[JOI Spotlight] What They Do in the Shadows Edition

December 3, 2017 6:16 pm
[JOI Spotlight] What They Do in the Shadows Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertama untuk bulan Desember ini. Semoga saja walaupun liburan dan urusan banyak di akhir tahun rubrik ini masih bisa lancar. Untuk sekarang kami akan menghadirkan berbagai impresi untuk berbagai seri yang sudah tayang pada minggu ini.

Imosae 09

Kaptain

Kalau saya harus mendeskripsikan seri ini secara positif, kalimat yang akan saya gunakan adalah “Dull people doing marginally interesting stuff”. Masalahnya episode kali ini fokusnya ke karakter paling generik seri ini, Miyako. “Motivasi” dirinya tuh “merasa biasa aja” and that’s it, dan episode ini melibatkan cerita slice of life super standar, kunjungan ke taman bermain. Singkatnya saya berusaha nggak ketiduran saat nontonnya.

Tentu saja penggerak utama episode ini yaitu Haruto yang demen sama Miyako ujung-ujungnya gitu aja. Status quo masih dijaga dan seperti yang sudah dijelaskan berkali-kali di episode ini, what do you expect from a romcom LN?

Juuni Taisen 09

Kaptain

Medan perang modern itu bukan tempat yang bagus untuk belajar tentang kehormatan dan kebaikan, apalagi kalau si murid dikirim tanpa pengawasan atau konsultasi. Good job there dojo dad. Saya nggak nyangka juga alkoholismenya Ms Kitty here itu sampai ketitik otaknya dia rusak parah. Overall episode ini jauh lebih bagusan, baik di penulisan maupun aksi.

Usagi nggak dapet backstory karena di sumber materinya emang dia nggak punya. Posisinya emang sebagai this unknown monster. Saya nggak percaya karakter yang gimmicknya “Kematian itu nggak relevan” akan keluar dari pertarungan begitu saja.

UQ Holder! 09

Etherlite

Wow, that escalated quickly. Tampaknya memang dipush untuk kelar dalam 1 cour. Either way I’m happy to see Ayaka & Chachamaru again. Mizore meskipun mewariskan sifat proaktifnya Ayaka, tapi dia masih lebih lurus dan ga shota-con. Oh wait, Touta masih umur 2 tahun, jadi technically Mizore shota-con juga!?

Kamen Rider Build 12

bukan_randy

Setelah episode Hokuto kemarin-kemarin, lagi-lagi senjata api nyata ditampilkan di Build. Kalau tidak salah memang tidak ada larangan agar senjata api beneran tidak boleh ditampilkan di acara anak-anak, tapi rasanya tumben juga mengingat hampir semua institusi militer/kelompok bersenjata di seri KR biasanya selalu menggunakan senjata fiktif.

Build Pirate Train form muncul, dan meski saya menyukai sisi Pirate dengan jubahnya, sayangnya senjatanya terkesan sangat generic dan kalah memuaskan dibandingnya dengan form Ninja Comic dan pedang serbagunanya. Then again, nanti pas sudah dapet mid-season upgrade juga paling semuanya ga bakal dipakai lagi hue.

Baru saja minggu lalu saya sebut-sebut soal Blood Stalk sering membangkang Night Rogue. Sekarang malah akhirnya Stalk benar-benar mengkhianati Rogue. Whelp, makanya anak buah/partner in crime atur yang bener atuh.

Saya antara senang dan tidak senang dengan nasib Utsumi. Di satu sisi, rasanya janggal saja kalau perannya hanya sampai segini. Di sisi lain, saya juga bakalan kurang senang kalau ternyata nanti dia muncul lagi dengan peran besar, karena sejauh ini dia adalah karakter yang paling tidak dikembangkan dengan tidak adanya backstory ataupun personality yang menarik.

Kelihatannya di episode berikutnya identitas Blood Stalk akhirnya akan diungkap. Apakah dugaan kebanyakan orang kalau Blood Stalk = Master itu benar? Dari cuplikan next epnya sih, kemungkinan begitu. Asal jangan ternyata Utsumi aja…

Shoujo Shuumatsu Ryokou 09

Kaptain

On today episode of SSR: Automata, the gang murdered a life. Robot yang menjaga ikan terakhir perikanan itu premis yang cukup kuat untuk satu film penuh. Pertanyaan filosofis dari seri ini umumnya mendapat jawaban yang sederhana namun masuk akal saat keluar dari mulut duo utama kita, dan jawaban mereka untuk “Apa itu kehidupan?” adalah “Sesuatu yang akan berakhir”.

Pertanyaan untuk kenapa infrastruktur dunia ini awet terjawab juga, masih ada AI yang membangun dan merawat berbagai infrastrukturnya. Saya kagum para AI di sini lebih manusiawi dan mampu berempati dengan manusia, ini adalah episode yang bagus untuk membuktikan bahwa SSR itu versi lebih damai dari Blame! 

Garo Vanishing Line 09

Kaptain

Saatnya ngehemat budget. Itu bukan berarti ini episode jelek, cuma memang tonenya saja yang lebih tenang. Sword & Sophie masih harus mencerna kematian dan kehancuran episode sebelumnya, dan hal ini dilakukan lewat roadtrip dan insert song yang cukup oke.

Houseki no Kuni 09

Kaptain

Old Phos is dead, long live Punished Phos. Walaupun paruh awal episode ini depresif akibat Phos yang kena PTSD dan harus membiasakan diri dengan kekuatan barunya, komedinya kembali lagi setelah Gem lainnya bangun untuk musim semi. Melihat Kongou yang sudah bisa bercanda lagi dan Phos yang mulai populer berkat bentuk barunya ini, emotional roller coaster cerita ini bisa istirahat dulu.

Kekkai Sensen & Beyond 09

Kaptain

Ujung-ujungnya arc kali ini lebih fokus ke Leo dan Sonic. Dua individu yang untuk standar Hellsalems Lot itu lemah banget. Kurang lebih itulah tema dari arc yang melibatkan mahluk terkuat dan terbesar yang dikalahkan mahluk terlemah dan terkecil, walaupun lemah itu bukan berarti mereka tidak berarti.

Love Live! Sunshine!! 09

Kaptain

Saint Snow di sini jelas lebih bagus kualitasnya sebagai “rival” dibandingkan A-Rise karena interaksi antar grup lebih memuaskan di sini. Agak kecewa aja lagu yang sebenarnya buat Leah dan Ruby “dibajak” sama idol lainnya, let the kids have their moment dangit. Dengan episode ini kedua adik akhirnya bisa tumbuh dan bisa dipercaya untuk melanjutkan impian mereka.

Sangatsu no Lion 30

Kaptain

Latar belakang Nikaidou diungkap di sini. Dia bermain Shogi karena Shogi adalah permainan yang jujur, satu-satunya cara untuk bisa kompetitif adalah terus belajar, tidak peduli latar belakang pemainnnya ataupun kondisi fisik mereka, walaupun kondisi fisik Nikaidou adalah penyebab kekalahannya kali ini. Di profesi semacam inilah orang sepertinya bisa menjadi “pahlawan”.

Keberadaan Seijirou akhirnya mulai muncul. Seri ini memang berisikan banyak sekali orang baik ataupun orang dengan kekurangan yang masuk akal, namun Seijirou adalah monster terbesar seri ini yang entah akan bisa dicapai season kali ini atau tidak.

Fate/Grand Order

Etherlite

Just finished with Salem, dan saya mesti bilang kalau chapter ini adalah chapter yang paling tidak saya sukai. Terlalu sering membuat saya emosi karena ceritanya menyebalkan. Abigail sangat berat untuk dilawan karena tidak jelas harus berapa kali mengalahkannya. Tapi tetep pengen karena imut, dan animation noble phantasmnya cakep banget.

NA Server

Kaptain

  • Satu Bulk Roll nggak ada Jack
  • Tapi Event CE dapet semua
  • Nursery Rhyme juga dapat
  • Jadi grinding kali ini enak

Sekian JOI Spotlight kali ini yang maaf lebih ramping karena kebanyakan staf juga sedang menikmati libur panjang. Melihat akhir tahun sudah dekat sudah saatnya kandidat anime of the year disiapkan, kalian sudah punya pilihan?

Header: Suetake