membunuh manusia on-screen. Memang, matinya itu “death by special effect“, tapi rasanya sudah lama juga sejak terakhir kali KR Heisei menampilkan musuh yang membunuh civilian secara terang-terangan. Kapan ya terakhir, Kiva?

Lucunya, entah sudah kesekian kalinya Blood Stalk jelas-jelasan membangkang dari perintah Night Rogue, atau bahkan ngelawan Night Rogue sendiri, tapi masih saja dibiarin. Entah ini writing yang kurang bagus atau nanti akan dijelasin.

Fate/Grand Order

Jeanne Spam d’Arc Spam Alter Spam Santa Spam Lily Spam is it?

Etherlite

Grinding hell? Lumayan, tapi sayang cuma dilimit 10 set gacha kaos kaki, saya masih butuh 60 lancer gold skillstone untuk Tamamo & Brynhildr dan 18 assassin gold skillstone untuk Osakabe-hime.

Move on to Salem; supposedly the last(?) part of EoR, starting next week. Bagi yang kangen garam saya, saya masih menyimpan quartz & tiket. Mari lihat apakah servant baru di Salem menarik, lihat artnya sih kurang menarik lolinya.

NA Server

Kaptain

Arts meme it is. Selama saya nggak dapet dupe Arthuria & Attila dari Guaranteed Gacha saya anggap itu sebuah kesuksesan. Zerkerlot juga enak sekarang buat farming berkat Kaleidoscope. Cuma ngarep aja interlude-nya Vlad langsung nongol di London tanpa harus nunggu EoR mulai. CE Mona Lisa bakal skip, opportunity cost buat ngedapetinnya tuh kegedean buat orang yang paling sehari sekali aja nggedor pintu.

Signum

(Masih) belum diberkahi dengan Ishtar di JP membuat saya agak sedih, namun on the contrary, entah kenapa roll di bagian NA malah jadi makin wangi. Mungkin ini saatnya saya meninggalkan akun  JP dan mulai membenahi akun NA karena emang dari kemarin dianaktirikan. Tapi saya juga bingung karena akun JP saya terlalu wangi untuk ditinggalkan.

Azur Lane

Signum

Nugrahadi bilang saya harus pamer koleksi SSR saya, karena cuma saya yang ada semua SSR dari gacha baik limited dan non limited dari awal versi JP ini keluar. Sayang masih belum dapat Maya karena masih ngubek2 3-4 nyari dupe Akagi dan Kaga supaya hemat bulin.

Berhubung saya sudah pasang The Best Ground Type MS, sekalian deh pasang lagu minggu ini.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Mungkin saya kurang menekankan ini pada rubrik spotlight sebelumnya, namun kalian yang merasa seri yang didiskusikan kurang bisa memberi impresi kalian sendiri di kolom komentar di bawah. Let’s start a discussion shall we?