[JOI Spotlight] End of Fall Season 2017 Edition

December 26, 2017 18:56
[JOI Spotlight] End of Fall Season 2017 Edition

JOI Spotlight minggu kemarin maaf telat akibat liburan, dan dengan berat hati JOI Spotlight berikutnya juga kemungkinan besar akan terlambat juga akibat alasan yang sama. Namun dengan tambahan waktu ini kami bisa memberikan berbagai impresi akhir untuk seri musim gugur yang sudah tamat.

Imosae 11-12 (End)

Kaptain

Setidaknya anime-nya berakhir dengan aspek yang relatif nggak nyebelin dari seri ini, board game, informasi tentang industri LN, dan Hirasaka yang masih salty soal Haganai. Bisa ditangkep juga kalau kebanyakan karakter tuh kerja di label tingkat menengah yang paling nggak nunjukin kualitas penulisan mereka di industri LN, yang emang nggak tinggi amat.

Secara keseluruhan saya nggak ngerokemendasiin seri ini walaupun isinya memang nggak sejelek dugaan awal saya. Saya nonton ini agar punya topik buat diomonging dan mostly diomelin jadi maaf kalau saya memulainya dengan persepsi yang negatif. Karakternya masih saya benci semua, sebuah peningkatan dari seri dengan karakter yang saya bosen dengan eksistensinya dan akhirnya lupa dengan keberadaan mereka. Sang imouto juga ujung-ujungnya jadi non-faktor di ceritanya. Satu-satunya perubahan di status quo cuma Miyako yang akhirnya memutuskan untuk nyari kerjaan.

Kalau kalian ingin nyari anime dimana karakternya jauh lebih likable dan main board games dengan lebih asik, saya nyaranin season 3 Tesagure Bukatsumo.

Kujira no Kora wa Sajou ni Utau 11

Etherlite

Enemy from the outside, enemy from the inside. That, and the grim truth about Falaina. Minggu depan episode terakhir, jadi sudah pasti ada kelanjutannya. Pertanyaannya adalah: penjualan BD/DVDnya cukup kah untuk meyakinkan mereka bikin season duanya?

Juuni Taisen 12

Kaptain

Happy ending buat Tikus. Juuni Taisen, atau lebih tepatnya episode terakhir ini; itu berasal dari one-shot Nisiosin dari tahun 2015 tentang “Orang kena dilema dari pengabul keinginan” dan Battle Royale cerita ini tuh cuma pemanis aja. Bagaimana cara menghadapi pemohon yang minta permintaan tambahan tanpa harus ngomong “Nggak boleh, because screw you”? Dengan memberikannya ke seseorang yang pada dasarnya sudah punya semua yang dia inginkan dan malah stres diberikan kemampuan untuk meminta apapun.

Sekedar perspektif aja, Katanagatari yang volume pertamanya sekitar 200+ halaman menggunakan satu episode OVA sepanjang 45 menit untuk menceritakannya. Juuni Taisen yang keseluruhan ceritanya cuma satu volume dengan halaman segitu malah dipanjangin sampe 12 episode seri TV. See the problem?

Mencoba mengadaptasi format penceritaan yang tiap babnya berfokus ke satu kontestan dengan filler yang dibuat berdasarkan latar belakang mereka (yang di buku juga cuma 2-3 paragraf) saya lihat sebagai kegagalan adaptasi ini. Iya, Nisioisin itu terkenal dengan ceritanya yang suka antiklimatik, dan saya sendiri nggak terlalu protes dengan ending ini walaupun saya juga udah rada muak dengan alasan “antiklimaks tih gayanya dia” untuk ending yang lemah. Saya punya ide untuk bagaimana cerita ini bisa diadaptasi ke-12 episode dengan lebih baik.

Dari episode pertama langsung ungkap kekuatan si Tikus dan tekankan bahwa dia tidak tahu mau meminta apa, ceritakan tiap episode dengan dia bekerja sama dengan kontestan berbeda serta latar belakang dan permintaan mereka. Misteri utamanya adalah bagaimana cara dia menemukan rute yang benar dan permintaan yang tepat. Setelah kita sendiri juga melihat berbagai rute dan permintaan yang gagal, akan lebih mudah dipercaya kenapa dia memilih untuk melupakan semua ini.

Atau adaptasi jadi film atau OVA seperti Katanagatari, setidaknya masalah pacing dan kualitas produksinya akan lebih mendingan. Beberapa dari kalian mungkin berpendapat format diatas itu terlalu mirip dengan Higurashi/Re:Zero, but hey, format itu terbukti efektif.

Mahoujin Guru Guru 12 (End)

Kaptain

Tentu saja seri ini tamat dengan mengalahkan boss terakhirnya dengan kekuatan penghilang tinja. Underwatched Classic, a relentlessly optimistic story dengan humor yang masih kenceng di jaman ini. Saya sedih banyak orang yang mengharapkan kembalinya Konosuba tapi nggak memberi anime ini kesempatan. Kualitasnya naik drastis dan terus naik setelah 3 episode pertamanya.

UQ Holder! 12 (End)

Etherlite

Memang masih banyak kekurangannya, tapi melihat seluruh 3-A hadir (lengkap dengan nugi beam) saja sudah berhasil membuat saya terharu. Kutukan manga Akamatsu Ken >>>>>>>>>>>>>>>> Anime adaptation tampaknya masih berlanjut, tapi buat saya yang belum baca manganya, saya cukup bisa menikmatinya. Happy☆Material GO!!

Kino no Tabi 12 (End)

Etherlite

Abandon the story for a badass fight? Sekali-sekali boleh juga, though if it’s up to me, saya akan ambil daging-daging domba yang sudah masak, masukin ke jeep untuk dijual di negeri berikutnya, Hermes taruh di belakang jeep bisa lah. Season pertama selesai disini, akankah ada kelanjutan dari perjalanannya?

Yuuki Yuuna wa Yuusha de Aru -Yuusha no Shou-

Etherlite

We’re fucked, seriously. Pilihan yang mana pun penuh dengan despair. 1 episode left, bisakah mereka tangkal armageddon & bunuh dewa yang menyerang? Karena kalau cuma ditangkal Yuuna masih akan mati dari kutukannya. Makam Doi Tamako & Shiratori Utano (meskipun dari prefektur lain) ditunjukkan. Saya belum baca Nogi Wakaba, apakah akhirnya Utanon pindah ke Kagawa?

“The past heroes lost their lives in duty, Minowa Gin fulfilled her duty and died 2 years ago, she became a heroic spirit…”

Okay, ayo semua kumpulin saint quartz kalian, let’s summon them with gacha.

Note: Next episode (last) airs January 5th. No YuYuYu next week.

Blend S 12 (End)

Kriminil

Etherlite

Tamat? Nope, it has to be a open ending so we can always do second season. Menurut saya Blend S lebih menarik dibanding karya manga Kirara lainnya, tapi proporsi ceritanya terlalu berat di Tenchou-Maika, followed by Akizuki-Kaho. Kalau mereka bisa memberikan porsi lebih kepada Miu & Mafuyu mungkin bisa lebih menarik. Hideri mati aja, saya juga mau dipeluk Miu.

P.S. 23 Desember adalah ultah loli baba Mafuyu-san! Tolong jangan diculik.

Garo Vanishing Line 12

Kaptain

Di episode Psycho Garo kali ini, seorang pemilik hotel was being a murderous creep. Di fase monster of the week kali ini kita kembali lagi ke penekanan bahwa Makai Order cuma bisa ngurus Horror, mereka nggak bisa menghentikan manusia jadi manusia. Walaupun seri ini memang lebih modern dari anime sebelumnya, kemampuan manusia untuk jadi Horror akibat tragedi ekstrim itu cukup menyulitkan berdirinya peradaban, sampai-sampai satu kota modern itu ditinggalkan pemerintah.

Shoujo Shuumatsu Ryokou 12 (End)

Kaptain

Jawaban. Mesin yang terus berevolusi, negara yang terus menjadi agresif, EMP, mutan evolusi akhir para AI yang memakan puing-puing dunia ini, itu semua memberi saya cukup informasi kenapa dunia ini hancur.

Semua file yang ditemukan di dalam kamera menunjukkan apa saja yang hilang dari dunia ini. Banyak juga tragedi yang tidak eksplisit disampaikan seperti pasangan Kanazawa yang ternyata peta miliknya itu awalnya dimiliki pasangannya dan dia serta Ishii kemungkinan besar sudah mati. Chito dan Yuuri adalah dua manusia yang tersisa di tingkat kota ini.

Jadi ya, anime ini ditutup dengan pengetahuan yang sangat depresif tentang tentang situasi dunianya. Namun di sisi lain keduanya mendapatkan suplai untuk meneruskan perjalanan mereka. Dengan perginya Nuko mereka kembali lagi di susunan awal duo ini, dan sekali lagi perjalan ke atas bisa dilanjutkan.

Shoujo Shuumatsu Ryokou adalah iyashikei saya untuk tahun ini, memang daya tarik utama seri ini bagi saya adalah mencari tahu jawaban mengenai kondisi dunia ini, namun duo yang terus mempertahankan optimisme mereka di akhir dunia ini adalah sesuatu yang sangat menenangkan hati.

Love Live! Sunshine!! 12

Kaptain

Seenggaknya mereka nggak pake “operet” untuk recap pengalaman mereka di panggung lagi. Episode ini kurang lebih sebagai pengingat tiap idol tentang apa yang mereka capai selama ini.

Houseki no Kuni 12 (End)

Kaptain

We’re gone full circle. Beberapa adegan di episode ini itu cerminan dari episode pertamanya, sekaligus memberikan karakterisasi untuk para gem lainnya. Interaksi Phos dengan Cinnabar itu saya lihat sebagai checkpoint seri ini, memang target Phos sudah berubah, namun janjinya untuk memberikan Cinnabar pekerjaan itu adalah “jangkar” untuk Phos yang terus menerus berubah dan tumbuh.

Kalau saya harus merekomendasikan satu saja seri untuk musim ini, Houseki no Kuni adalah pilihan pertama saya. Saya sudah memuji seri saat masih berformat manga dulu, dan sebagai adaptasi saya optimis bisa mengatakan anime adalah adaptasi yang sangat bagus. Sinematografi yang kompeten, penggunaan musik yang berkualitas, dan performa Tomoyo Kurosawa yang sangat sangat bagus sebagai Phos yang masih naif maupun yang sudah banyak menderita.

Saya nggak mengharapkan musim keduanya akan cepat hadir, berhubung kualitas produksi musim ini itu bisa tinggi berkat preproduksi selama 2 tahun. Namun sebagai studio anime Orange adalah studio yang sekarang saya nantikan proyek independen selanjutnya.

Kekkai Sensen & Beyond 12 (End)

Kaptain

Big Damn Hero Moment untuk Leo. Formatnya yang lebih episodik memang membuat kualitas episode sangat tergantung dengan seberapa menariknya karakter yang jadi fokus, namun saya lihat keputusan untuk melakukan hal ini sangat terbayar dengan arc penutup ini. Unit terlemah Libra akhirnya bisa mengamuk dan memperlihatkan perkembangannya di sini.

Black & (somewhat) White balik lagi. Walaupun keberadaannya itu lebih seperti lip service kepada season pertamanya.

Sangatsu no Lion 33

Kaptain

Umur rata-rata klub Shogi Rei jadi 24 tahun. Rei resmi sudah naik tier-nya sehingga level lawannya sudah naik, namun dia sendiri tentu nggak nyangka lawan pertamanya itu sang Meijin sendiri. Dengan berbagai kejadian positif yang terjadi pada Rei ini, saatnya kita kembali ke Bullying Namek. Seperti yang dikatakan Kawamoto bersaudari minggu lalu, setelah berbagai kejadian manis saatnya bagian asin seri ini dimulai.

ReLife 211



Happy Birthday, Hishiron!

Etherlite

Final arc… Memang sih diantara school festival (Fall) sampai akhir tahun ajaran (early Spring) tidak banyak waktu yang bisa dipergunakan, apalagi mereka sudah kelas 3 SMA jadi pihak sekolah pun memberikan waktu untuk mereka mempersiapkan ujian masuk universitas. Tapi mengetahui kalau setelah Maret tidak ada lagi chapter baru ReLife… Rasanya sehampa tahun depan tidak ada Game of Thrones season 8…

Dragon Ball Super 120

bukan_randy

Masih filter battle ga penting, minggu depan kayaknya juga masih gitu. Moga-moga awal bulan 2018 langsung sisa Universe 7 vs Universe 11.

Kamen Rider Build 16

bukan_randy

Makin banyak spekulasi yang jadi kenyataan. Untungnya momen heroic BSOD yang pasti muncul di bagian macam ini langsung dikelarkan dalam 1 episode. Di akhir episode juga ditampilkan kalau akhirnya perang ketiga negara akhirnya akan dimulai, ditambah kemunculan berbagai karakter-karakter baru yang akan jadi musuh. Dengan kondisi seperti ini, sepertinya Sento & Banjou terpaksa harus bekerja sama dengan Gentoku/Rogue untuk sementara.

Keluhan saya untuk episode ini, entah kenapa Gentoku yang jelas-jelas ketangkap basah di eps lalu masih belum dihukum dan masih bisa jalan bebas hingga tahu-tahu jadi menggantikan perdana menteri Touto setelah Taizan diserang Stalk. Buat apa Taizan dibuat sembuh kalau di episode berikutnya langsung diserang lagi hahahah.

Fate/Grand Order

Etherlite

Demi gold skillstone, note that event lain yang memberikan gold skillstone se-generous ini hanya Nero fest, dan itu bulan September. Berapa box yang berhasil kalian ambil?

Also, YOROKOBE SHOUNEN is here… shit just got real.

NA Server

Kaptain

Saya lebih suka cerita Okeanos, walaupun memang London lebih banyak melibatkan setup cerita kedepannya. Highlight Singularity kali ini tuh ngegebukin Zouken dan segalanya tentang Hans. Nggak terlalu kagum dengan boss terakhirnya, antagonis yang ngebiarin ancaman utama dari rencananya berkembang itu cuma menunjukkan kebegoan dirinya dan bukan kekuatannya. Milfturia Alter sama Tamamo juga kesannya cuma sekedar sekali pake langsung buang di ceritanya.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Untuk kalian sendiri apa saja kesan untuk seri yang sudah tamat pada minggu ini dan kemarin? Sampaikan lewat kolom komentar di bawah.

Header: Redrop