Inilah 7 Hal yang Dirasa Pemainnya Paling Dibutuhkan dari Game Fate/Grand Order!

December 20, 2017 3:20 pm
Inilah 7 Hal yang Dirasa Pemainnya Paling Dibutuhkan dari Game Fate/Grand Order!

Game Fate/Grand Order sudah berjalan lebih dari 900 hari, saya tahu karena saya baru saja mendapatkan reward login untuk hari ke 850 beberapa hari lalu yang langsung jadi abu karena masih berusaha mencari queen Sheba. Berjalan selama 850 hari lebih, dan kerap kali menjadi top grossing game di Jepang adalah sebuah prestasi yang cukup baik bagi game ini. Walaupun mungkin cara mendapatkannya agak licik ya, dengan bait gacha dan rate gacha yang abysmally small.

Bisa dibilang F/GO adalah sebuah game yang sukses, baik dalam gacha maupun gameplay karena baru game inilah yang saya mainkan dalam waktu lama dan tetap setia. Jarang-jarang ada game yang membuat saya betah selama ini, mungkin karena gacha-nya yang entah kenapa lagi baik belakangan ini juga.

Tapi apakah ada yang sekiranya kurang dari game yang satu ini? Berikut ini adalah 7 hal yang dirasa paling dibutuhkan oleh para pemainnya:

7. Craft Essence

Mungkin terdengar sepele, tapi Craft Essence adalah satu hal yang sebenarnya susah untuk didapat. Tidak jarang saya bertemu orang yang sudah ratusan hari bermain tapi masih belum juga dapat Kaleidoscope. Saya sendiri baru punya 3 copy, dan 2 copy terakhir datang dalam 30 hari ke belakang. Susah untuk mendapatkan CE yang kamu mau, yang reguler saja susah apalagi yang limited?

Begitu juga CE untuk drop event, walaupun kalian nggak doyan dengan Servant yang ditawarkan di event, seringkali agar grinding-nya tidak menghabiskan terlalu banyak waktu kalian harus roll gacha agar CE yang relevan mungkin datang.

6. Master Level

Master level seorang pemain berpengaruh dengan cost party mereka masing-masing. Apalagi bila mereka ingin menggunakan servant-servant bintang tinggi dengan CE top tier yang kadang menjadi sangat esensial saat melawan musuh-musuh yang susah. Cost yang diberikan oleh game ini rasanya tidak pernah cukup, terlebih bila kamu males mikir dan cuma mau bawa Kaleidoscope, Master Level tidak akan pernah cukup.

Tapi ya, Master Level rasanya tidak akan berpengaruh kalau kamu nggak punya SSR, jadi santai saja lah ya.

5. Waktu Bermain

Game ini memiliki batas waktu bermain dengan memiliki sistem stamina, artinya pemain tidak akan ‘kebanyakan main’ dan malah menghabiskan hidupnya melihat layar dan garam setiap hari. Bila stamina yang dimiliki habis, maka pemain harus menunggu stamina tersebut terisi ulang sampai bisa bermain kembali. Namun kebanyakan dari pemain yang tidak mau menunggu bisa menggunakan Apel dan Quartz untuk mengisi ulang stamina tersebut, apalagi bila sedang event seperti sekarang ini.

Hal ini berdampak kepada masalah selanjutnya, yaitu masalah waktu bermain yang dirasa sangat kurang. Material dan resource adalah hal yang sangat langka di F/GO. Kalau kamu kira gacha rate FGO sudah ampas, tunggu sampai akhirnya kamu mulai farming buat material, drop rate-nya juga nggak kalah ampas. Karena itu banyak pemain yang mengorbankan waktunya saat sebuah event memberikan banyak material. Tapi di tengah waktu natal dan tahun baru, tentu banyak orang yang sudah punya acara duluan dan dilema apakah mereka harus bermain FGO atau bersosialisasi.

4. Teman Berbicara

Hal yang satu ini sebenarnya bisa dengan mudah diselesaikan. Karena di dunia online banyak sekali grup-grup bertema F/GO untuk saling bertukar pikiran dan berbicara mengenai berita-berita terbarunya. Kebutuhan sosial kamu secara virtual bisa langsung terpenuhi tanpa harus keluar rumah. Namun bisa berbicara langsung dengan orang di dunia nyata selalu terasa lebih menyenangkan.

3. Servant yang bisa mengisi kekosongan tim

Setiap pemain FGO tahu kalau tim mereka tidak akan lengkap tanpa beberapa servant kunci, servant-servant yang selalu dicari di support list. Ya, saya berbicara mengenai top tier support macam Waver dan Merlin, terutama Merlin yang bisa membuat bahkan servant (preferably buster) yang buruk jadi usable. Mereka yang membuat tim kamu jadi komplit. It will always be nice if you have your own support servant, but in the end you can’t win from gacha.

Selain kedua support tersebut, tentu banyak kekosongan lain yang bisa diisi, saat kamu butuh extra class servant yang entah kenapa sekarang menjadi semakin banyak. Dengan menggunakan extra class seperti RulerAvengerAlter EgoForeigner, dan Moon Cancer pintu strategi menjadi terbuka lebar bagi kamu. Sayang untuk dapat extra class ini kamu butuh 1-2x gesekan kartu kredit untuk sesembahan ke DW.

Basicallyyour team will never be completed, even if it did, the power creep is real and you will find something better in the future.

2. Waifu Servant

Ini dia alasan yang paling banyak membuat orang-orang memainkan game ini, dan juga alasan paling banyak juga yang membuat orang-orang meninggalkan F/GO, waifu. Waifu is a serious business mateBonus point kalau kamu sudah dapat waifu idaman kamu, yang belum dapat dan masih berantem sama RNG buat dapetin waifu idaman, semoga kamu beruntung.

Waifu itu adalah sesuatu yang kadang tidak bisa dijelaskan dengan logika, bahkan seburuk-buruknya rating waifu kamu di game, kalau sudah suka ya mau bilang apa?

1. Quartz

We will never have enough quartz, karena pada dasarnya manusia itu sangat senang berjudi. Dengan rate yang begitu kecil untuk SR dan SSR, saya tidak heran banyak orang yang frustasi melihat roll-roll mereka sendiri. Tidak jarang sebuah roll bisa begitu menyakitkan, dan penuh dengan kartu-kartu yang tidak kamu perlukan sehingga kamu menyesal kenapa quartznya nggak disimpan saja untuk roll di masa depan.

Tapi untuk apa menyimpan quartz juga sih, kaya kamu bakal dapat aja.

Saya agak kaget karena QP sama sekali tidak masuk dalam daftar ini, karena yang paling penting bagi para pemain di end game-nya adalah QP untuk meningkatkan skill para servant. Rasanya QP adalah resource yang paling langka. Saya pernah mengumpulkan 300 juta QP untuk setelah itu habis saya investasikan kepada 2 servant. Fakir Quartz is real.

Buat kamu sendiri, yang manakah yang paling kamu butuhkan? Waifu? Saya masih butuh Queen Medb sama Nero Bride nih.

Sumber: Inside-games.jp

Sorry. No data so far.