[JOI Spotlight] Desert Beauty Edition

December 10, 2017 5:47 pm
[JOI Spotlight] Desert Beauty Edition

Selamat datang di JOI Spotlight. Liburan akhir tahun semakin dekat da saya cuma berharap tidak ada keributan baru lagi mendekati tahun baru 2018. Seperti biasa kami akan memberikan impresi para staf JOI untuk berbagai seri yang sudah tayang pada minggu ini.

Imosae 9

Kaptain

What the hell do you want show?

Anime ini walaupun kompetensinya subpar, paling nggak bersedia menyampaikan cara kerja industri LN. Jadi kenapa episode kali ini habis untuk karakter yang sangat sangat nggak profesional dan berhasil mengambil posisi Itsuki sebagai karakter paling menyebalkan di seri ini?

Iya, dia bisa ngalahin orang yang sama sekali nggak punya pengalaman sebagai mangaka, big flipping whoop. Ini sama sekali nggak nyelesaiin masalah dasarnya, dia sudah seenaknya ngeganti konten cerita diluar keinginan editorial dan pemilik cerita dan hal ini tuh sangat nggak sopan dilakukan di sebuah proyek.

Begitu juga dengan montage fanservice akhir yang gak nunjukkin apapun dan animasinya cuma seupil. This episode is insultingly awful, sehingga saya anggap ini sebagai peningkatan dari episode minggu lalu.

Juuni Taisen 10

1. Think of padding 2. Pad it

Kaptain

Wow. Karakter yang gimmicknya bisa ngendaliin mayat ternyata nggak mati, what a shock. Anime ini nggak bisa nyampaiin dialog/monolog khas Nisoisin dengan baik. Flashback si Kebo dan matinya Ms. Kitty jadi kepanjangan dan mbosenin. On that note, dengan kematiannya bakal capek deh nyari gambar yang nyenengin buat seri ini seterusnya.

Blend S 9-10

Etherlite

Baru saja sebelumnya saya nanya itu anjing kapan keluarnya, eh langsung keluar, langsung merebut kasta tertinggi di Stile pula. Meanwhile, episode 10 is a refreshing Mafuyu-centered story, ga bikin ketawa sebanyak biasanya tapi it does feel good once in a while. Akizuki-Kaho partially amusing, partially nyebelin.

Kino no Tabi 9-10

Etherlite

Episode 9 is a collection of short stories, I particularly like the psychopass virtue points country. Memang sih argumennya bahwa mindset orang-orang adalah mereka tidak akan melakukan kejahatan karena mereka merasa sayang kehilangan pointnya tu cukup valid, but on some people with disturbed mental, letting them to do some crimes because they can afford it isn’t really a good system.

The cat is also out of the box, meskipun ironis, dari sekian banyak orang-orang yang ditemui, termasuk Shizu, yang sadar kalau Kino itu perempuan cuma bandit gunung & seekor anjing.

Episode 10…. Leaves me speechless. I like all the stories in this series so far, but this is the best story of the whole series, by miles.

Fun fact 1: this chapter is voted #1 best story.

Fun fact 2: Yuuki Aoi (seiyuu Kino sekarang) memulai karirnya sebagai seiyuu memerankan Sakura di Kino no Tabi 2003. Waktu itu stage namenya masih Yabusaki Aoi, usia 11 tahun.

Shoujo Shuumatsu Ryokou 10

Kaptain

5 Januari 3231. Topik kali ini adalah gelombang, baik suara maupun cahaya dan pengaruhnya ke manusia. Observasi kali ini lebih berat ke alam daripada filosofi, yang saya rada kecewa nggak dapet insert song yang lebih panjangan dikit dari radio.

Masih soal panjang, kali ini kita dapat kru baru. Kucing/Siput/Mutan ini entah dapet makan darimana. Semoga saja episode selanjutnya kita dapat penjelasan tentang ekosistem baru fauna dunia ini. Atau kalau tonenya berubah mungkin duo kita ini akhirnya memakannya, karena suplai bulan lalu juga tinggal sedikit.

Garo – Vanishing Line 10

Kaptain

Episode untuk perkembangan yang sangat dibutuhkan Luke serta latar belakangnya. Bencana Russel City masih menjadi fokus, pentingnya manipulasi informasi ditunjukkan di episode ini berhubung sumber monster dunia ini itu manusia yang putus asa dan/atau berada di situasi ekstrim. Wajar saja ground zero dari pertarungan episode 8 langsung jadi ladang subur buat Horror.

Props buat Adelaide yang cukup sekali lihat aja ke suaminya untuk sadar dia harus dimatiin secepatnya. Begitu juga dengan regu SAR yang berkat pertolongan yang mereka berikan, jumlah Horror dan korban bisa ditahan. Sejauh ini institusi sipil dunia ini membantu banget, saya nggak terbiasa melihat warga sipil punya kompetisi sebesar ini di cerita semacam ini.

Yuuki Yuuna wa Yuusha de aru -Yuusha no Hen- 02-03

Etherlite

It’s hard to see someone who is usually so bright being cornered like that. Memang sih kita cuma punya 6 episode kali ini, jadi wajar cuma episode pertamanya saja yang damai. Ini Taisha (Aki-sensei?) ngapain pula mengunjungi rumah Yuuna, bikin kokoro ini makin resah.

UQ Holder! 10

 

Etherlite

Things are happening so fast I can’t quite follow, apalagi sejak minggu lalu sudah jelas bahwa ada perkembangan original untuk anime. Sampai mana original? Sampai mana setia pada manganya? Begitu tamat langsung marathon manganya deh… Also please do better job on the animation, adegan reuni dengan Tatsumiya & Sayo ancur banget.

Kujira no Kora wa Sajou ni Utau 08-09

No automatic alt text available.

Etherlite
Starting with Ouni, his existence explains why he has no parents, and neither the Mud whale residents know where he came from. Nibi’s death is probably one of the most glorified anime death I’ve ever seen.

Lanjut ke whatever the hell is Ema doing, joget-joget trus keluar tangan-tangan so creepy tapi katanya hangat. Waktu Nous Skylos mati juga keluar yang serupa, tapi way uncontrolled. No fucking idea on this topic, neither what that shell mean for Ema.

Terakhir, Liodari pink cebol nyebelin. Melihat preview episode berikutnya kayaknya dia blom mati ya, goddamnit Suou, should’ve let danchou kill him. On the side note, seingat saya Lykos bilang prajurit lain punya cara lain buat balik meskipun tanpa Skylos, apakah itu cara yang sama mengapa Liodari bisa selamat? Ato mereka bunuh diri?

Houseki no Kuni 10

Kaptain

Saatnya boss battle. Baru nyadar Bort manggil Dia dengan Nii-chan saat panik. Alasan Dia bisa motong boss kali ini dengan badannya itu karena walaupun dia nggak sekeras Bort (yang umum digunakan di peralatan industri), ketajaman berlian jenisnya itu sangat tinggi.

Penggunaan kamera kali ini kesannya kayak game stealth. Berhubung episode selanjutnya boss kali ini baru bisa dibereskan, nampaknya episode penutup untuk musim ini akan melibatkan dialog dengan sang pasien.

Love Live! Sunshine!! 10

Kaptain

Mari, did you spike the AC with drugs? Kalau ini episode penutup untuk musim ini, saya akan ngira Aqours itu bunuh diri bareng. Untungya fakta bahwa kelas tiga akan berpisah bisa diselesaikan dengan baik di sini.

Sangatsu no Lion 31

Kaptain

The oldcomer king is dead, long live the newcomer king. Masih ingat Rei yang dulu terus bimbang dengan posisinya di keluarga barunya ini? Sekarang dia bersedia untuk pergi ke propinsi lain cumu untuk ngasih obat perut. Our sadboy grew a lot.

Kekkai Sensen & Beyond 10

Kaptain

Di episode ini emang ada dua super ortu yang bisa-bisanya multitask antara ngikut misi mematikan & dan ngurus anak, tapi MVP kali ini adalah suaminya KK. Pantesan aja KK ga suka sama Gilbert kalau tiap misi pentingnya kayak gini. Sejauh ini episode ini merupakan episode favorit saya untuk musim ini.

Gundam Build Fighters Battlogue 5

bukan_randy

Bukan episode terbaik Battlogue tapi juga bukan episode terburuk, yang mana agak disayangkan karena saya cukup menyukai desain Exexbein Build Strike Galaxy Cosmos (panjang amat aih) dan Iklan Amazon Prime A-Z Gundam. Meski bertarungnya sampai hancur-hancuran, tidak banyak hal menarik di battle-nya sendiri selain sekedar adu tembak & sabet.

Battlogue tamat di sini dan seri Build Fighter akan dapat proyek baru tahun depan. Kalau proyek barunya ternyata season 3, saya harap kualitasnya bisa kembali seperti season 1… tapi mungkin sebaiknya saya jangan terlalu muluk ya…

Kamen Rider Build 13


bukan_randy

Identitas Blood Stalk akhirnya terungkap, dan ternyata memang sesuai dengan dugaan yang para penonton bisa tangkap dari foreshadowing-foreshadowing yang ada. Episode ini berhasil membawa nuansa “kita udah tahu jawabannya, tapi karena jawabannya nggak enak, kita jadi nggak mau nanya”. Dialog-dialog dengan Master di episode ini jadi terasa menyedihkan dan nyesek.

Episode berikutnya form Rabbit Tank Sparkling muncul. Tapi daripada itu, saya lebih penasaran apakah akhirnya tujuan Stalk akan dijelaskan dan mau dibawa ke mana ceritanya.

Fate/Grand Order

Etherlite

Gaijin in the first 10 roll #NotLolicon

Legend of Heroes Trails of Cold Steel III / Eiyuu Densetsu Sen no Kiseki III

Etherlite

Finishing this, Salem (F/GO), and RL responsibilities are the real reason why I can’t watch 80% of my watchlist last week. Storynya luar biasa bagus, on par with Sora SC or Ao, dan jauh lebih bagus dari Sen II. Meskipun banyak mixed feelings karena cliffhangernya di chapter akhir yang membuat saya perlu meditasi 2 jam untuk meresapi semua plot twist & despairnya.

Note: Kalau bisa main ini setelah menyelesaikan Sora trilogy & Zero-Ao. Too much reference yang rasanya sulit kalian pahami jika kalian tidak memainkan semuanya.

Trails of Cold Steel I

Kaptain

And done, tamat setelah 55 jam berkat Turbo mode. Bless you Durante. Sama seperti di game Sora/Sky, act pembuka ini tamat di cliffhanger yang sangat nyebelin dan terbukanya identitas karakter yang saya udah prediksi dari awal. Ini bukan hinaan ke gamenya, saya senang aja penulisnya cukup adil dalam memperkenalkan daftar tersangka di prolog.

Sekarang, daftar nitpick untuk game ini:

  • Kenapa benteng utama faksi yang ancaman utamanya itu negara yang angkatan udaranya kuat nggak ada Anti-aircraftnya?
  • Di ujian akhir sekolah (tua): Sweet ass music buat boss akhir, cuma rada aneh aja stake pertarungannya itu buat set piece sespektakuler ini tuh biar festival sekolah bisa jalan sesuai jadwal. To be fair, Erebonia is notGermany. Mein schedule shall not be screwed with.
  • Konflik Laura-Fie tuh konflik kelas paling hambar. Ini lebih karena backstory murid lainnya yang JAUH lebih bagus. Saya lebih invested dengan Rean walaupun cerita dia disandera drama CD (yang untung bisa dibaca di site Xseed) dan Emma yang sadar usahanya terancam gagal di endingnya because she can’t be arsed to get a radio dan somehow ga pernah denger tentang public figure yang mayoritas orang di sekolah dan di negara tahu.

Saya nggak terlalu protes dengan “Ha! Kekalahan ini juga bagian dari rencana! Usaha situ sia-sia!” yang selalu jadi hadiah akhir chapter. Ini adalah sesuatu yang harus saya tolerir dari cerita pembuka seri ini. Semoga aja Januari dah ada info rilis sekuelnya di Steam.

Etherlite

That’s exactly the reason why I liked Sen the least. Story & karakternya butuh terlalu banyak waktu untuk berkembang, you’ll like them more after II, you’ll love them by III, with III being a perfect mixture of side stories of the past (seperti Sora the 3rd) and future stories. Hal lain yang saya kurang suka dari Sen I adalah keputusannya untuk mengadaptasi tema sekolah, it’s just too cliche, even though it gives more diversity of characters.

Dan saya menyanggah kalau level cliffhangernya sama. You can’t really compare something so shounen and cheesy in sen’s ending with that sleep-poison-laced kiss from Joshua, yang kemudian brilliantly contrasted with the falling-from-collapsing-sky-castle kiss di ending Sora SC.

Sekian JOI Spotlight untuk minggu ini. Minggu lalu kami sudah menanyakan tentang kandidat Anime of The Year kalian, apakah kalian juga punya kandidat Game of The Year?

Header: Kyou