Nintendo Tuntut Colopl Karena Melanggar 5 Paten untuk ‘Shironeko Project’

January 11, 2018 1:31 pm
Nintendo Tuntut Colopl Karena Melanggar 5 Paten untuk ‘Shironeko Project’

Nintendo telah mendaftarkan gugatan kepada perusahaan game mobile Colopl yang terkenal memiliki game “Shironeko Project” dan “Battle Girls High School.”


Gugatannya berupa pelanggaran 5 paten milik Nintendo, salah satunya adalah “teknologi khusus yang digunakan untuk mengoperasikan joystick di layar sentuh” yang ada di dalam Shironeko Project. Nintendo meminta Colopl membayar kerugian sebesar 39,33 juta Yen (sekitar 4.730.000.000 Rupiah).

Nintendo pertama kali mendaftarkan paten teknologi tersebut untuk Nintendo DS Wrist Strap, yang dipromosikan untuk berbagai game seperti Super Mario 64 DS. Menurut laporan dari Takashi Mochizuki yang merupakan reporter di The Wall Street Journal, ini adalah salah satu dari 5 paten yang dilanggar.

Nintendo pertama kali menyampaikan keluhannya kepada Colopl pada tahun 2016, dan Colopl menjelaskan selama setahun kemarin bahwa mereka telah menjelaskan kepada Nintendo bahwa fitur joystick dalam game mereka tidak melanggar paten Nintendo. Tetapi penjelasan tersebut tidak diterima oleh Nintendo yang akhirnya menyampaikan gugatan.



Baik Nintendo dan Colopl masih belum memberi komentar soal gugatan ini. Tetapi seseorang di Twitter yang bernama @Benzman_kabu menemukan bahwa Colopl telah membuka lowongan untuk pengacara yang berpengalaman soal gugatan ini.

Sumber: Siliconera