[JOI Poll] Inilah 20 Besar Anime of the Year Versi Pembaca JOI

January 7, 2018 7:11 pm
[JOI Poll] Inilah 20 Besar Anime of the Year Versi Pembaca JOI

Tahun 2017 merupakan tahun yang cukup sibuk bagi saya, karena banyak sekali anime yang saya tonton dibanding tahun-tahun sebelumnya. By banyak I mean probably 4-5 per season, dan itu juga sudah kewalahan ngejer-ngejer nontonnya. Namun untungnya, banyak diantara anime tersebut yang sesuai dengan selera jadi yang saya nonton kebanyakan adalah favorit saya, tapi apakah favorit-favorit tersebut sama dengan favorit kamu di rumah?

Tahun ini JOI kembali menggelar sayembara Anime of the Year seperti yang biasa kami lakukan. Tahun ini kami mendapatkan 1.125 responden yang mau membagi sedikit waktu mereka untuk menjadi partisipan. Saya cukup kaget dengan jawaban dari kamu, karena jawabannya sangat amat beragam. Lihat saja diagram Anime of the Year di bawah ini, pemenang pertamanya hanya dapat 9,8% porsi suara, tapi siapakah dia?

99 seri dan beberapa jawaban random.

Berikut ini adalah hasilnya, dimulai dari tempat ke 20.

20. Sangatsu no Lion (1,4%)

19. Kuzu no Honkai (1,5%)

18. Eromanga Sensei (1,6%)

17. Little Witch Academia (1,6%)

16. Inuyashiki (1,9%)

15. Kidou Senshi Gundam: Tekketsu no Orphans (1,9%)

14. Blend S (2%)

13. Owarimonogatari (2,1%)

12. Houseki no Kuni (2,1%)

11. Tsuki ga Kirei (2,1%)

10. Saekano (3,5%)

9. Kobayashi-san Chi no Maid Dragon (3,7%)

8. Fate/Apocrypha (3,7%)

7. Kemono Friends (3,7%)

6. Re:Creators (3,8%)

5. Love Live! Sunshine!! (4,2%)

4. Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e (5,3%)

3. Boku no Hero Academia (5,9%)

2. Made in Abyss (9%)

1. Kono Subarashii Sekai ni Shukufuku wo! S2 (9,8%)

Kenapa Kemono Friends nggak ada di nomor 1 rrrrreeeeeeee. Mungkin banyak dari kamu yang sangat susah memilih anime mana yang harus kamu jadikan pemenang tahun ini. Karena suara kamu semua terbagi sangat banyak ke berbagai seri, tepatnya ada sekitar 99 anime ditambah beberapa jawaban random kamu yang jadi kandidat AotY tahun ini.

Walaupun ini hanya season kedua, sepertinya Konosuba memang masih sangat kuat di hati para penggemar, season pertamanya juga berada di posisi ketiga AotY tahun lalu. Mungkin kalau ada Re:Zero tahun ini Subaru bisa menang lagi, sayang untuk Re:Creators yang duduk di posisi ke 6, posisi yang cukup respectable mengingat kepopuleran seri ini.

Secara pribadi, saya ingin Blend S menang karena Kaho is love Kaho is live, namun sepertinya hal tersebut belum mungkin terjadi.

Pemenang dari Anime of the Year per musimnya, serta pengumuman pemenang dari sayembara kali ini akan kami umumkan minggu depan lewat halaman Facebook! Terima kasih telah berpartisipasi dan selamat bagi yang anime pilihannya berhasil naik ke puncak!