[JOI Spotlight] Eightfold Sorrow Edition

January 28, 2018 7:00 pm
[JOI Spotlight] Eightfold Sorrow Edition

Selamat datang di JOI Spotlight terakhir untuk bulan Januari ini, dimana semua seri anime untuk TV seharusnya sudah tayang semua dan header diatas digunakan untuk “merayakan” seri yang tayang belakangan tersebut. Seperti biasa kami akan menghadirkan berbagai impresi untuk seri yang telah tayang minggu ini.

Kokkoku 03

Kaptain

Fase “eksperimen” aturan, pertanyaan tentang apa yang bikin wasit dunia ini mulai intervensi dijawab berhubung “jangan nyerang manusia di luar stasis” itu cenderung kabur aturannya. Tiap anggota keluarga nampaknya bakal punya skill sendiri. Tiga episode sudah tayang dan saya akui nih anime tuh ngeselin banget (in a good way) cliffhanger-nya.

Saya nggak suka aja sama momen komedinya. Penggunaan musiknya itu kelewat in your face banget untuk jadi sinyal “Ini momen komedi, LAUGH AT IT”.

Ryuuou no Oshigoto! 03

Etherlite

Now that’s interesting, walau jelas overkill. Biarpun masih pake handicap, ngetes pake guru aja sudah berlebihan, ini pake manggil title holder. Apakah mungkin bisa se-intense ini setiap minggu? Atau bakal balik full blown moeblob? Saya rasa akan lebih berat ke moeblob…. Drop? Maybe, but not now.

Sora Yori mo Tooi Basho 04

Kaptain

Menambang meteor di antartika itu pengetahuan baru yang saya dapat dari anime ini. Fungsi vital lain dari bendera saat orienteering itu tidak hanya untuk jadi penunjuk jalan saat visibilitas buruk, namun juga agar penggunanya menjauh dari celah dalam yang seringkali membunuh anggota ekspedisi.

Saya mulai demen dengan Shiraishi yang bitter banget. Mulai dari Kimari yang menemukan spesialisasinya di bidang navigasi, kedepannya “jabatan” tiap heroine kemungkinan besar akan diungkap juga selama latihan berlangsung. Seri ini juga nampaknya punya stok banyak buat insert song.

Violet Evergarden 03

Kaptain

Oke, Violet bisa nunjukin empati sekali dan langsung dilulusin. Mungkin perlu di tes lebih lanjut dulu? Karena saya nggak ngeliat perubahan berarti darinya di aspek ini. Pada dasarnya dia ngasih transkrip dari Luculia yang udah secara jelas bilang “Thanks bro”, saya rasa kemampuannya saat ini masih belum cukup buat jadi Doll ataupun untuk klien yang komunikasinya nggak bagus, dengan kata lain klien yang emang dari awal butuh Doll/Ghostwriter.

Apa ini masalah “Cuma SKS ini aja yang dia ga lulus” dan setelah sampe standar minimumnya SKS empati dia langsung lulus? That works, i guess. Berhubung Violet dengan kemampuannya saat ini sebenarnya lebih cocok jadi sekretaris, jadi saya lebih gampang percaya cuma di satu SKS itu aja dia lemah, being an ex-murderbot and all.

Fokus ke penceritannya yang lebih fokus ke orang lain yang bukan Violet itu lebih setia dengan novelnya. Sebenarnya episode ini lebih cocok jadi episode pembuka karena sudah mencakup semua informasi dasar yang cocok untuk perkenalan (lost major, post war recovery, robohand, can’t into love), namun berhubung ini udah episode 3 repetisi ini udah mulai bikin capek.

Basilisk Ouka Ninpouchou 1-3

What’s this?

Sekuel dari seri edgy magical ninja battle royale yang tayang 13 tahun lalu.

bukan_randy

Setelah kemarin-kemarin disebut kalau admin JOI itu super edgy, saya jadi ingat kalau saya belum nonton sekuel dari seri yang pernah saya ikuti ketika masih SMA ini.

3 episode pertama ini masih baru masuk pembuka cerita. Alur ceritanya sempat cukup membingungkan karena timeline-nya maju-mundur tanpa ada isyarat apa-apa. Sepertinya ceritanya tidak akan menunjukkan Iga vs Koga lagi, tapi tentang anak-anak Iga & Koga melawan satu faksi baru. Menariknya salah satu faksinya jelas-jelas jahat ketimbang di Basilisk pertama di mana kedua faksi sama-sama abu-abu, jadi ceritanya lebih seperti Yagyuu Ninpouchou ketimbang Basilisk pertama.

Yang saya agak sayangkan sejauh ini, beberapa gimmick karakternya sangat sederhana sekali. Satu pakai pistol, satu pakai armor, dah gitu aja. Moga-moga nanti bisa ditampilkan penggunaannya yang menarik.

Saya harap ceritanya tidak se-rapey seri pertamanya, terutama karena setidaknya untuk arc pertamanya karena para tokoh utamanya masih anak-anak semua, but I’m sure Yamada Fuutarou has to Yamada Fuutarou. Lucunya desain karakter anak-anak cowok Koga agak bundar dan gemulai, sementara desain anak-anak cewek Iga tajam-tajam dan lancip seperti MC dari karya-karya Go Nagai.

Nanatsu no Bitoku 01

What’s this?

Boobs. Figure ads. Ass.

Kaptain

Sedikit latar belakang, sebelumnya saat penayangan Nanatsu no Taizai (bukan yang shounen) Ulrich/Jitaku Vacation ngebuat adaptasi manga yang format penceritaannya itu fokus ke satu demon dan “korban” mereka tiap babnya. Anime pendek 4 menit jadinya lebih memilih format itu untuk diadaptasi dan jujur aja penceritannya jadi lebih efektif. Pendek dan to the point. The point being tits and ass.

Killing Bites 03

Kaptain

Menarik, perkenalan si Kelinci & Duo Kadal jadi lebih awal, dengan ini pasar lesbian incest nggak dipegang Citrus aja. Perubahan ini bisa saya terima cuma saya berharap banget ending-nya nggak orisinal anime-nya nanti. Karena perkembangan cerita di akhir turnamen ini tuh bagus banget.

Sejauh ini walapun saya sudah baca manga-nya, omake akhir dan narator yang semangat banget itu merupakan nilai tambah yang gede buat adaptasi ini.

Garo – Vanishing Line 15

Kaptain

Episode monster of the week dari perspektif monsternya. Episode yang bagus buat ngenalin para antagonis utama lewat cara mereka ngurus Horror yang kelewat pede, because Horror gonna horror. Puas saya dengan cara pengenalan yang elegan. Bos yang ini tugasnya jadi administrator, yang ini jadi super loyal secretary, dan Vader akhirnya pulang balik ke timnya.

Hakata Tonkotsu Ramen 03

Kaptain

Saya kira satu episode ini bakal abis buat ngurus salah paham, siapa sih yang bisa ngira pembunuh profesional itu ternyata kompeten dan bisa tepat ngenalin target buruannya? Banba itu jelas si Niwaka Samurai, dan latar belakang karir membunuh Saitou itu bikin saya tambah percaya kalau lucknya dia aja yang banter banget.

Sentimen saya untuk seri ini sudah naik banyak dibandingkan episode pertamanya karena walaupun pengenalan awalnya itu belepotan, pace cerita seterusnya itu efektif.

Toji no Miko 04

Etherlite

Focusing on the last set of girls, secara individual mereka lemah, tapi sebagai 2-man cell mereka kuat. And that’s it, pretty much nothing else to talk about karena episode minggu ini lumayan boring. Kemarin-kemarin saya masih baca keterangan-keterangan dari official twitternya, tapi sekarang males. It’s sad that more companies thought of anime only as an advertising media for the original work.

S-equipment kenapa dipake!? Everyone shat their pants. Meanwhile beberapa menit yang lalu baru aja ada rocket container yang sama dipake untuk ngirim pedang segede gajah, no one bats an eye.

Sangatsu no Lion 37

Kaptain

Episode perkenalan sang Meijin. Saya masih belum nangkep apakah kondisi pendengarannya itu disebabkan oleh faktor fisik atau kejiwaan, berhubung dia nggak perlu alat bantu pendengaran saya cenderung lebih condong ke faktor kejiwaan.

Ini adalah satu lagi episode yang mayoritas dialognya itu dari monolognya Rei, yang kali ini cukup menarik karena dirinya mencoba ngerti mahluk seperti Meijin.

Darling in the Franxx 03

Kaptain

Penamaan musuhnya pake istilah geologi. Conrad untuk jenis terkecil, yang dari episode pertama itu Mohorovicic, jadi saya asumsi Lehmann class nantinya akan ada sebagai antagonis utama. 02 juga dengan santai ngungkap bahwa tim sebelumnya dari Plant ini musnah semua di satu misi.

Saya harap ada konflik antara Hiro dan 02 yang jelas cuma peduli dengan Hiro, karena walaupun Mitsuru emang brengsek, Hiro itu sangat peduli dengan keselamatan timnya melihat keadaannya memang kritis dia memutuskan untuk ngalah. Zorome juga jauh lebih mendingan di episode ini.

Sudah ada setup bahwa Hiro akan pergi dari Plant. Entah komentar 02 tentang kosongnya Plant itu memang harafiah atau dianya aja yang nggak suka dengan status quo yang ada.

bukan_randy

Aspect ratio yang tiba-tiba berubah bikin saya jadi ingat lagi dengan The Evil Within. True cinematic experience (*muka sinis*).

Saya agak bingung kalau seandainya 02 adalah aset penting yang cukup sulit dikendalikan (dan kemungkinan adalah hasil percobaan), kenapa dia bisa punya akses entri S-class. Ya gimana ga pada pusing ngeliatin dia sering lari/berkeliaran.

Tiga episode sudah lewat, dan sejauh ini aksinya terhitung singkat dan/atau sederhana semua. Saya rasa seri ini memang tidak akan menaruh fokus di mecha battle-nya.

Dragon Ball Super 124-125

Nggak, itu kumis yang ketiup dari belakang kok. Iya, saya juga bingung kenapa mereka bikin kompisisinya kayak gini kecuali mereka memang sengaja mau bikin pentonton ketawa.

bukan_randy

Toppo dapet power-up jadi God of Destruction. Ini development yang sama sekali tidak saya sangka, so, points for that, I guess. Then again, episode di mana disebut kalau Toppo itu kandidat God of Destruction itu tayangnya sudah hampir satu tahun yang lalu (sekitar episode 80an), jadi mohon maklum kalau saya lupa.

Satu hal yang saya kurang suka dari form baru Bezita (selain belum ada nama dan tidak tampak banyak beda dari SS Blue) adalah pupil matanya ikut jadi mengkilap seperti rambutnya, dan hasilnya malah membuat Bezita kelihatan lentik.

Kamen Rider Build 19

bukan_randy

Sedikit backstory untuk Grease dan trio idiot langsung dapet death flag besar. Episode berikutnya Build dapet powerup “berbahaya” yang kalau dilihat dari iklan mainan di majalah dulu, akan ada versi non-bahaya juga.

Fate/Grand Order

Etherlite

I actually enjoyed this event so much, memang sebenarnya ga sesulit itu, tapi pembatasan servant yang bisa digunakan memberikan kesempatan kepada servant-servant yang dulu saya naikkan hanya karena ‘eh, why not?’, serta mengurangi overreliance to Waver & Merlin. Oh, I also got Mama from a ticket.

NA Server

Didn’t you kill your own brother?

Kaptain

Nggak niat narik Gacha buat banner kali ini berhubung grinding coklatnya juga relatif gampang. Saya jarang posting soal FGO karena emang lagi nyimpen tiket & Quartz. Dimana pelampiasannya buat akhir Maret/April nanti. Mungkin saya bakal stream 10 kali bulk untuk itu.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Kebanyakan seri sudah masuk episode ketiganya dan jumlah tontonan sudah mulai stabil. Sesuai banyak saran dari pembaca saya akan mulai ngecek berbagai seri yang sebelumnya saya lewati untuk minggu depan. Untuk kalian sendiri apakah ada kandidat seri yang ingin kalian cek dalam waktu dekat? Sampaikan lewat kolom komentar di bawah.

Header: Tangamjas