[JOI Spotlight] Requiescat In Pace Edition

January 21, 2018 18:59
[JOI Spotlight] Requiescat In Pace Edition

Selamat datang di JOI Spotlight untuk minggu ini, dimana robot yang secara rahasia memberikan layanan membunuh di kantor pos itu sayangnya bukan premis dari Violet Evergarden. Seperti biasa kami akan memberikan berbagai impresi staf untuk berbagai seri yang tayang minggu lalu.

Beatless 01-02

What’s This?

People are being a dick against robowaifu, the protag doesn’t so he get robowaifu.

Kaptain

Pembuka yang sangat by the number. Superpower tokoh utamanya adalah “Not a raging dickwad against robot” dan melihat flashback pembuka kemungkinan besar robot juga. Saya yakin banget serangan AI episode ini itu disengaja biar para robot punya pemilik dan saya akui si robot baru berantem setelah si protag baru setuju sama EULA itu lucu banget, cuma melihat kualitas penceritaannya saya nggak tahu komedinya itu disengaja apa nggak.

Anime ini punya kesan seperti seri scifi dari awal tahun 2000. Ini masa depan tapi model mobilnya masih pake hatchback kontemporer. Cloud harusnya bisa diakses dari mana aja tapi tetep aja cecunguk yang satu ini bisa-bisanya ketinggalan PR di kelas, emang PR situ ngopi dari pake kabel data/flash disk dan nggak diunduh? Komentar tentang “robot itu cuma alat” juga nggak terlalu ngena melihat si temen itu nggak punya setting lain selain “brengsek sama robot” dan saya nolak percaya si adik itu bukan fetish robot – imouto edition.

Analog Hack saya beri nominasi utama untuk penghargaan konsep scifi paling bego untuk tahun ini. Penulisnya belum pernah denger social engineering? Udah gitu kenapa “bahaya” utama Analog Hack itu adalah orang bisa marah karena ngerasa empati untuk benda yang berwujud manusia? Komunikasi manusia itu emang udah dari sononya sangat bergantung dengan empati terhadap lawan bicara agar tidak hanya fokus dengan kata dan bisa ngebaca gerak badan, nada, dan ekspresi mereka. Kenapa orang kok marah begitu sadar kemampuan sosial mereka tuh relatif fungsional? Apa pengertian saya aja yang salah?

Apes banget nih anime tayang di musim yang sama dengan Violet Evergarden. Jelas-jelas fokus cerita seri ini adalah tentang “kemanusiaan” para “alat”, di mana di cerita semacam ini jawabannya selalu aja “Iya.” Weekend juga udah banyak banget tontonan jadi saya nggak ada niat buat lanjut.

Kokkoku 02

Kaptain

Masih infodump tentang aturan dunianya, yang cukup penting untuk dipahami penonton karena pelanggaran aturan akan mengakibatkan kematian karakter. Si Mbah juga sayangnya nggak tahu semua aturannya jadi ada alasan tambahan kenapa dia nggak suka dunia ini dan pake kekuatannya seenaknya. Ditekankan juga perbedaan satu mikrodetik bisa menimbulkan stasis yang berbeda jadi target utama untuk pergi ke stasis yang tidak ada sektenya sudah didapatkan.

Sora yori mo Tooi Basho 03

Kaptain

Kejutan yang paling saya suka sejauh ini dari seri ini adalah Shirase yang impresi awalnya itu cool beauty buat grup ini tuh ternyata karakter paling bego, dan anggota lainnya ngebully habis-habisan kebegoan ini, as they should.

Seri tentang sebuah tempat memang umumnya digunakan untuk mempromosikan kunjungan turis ke tempat tersebut, tapi anime ini memberi penekanan bahwa cuma anggota ekspedisi aja yang bisa ke sana. Kita sudah masuk episode 3 namun berangkat aja belum dan baru sekarang timnya kekumpul. Jadi selanjutnya saya berharap bakal ada arc latihan semacam di Uchuu Kyuodai/Space Bros.

Seri ini fix sudah jadi anime santai saya untuk musim ini. Karakter yang sangat likable dan premis yang edukasional membuat saya memilihnya dibandingkan seri “Girl doing x” lainnya di musim ini. Jadi maaf untuk kalian yang sudah ngerekomendasiin anime santai lainnya di minggu lalu.

Ryuuou Loliou no Oshigoto! 02

Moshi-moshi Policeman

Etherlite

Masih kurang cringe dari minggu lalu? Have chuuni trope! Memang sih 3-gatsu no Lion juga fokusnya ga full force ke shogi, tapi balancing tear-jerking story & cuteness-nya masih bagus. Ryuuou on the other hand, goes full moeblob. Next episode will be the decider for me.

Violet Evergarden 02

Etherlite

The job is way harder than I thought it would be, balancing ‘pelanggan maunya apa’ dan ‘nulisnya mesti kayak gimana supaya pelanggannya ga kena masalah’ aja sudah susah. Yang pasti sih kalau emang mau melatih Violet gimana cara mengartikulasikan kata-kata, paling ngga suruh Cattleya atau Erica untuk proofread dulu lah. Yang pasti Violet ga bisa disebut Saber, karena bun-nya 2.

p.s. Violet Evergarden vocal album which includes Yuuki Aira’s「Violet Snow」baru rilis 28 Maret orz.

Kaptain

Saya seharusnya nggak harus mengatakan “kualitas produksinya bagus banget” di tiap episode karena hal itu seharusnya sudah jadi pengetahuan umum untuk seri Kyoani. Hanya saja sentimen yang sama itu nggak berlaku untuk penyutradaraan dan drama yang lemah banget. Saya nggak punya simpati untuk badan usaha yang ngeliat Violet dan mikir “Oke, nih orang bisa dipercaya nulis surat cinta dan kerjaannya nggak perlu diedit”. Baru setelah reputasi perusahaannya turun mereka baru mikir Violet itu butuh latihan. Paling nggak ngasih tugas nulis buat dokumen legal & bisnis dulu kek, she got the sense for it.

Ini dimana sih? keliatannya sih dari nama orang, iklim, dan arsitekturnya tuh tempatnya berdasarkan di Eropa Barat, tapi kenapa ada Yakisoba? Iya ini seri fantasi, tapi hal kayak gini itu ngeganggu saya.

Grancrest Senki 03

Kaptain

Saya nyerah. Anime ini tuh tayang selama 24 episode, tapi sejauh ini komposisi episodenya tuh ibarat musim ini cuma dikasih 10 episode aja. Di episode ketiga ini satu arc yang ngelibatin perang dan berbagai persiapan untuk ngelawan raja Sevis dijejalin ke satu episode. 3 episode awal ini meyakinkan saya kalau staf produksi sama sekali nggak ngerti atau nggak peduli dengan aspek terbaik seri ini: diplomasi, politik, dan perkembangan karakter bersamaan dengan meningkatnya kekuasaan mereka.

Saya nggak ada niat ngelanjutin karena di anime ini perang dan manuver politik sama sekali nggak ada impact-nya karena build-up sama sekali nggak ada dan semua konflik yang terjadi kesannya jadi “abis itu Theo menang, because reasons”.

Killing Bites 02

Kaptain

Kalian mungkin penasaran kenapa nggak ada yang panik liat Therianthrope berantem di tempat umum. Itu karena kombinasi dari orang-orang yang ngira ini syuting dan super zaibatsu yang di cerita semacam ini itu bisa nguasain satu negara menjamin Slutty Bloody Roar untuk tetap berjalan.

Sentimen saya sejauh ini mungkin kesannya membuat saya mencibir anime ini sebagai anime bego dan simpel, namun perlu saya tekankan kalau cerita dan aksinya yang “jujur” itu sangat saya hormati. Naratornya yang semangat banget ngajarin fakta binatang itu karakter terbaik anime ini. Agak aneh juga menulis ini, tapi saya akui berkat itu seri ini lebih mendidik dibandingkan Juuni Taisen kemarin.

Toji no Miko 03

Lalu kalian ini ngapain sih?

Etherlite

Makin lama makin ga niat menjelaskan apa-apa yah, itu dunia dalam mimpi apa pula, ketemunya sama younger Onda Rui kah? The swordfight are getting better, tapi selain itu kayaknya ini bisa disebut anime Kanami the lady killer, memakan korban ketiga setelah Mai & Hiyori.

Kaptain

Memang perkembangan cerita yang fokus ke konspirasi organisasi Toji itu lebih menarik daripada cerita standar cute girl vs monster, cuma cerita semacam ini itu dibuat pincang dengan fakta bahwa anime ini itu sangat alergi untuk ngebuat karakternya luka parah atau bahkan mati. Udah gitu ada mandat “cute girl moment per episode” yang dangkal banget yang buat saya susah ngeladenin cerita seriusnya. Kalau mau kayak gitu bisa nggak fokusnya ke Iowa diatas dan nggak si Yukikaze?

Untuk sekarang saya istirahat dulu nontonnya dan nunggu ada perkembangan menarik kedepannya.

Garo – Vanishing Line 14

Kaptain

Episode upgrade buat Luke yang seperti episode sebelumnya yang fokus dengan dirinya, cenderung lemah karena dia nggak semenarik kru Makai Order lainnya. Pencerahan yang dia dapet di akhir juga kesannya tiba-tiba banget. Anime ini konsisten bisa ngasih suasana American Midwest, tapi fokus tempat kali ini malah kayak desa RPG generik.

Hakata Tonkotsu Ramen 02

Kaptain

Saya lega anime ini nggak nambah-nambah lagi karakter dan memutuskan untuk fokus pada para pelaku utamanya, yang sejauh ini adalah si duo detektif & waria serta si assassin baru yang kayaknya skillnya itu luck (baik dan buruk) yang gede banget. Adek si waria mati itu cetek banget impact-nya, “was an imouto” itu bukan tipe karakter yang mudah dipeduliin saat mati.

Koi wa Ameagari no You ni 02

Kaptain

Episode dua dan udah langsung nembak walaupun hubungannya masih belum resmi. Inilah kenapa saya seneng sama seri ini karena seterusnya ceritanya akan berfokus dengan bagaimana hubungan yang sulit semacam ini berjalan. Saya masih tetep akan ngelanjutin nonton, cuma saya kemungkinan besar nggak nulis spotlight-nya karena tontonan juga udah banyak dan saya mending nunggu episodenya banyak dulu buat diabetes maximum.

Sangatsu no Lion 36

Kaptain

Hell yes Tetsuo Hara nyumbang gambar lagi. Melihat episode yang tersisa cerita yang bakal jadi fokus paruh kedua cerita ini kemungkinan besar adalah rahasia Souya Meijin dan perebutan gelar Kishou yang saya sangat ingin lihat gimana Shaft bakal ngeadaptasi “beban” yang dibawa Yanagihara.

Saiki Kusuo no Psi-nan S2 01

Kaptain

Cuma ngingetin aja nih anime udah tayangin episode pertamanya yang kolaborasi dengan Gintama. Aspek barunya cuma eyecatch yang fujobait banget. Saya sangat nggak butuh ngeliat Nendou di pose kayak gitu.

Pop Team Epic 03

Kaptain

Wakamoto (Cell) & Nakao (Freeza, jadi gag diatas tuh tambah lucu) is in the house. Rada mubazir aja gag jamnya itu nggak diterusin dan paruh keduanya nggak ditaro semuanya sekalian di TV latar. Ini emang anime laknat, tapi sebagai produk komersil mereka nggak bisa nekat seperti buatan fansnya.

Darling in the Franxx 02

Kaptain

Talk about getting super dunked. Teman masa kecil itu tipe heroine yang dikutuk untuk gagal, dan episode ini kapalnya ditenggelamin dengan sangat brutal. Dengan ini satu-satunya orang yang protes dengan susunan tim sudah bukan faktor lagi dan tergantung dengan level kerusakan hubungannya, 02 is going to be smug as hell ngeliat di episode ini aja dia ngontak mecha-nya Ichigo cuma buat nguap doang.

Nomor identitas karakter yang tadinya saya kira sebagai seri produksi itu ternyata digunakan untuk menunjukkan power level. Sehingga 02 yang namanya satu digit itu merupakan kandidat terkuat, cuma saya prediksi 01 kelak akan muncul. Saya juga nggak nyangka Naomi bisa sukses dievakuasi.

Nggak cuma saya kan yang ketawa keras-keras pas kokpit mecha “latihan” ditunjukkin? Ada pabrik atau setidaknya lini produksi di dunia ini yang bikin pantat silikon doang. Begitu juga dengan kursi sperma SEELE APE.

bukan_randy

Oke, sepertinya satu minggu sudah cukup bagi saya untuk mulai bisa menerima tema-tema visual dan simbolisme yang anime ini ingin sampaikan, meski mungkin saya masih butuh beberapa minggu lagi untuk bisa terbiasa melihat pilot-pilot ceweknya meronta-ronta dan menggeliat di kokpit. Meski begitu, saya akan jauh lebih senang seandainya tema ini dibawakan dengan lebih santai/tidak serius seperti di Kill la Kill. I mean, you’re one-upping friggin Daimidaler in “fun cockpit design” for crying out loud.

Dan ya, saya juga ketawa kencang ketika salah satu “kapal”-nya diledakin dengan luar biasa spektakuler. Bahkan “diledakin” itu terdengar terlalu halus. Ini lebih seperti di satu sisi dipentung pakai Goldion Crusher dan di sisi lain ditabrak colony drop. It’s so over the top that it’s actually funny.

Dragon Ball Super 123

bukan_randy

Pertarungannya sedikit lebih seru dibanding episode sebelumnya, sayangnya itu juga ditemani penurunan kualitas gambar kembali ke kualitas DBS biasanya dan juga tidak konsistennya ukuran otot Jiren. Vegeta mendapat form baru yang tak tampak banyak berbeda dari super saiyan blue (yang saya namakan “blue super saiyan blue”), tapi saya tetap tidak yakin dia akan relevan hingga akhir pertarungan. Dengan diumumkan tamatnya DBS di bulan maret, tampaknya sisa tiap episode ke depan masing-masing akan menggambarkan satu menit turnamennya.

Cardcaptor Sakura: Clear Card-hen 03

Etherlite

2 cards in an episode, pacenya tambah cepet yah. New key character next episode, selain itu Touya ngasih teaser apa sih?

Heaven’s Feel: I. Presage Flower

Walaupun duel ini tuh jadi setpiece poster. Duel di filmnya tuh lucu banget berantemnya

Kaptain

Satu pengalaman nonton yang konstan di tiap bioskop adalah satu bioskop yang cekikikan pas Kirei ada di adegan. Heaven’s Feel memang pada dasarnya route untuk Sakura, namun melihat pembagian budget film ini saya lebih suka menyebut bagian pertama ini sebagai “Hassan Power Hour”, karena nggak ada satupun adegan jelek saat dia nongol. Film ini ditujukan untuk fans atau seenggaknya mereka yang minimal udah lihat Stay Night dan Unlimited Blade Works karena penjelasan latar belakang serta karakterisasi karakter selain Sakura (dan secara tidak langsung faksi Matou) itu untungnya nggak banyak di sini.

bukan_randy

Kabarnya ada beberapa perubahan urutan dibanding VN-nya, tapi saya tidak main VN-nya sampai rute ini, jadi saya tidak tahu mana yang berbeda. Sayangnya saat saya menonton, ada beberapa penonton yang sepertinya juga mengenal Fate dari media lain, tapi mereka tidak bisa diam dan terus berdiskusi sepanjang film sambil membandingkannya dengan media lain seperti dua rute lainnya dan bahkan hingga F/GO. Manners, please.

Sama seperti di VN-nya di mana rute ini hanya bisa dibuka setelah menamatkan rute Fate & UBW, film ini juga tidak ditujukan untuk penonton baru yang tidak tahu apa-apa mengenai dua rute lainnya karena beberapa penjelasan Holy Grail War dan bagian intro Archer vs Lancer sampai kemunculan Saber dilongkap dengan montage dari TV series UBW.

Ufotable delivers with Ufotable movie quality. Highlight action di movie ini adalah Lancer vs Assassin dengan kualitas animasi yang bisa bikin animator dari studio lain bisa jatuh koma dari depresi saja. Tidak seperti TV series UBW yang musiknya dikomposisi oleh Hideyuki Fukusawa, Heaven’s Feel kembali menyewa Kajiura Yuki untuk musiknya. Sayangnya jujur saya tidak merasa ada musik yang spesial di film ini karena mayoritas terkesan “generic Kajiura music” dan lewat begitu saja.

Ya, sama seperti Kaptain, di bioskop yang saya tontoni isinya penuh dengan cekikikan tiap kali Kirei muncul di depan layar. Saya bisa mengerti kalau tertawa di adegan lucu seperti adegan mapo tofu atau “yorokobe shounen” yang mana di titik ini sudah menjadi meme, tapi untuk adegan lainnya membuat saya merasa berada di bioskop penuh fujoshi tiap kali ada 2 ikemen dalam 1 layar.

It’s a great first-parter of a trilogy movie, tapi yang saya khawatirkan dari cerita ini dijadikan tiga bagian adalah kemungkinan besar kita baru bisa nonton tamatnya paling cepat di 2020 (setidaknya untuk bioskop Indonesia).

Kamen Rider Build 18

Entah lab mana yang ada kursi mewah dan lampu sorot macam ini.

bukan_randy

Tumben ada Kamen Rider yang mana base form-nya (atau setidaknya non-upgrade form) masih relevan setelah mendapat midseason upgrade. Setelah bait-and-switch antara Grease dan Misora, kita langsung disambut dengan kejutan lain di akhir episode.

Fate/Grand Order

Etherlite

15 Dragon Fangs short for Maid Alter’s all skill maxed.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Sejauh ini seri apa saja yang kalian punya ekspektasi besar untuk kedepannya? sampaikan lewat kolom komentar di bawah.

Sorry. No data so far.