Animator Mengklaim Bahwa Studio Production IMS Tidak Membayar Upah

December 21, 2017 2:58 pm
Animator Mengklaim Bahwa Studio Production IMS Tidak Membayar Upah

Melalui Tweet yang sekarang sudah dihapus, animator Teru Miyazaki yang sudah mengerjakan berbagai anime seperti Tantei Opera Milky Holmes dan Yo-kai Watch mengatakan pada hari Senin kemarin bahwa studio anime tertentu yang akhirnya terbongkar merupakan Production IMS tidak mampu membayar animatornya.

Dia mengaku melaporkan hal ini setelah mendengarnya dari animator yang upahnya masih belum dibayar. Miyazaki menyarankan untuk mendaftar di studio tersebut hanya kalau para animator memang bersedia bekerja tanpa dibayar.

Untuk musim depan studio ini akan mengerjakan Takunomi yang akan tayang pada 12 Januari dan visualnya digunakan sebagai header. sebelumnya studio ini sudah mengerjakan anime seperti Date A Live II, Masou Gakuen HxH, Haifuri, Active Raid, dan Inari Kon Kon.

Ini bukan berita yang bagus untuk kesehatan studio karena kebanyakan animator Jepang (terutama yang bekerja sebagai animator inbetween) adalah pekerja lepas. Berita semacam ini akan menyulitkan mereka mendapatkan tenaga kerja dan bahkan bisa berujung pada penutupan studio. Melihat portofolio mereka sebelumnya juga hanya Haifuri saja yang terbilang sukses, namun penghasilan tersebut nampaknya tidak sampai ke para animatornya.

Sumber: ANN